Now Reading
Masker yang Tepat Halau Polusi Udara Jakarta

Masker yang Tepat Halau Polusi Udara Jakarta

Polusi udara di Jakarta kian mengkhawatirkan. Berdasarkan Air Quality Index (AQI) hari ini (8/8), kualitas udara di Jakarta berada di angka 151. Ini artinya kualitas udara di Jakarta sudah masuk pada kategori tidak sehat, dapat menyebabkan pembengkakan jantung dan paru-paru, baik untuk mereka yang sudah memiliki penyakit atau belum. 

Bila dibandingkan negara lain, Indonesia, khususnya Ibukota berada di posisi lima besar sebagai kota yang memiliki polusi tinggi. Untuk itu, penggunaan masker jadi salah satu kewajiban untuk bisa membantu meringankan beban paru-paru dan organ pernapasan lainnya guna menyingkirkan polutan.

Penggunaan Masker N95 untuk Halau Polusi Udara Jakarta adalah Pilihan yang Bijak 

Dikarnakan kualitas udara di Jakarta sudah masuk pada angka 151, simple mask atau masker sederhana yang umumnya orang-orang, tidaklah direkomendasikan penggunaannya.

Pasalnya masker sederhana (yang biasa berwarna hijau atau biru) tidak bisa menyaring partikel udara yang jauh lebih kecil, seperti PM2,5 mikrometter atau PM10 mikrometer.

polusi udara jakarta
Masker sederhana atau simple mask, amazon.com

Menurut Dokter spesialis paru Agus Dwi Susanto dilansir dari CNN (8/8/19), penggunaan respirator N95 adalah pilihan yang biijak bila index kualitas udara Jakarta sudah melebihi 145. Pasalnya dengan respirator N95 bisa menyaring partikel berbahaya hingga 95 persen.

Respirator sendiri terbagi jadi beberapa jenis seperti tipe pemurni udara elektrikal dan nonelektrikal salah satunya filter piece N95, tipe full mask, half mask, quarter mask serta tipe pemasok udara (air supply). Tipe seperti ini biasa digunakan di area pertambangan dengan wadah konsentrat oksigen di punggung petambang.

polusi udara jakarta
cloudfront.net

Hanya saja tidak semua orang bisa menggunakan masker N95. Ada baiknya bila ingin menggunakan masker N95 harus melalui individual fit test untuk menjamin kemampuan proteksi masker terhadap partikel debu.

Fit test dilakukan untuk melihat apakah penggunaaan masker N95 dapat menolong atau malah menimbulkan risiko kesehatan. Sebabnya, ada beberapa kelompok yang tidak direkomendasikan untuk menggunakan masker tersebut.

Untuk harganya, untuk isi 20 di Tokopedia ditawarkan sekitar Rp200.000, sedangkan di Lazada dijual sekitar Rp210.000 – Rp235.000.

Bila kamu  belum memiliki masker N95, tak ada salahnya untuk menggunakan masker biasa untuk keseharian. Intinya bila beraktivitas di luar ada baiknya kenakan masker ya! 

Baca juga:  10 Taman di Jakarta Terbaik untuk Melepas Penat Sepulang Kerja

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Woke.id (@wokedotid) on

close