Ingin Punya Wajah Bersih dan Mulus? 3 Masker Alami Ini Rahasianya

Wajah bersih dan mulus bukan impian semata!

Masker alami untuk wajah bersih dan mulus
Foto: Freepik

Banyak orang rela melakukan beragam cara dan mengeluarkan banyak uang demi mendapatkan perawatan wajah terbaik di klinik kecantikan terkenal. Padahal, merawat wajah tak melulu harus dilakukan di klinik kecantikan. Salah satu cara sederhana dan minim biaya yang bisa kamu lakukan di rumah adalah dengan rutin maskeran menggunakan bahan-bahan alami. Psstt.. bahan-bahan alami yang digunakan untuk masker wajah ini dapat ditemui di dapur rumahmu, lho!

Masker Alami untuk Wajah Bersih dan Mulus

Sebelum kamu mencoba berbagai masker alami untuk wajah bersih dan mulus di bawah ini, ada satu hal yang perlu kamu ketahui. Tidak semua bahan alami aman untuk semua orang.

Maka dari itu, sebelum mencoba mengoleskan masker alami ke wajah, pastikan kamu telah mencobanya terlebih dulu di bagian tangan. Bila setelah dioleskan kulitmu terasa gatal dan kemerahan, sebaiknya kamu tidak melanjutkan proses pemakaian.

Baca juga:  Langkah Demi Langkah Pakai Produk Skin Care Malam yang Tepat dan Benar

1. Masker Alami Minyak Kelapa dan Kunyit

Foto: Foolproof Living

Bagi kamu yang punya jenis kulit kering, rutin pakai masker dengan campuran minyak kelapa dan kulit adalah ide yang bagus. Pasalnya, minyak kelapa dapat berperan sebagai pelembap alami, sehingga membantu kulitmu tetap terhidrasi.

Di samping itu, kulit kelapa juga dapat membantu menghilangkan sel-sel kulit mati yang mengendap di kulit wajah. Hal ini karena minyak kelapa berfungsi sebagai eksfoliator alami.

Sementara kunyit diketahui tinggi akan kandungan antioksidannya. Antioksidan ini efektif membantu menenangkan kulit dan meredakan peradangan. Cocok bagi kamu yang mungkin memiliki cikal bakal jerawat kecil di wajah.

Cara membuat masker alami untuk wajah bersih dan mulus ini mudah. Kamu cukup mencampurkan 1 sendok teh kunyit bubuk dan 2 sendok makan minyak kelapa. Kemudian oleskan campuran tersebut pada permukaan wajah dan diamkan selama 10 menit. Setelahnya bilas dengan air hangat suam kuku sampai bersih.

2. Masker Alami Lemon dan Yogurt

masker alami untuk wajah
Foto: Thinkstock/Yelena Yemchuk

Baik yogurt dan lemon memiliki komponen yang bermanfaat bagi kulit. Kombinasi keduannya membantu melembapkan dan mencerahkan kulit, menghilangkan bekas jerawat, mencegah penuaan, hingga melindungi kulit dari kerusakan akibat paparan sinar matahari.

Untuk membuat masker wajah alami satu ini, kamu dapat campurkan 4 sendok air perasan buah lemon bersama 2 sendok makan plain yogurt. Aduk semua bahan sampai tercampur sempurna lalu oleskan ke seluruh wajah dan diamkan selama 10 sampai 15 menit. Bilas wajah kamu sampai bersih dengan air hangat suam kuku.

Baca juga:  Tips Memilih Sheet Mask Korea Sesuai Jenis Kulit

3. Masker Alami Lidah Buaya dan Kunyit

masker lidah buaya kunyit
Foto: Shutterstock

Lidah buaya termasuk tanaman serbaguna yang khasiatnya sudah dikenal sejak zaman nenek moyang.

Tanaman satu ini dapat membantu menjaga kelembapan dan kekenyalan kulit secara alami karena kandungan airnya yang sangat tinggi. Selain itu, lidah buaya juga dapat membantu meredakan berbagai masalah kulit mulai dari ruam, gatal,dan jerawat.

Guna merasakan berbagai manfaat tersebut, kamu dapat mengambil satu batang lidah buaya ukuran sedang kemudian cuci bersih dan ambil dagingnya yang berwarna putih bening. Tambahkan sedikit kunyit bubuk beberapa tetes air mawar.

Aduk-aduk semua bahan sampai merata lalu oleskan di seluruh wajah yang telah dibersihkan dan biarkan selama 15 sampai 20 menit agar meresap maksimal. Bilas wajah dengan air bersih dan keringkan dengan kain lembut.

Baca juga:  Kosmetik Korea Bahan Buah dan Sayur, Bikin Kulit Cerah!

brand sepatu lokal terbaik

Sederet Brand Sepatu Lokal Terbaik yang Tak Pernah Sepi Peminat

Tarif tol padalarang terbaru

Besaran Tarif Tol Cipularang Terbaru 2021