Ide Menu Sahur Kilat untuk Seminggu Pertama Puasa

Sahur mepet imsyak, enggak masalah~

menu sahur praktis untuk seminggu
Thinkstock

Bagi sebagian orang, bangun sahur bukanlah perkara mudah. Rasa kantuk yang melanda sering kali menjadi alasan orang malas sahur. Namun, jangan jadikan rasa kantuk ini sebagai hambatan untuk makan saat sahur. Pasalnya, makan sahur memegang peranan penting sebagai asupan energi dan tenaga selama seharian. Dengan begitu, kamu bisa menjalankan puasa dengan lancar. Bagi kamu yang malas ribet, Wokenim punya beberapa ide menu makan sahur yang praktis, simpel, dan tentunya menyehatkan.

Yuk lihat menu lengkapnya di bawah ini!

Ide Menu Sahur yang Praktis tapi Tetap Sehat

Selain membantu memenuhi kebutuhan energi selama seharian, makan sahur juga nyatanya juga bentuk ibadah sunah yang menawarkan pahala. Makanya, sayang sekali bila kamu melewatkan makan sahur selama bulan Ramadan.

Berikut aneka ide menu sahur praktis yang bisa kamu coba:

1. Alpukat Telur Ceplok

menu sahur praktis
Macheesmo

Malas masak dan waktu sahurnya sudah mendekati imsak? Menu sahur praktis satu ini bisa jadi pilihan yang tepat. Kamu hanya butuh tiga bahan utama, yaitu roti tawar, alpukat, dan telur.

Panggang roti tawar di atas teflon sampai warnanya kecokelatan atau kulitnya agak kering. Setelah roti matang, masak telur ceplok atau telur dadar menggunakan teflon yang sama. Sembari menunggu telur matang, iris tipis alpukat yang sudah dibuang biji dan kulitnya.

Susun alpukat di atas roti panggang dan tambahkan telur di atasnya. Beri sejumput garam atau lada sebagai penambah rasa.

Baca juga:  Bosan dengan Variasi Telur Dadar Biasa? Cobain 5 Resep Ini

2. Mi Goreng Sayuran

indomie goreng
Photo: William Meppem

Mi merupakan salah satu sumber karbohidrat yang mudah ditemui dan harganya pun relatif murah. Bukan hanya itu, mi juga tak butuh waktu lama untuk diolah menjadi beragam panganan, sehingga cocok dijadikan sebagai menu sahur yang praktis.

Supaya lebih sehat, kamu bisa masak mi dengan berbagai sayuran. Sebut saja sawi, bayam, wortel, atau jagung.

Kamu juga bisa menambahkan tahu, bakso, telur, ayam suwir, dan berbagai macam seafood sesuai selera sebagai sumber protein.

Baca juga:  Cara Membuat Mie Sayur Organik di Rumah, Gampang dan Sehat!

3. Dadar Telur Keju Sayuran

Oh My Veggies

Ide menu sahur praktis lainnya yang bisa dicoba adalah omelette. Ya, menu satu ini sangat bisa diandalkan bagi kamu yang enggak punya banyak waktu untuk memasak menu sahur. Di samping itu, rasanya pun enak dan tidak mengecewakan.

Kocok lepas dua butir telur ayam. Tambahkan parutan keju secukupnya dan 100 ml susu cair. Agar lebih sehat, tambahkan dengan sayuran seperti bayam, brokoli, jagung, serta bawang bombay dan daun bawang (opsional).

Bila tersedia, kamu juga bisa menambahkan tahu. Beri garam dan lada secukupnya. Lalu masak hingga matang.

Baca juga:  Resep Telur Gulung Korea (Gyeran Mari), Makan Jadi Nikmat!

4.  Bubur Oatmeal

Shutterstock

Oatmeal mengandung serat yang tinggi yang dapat membantu kamu merasa kenyang lebih lama. Seperti namanya, oatmeal berasal dari biji oats, yaitu gandung utuh yang sudah melalui proses penggilingan.

Sebagai menu sahur praktis, kamu bisa menggunakan oatmeal instan yang banyak tersedia di pasaran. Ambil setidaknya 4 sendok makan bubuk oatmeal lalu seduh dengan air panas hingga teksturnya berubah menjadi lebih lembut.

Kamu bisa menambahkan campuran buah segar maupun buah kering kesukaanmu, bubuk kayu manis, selai, kacang-kacangan, biji-bijian serta susu skim untuk menambah rasa dan teksturnya.

Bila tidak suka dengan topping yang manis, kamu bisa menggantinya dengan telur mata sapi, abon, keju parut, smoke beef, dan lain sebagainya.

5. Yogurt Aneka Rasa

Karsten Moran for The New York Times

Sama seperti telur, yogurt juga termasuk sumber protein yang baik untuk tubuh. Panganan satu in juga cukup mengenyangkan, terutama biar kamu memilih jenis greek yogurt.

Yogurt bisa dimakan secara langsung atau ditambah dengan aneka topping seperti buah-buahan segar (pisang, beri-berian, kiwi, apel, dll), kacang-kacangan, granola, biji chia, dan lain sebagainya.

Kamu juga bisa memasukan yogurt sebagai campuran dalam membuat jus buah, smoothies, atau protein shake.

6. Sereal Campur

menu sahur praktis
Shutterstock

Kamu anak kost yang enggak punya kompor atau alat masak? Sereal bisa jadi pilihan menu sahur praktis dan simpel yang bisa dicoba.

Kamu cukup stok sereal favorit dan juga susu cair. Biar menambah cita rasa, kamu bisa mencampurkan berbagai jenis serial dan sepotong buah segar, misalnya pisang.

Pisang termasuk buah yang tinggi serat, sehingga mampu membantu kamu supaya kenyang lebih lama.

7. Pecel Sayur

Instagram: @fithrotal_chaq

Menu sahur satu ini jarang terpikirkan. Padahal, pecel sayur termasuk salah satu menu sahur yang praktis dan simpel sekali untuk dibuat.

Cukup rebus sayuran favorit sampai empuk lalu siram dengan bumbu kacang. Saat ini sudah banyak bumbu kacang instan sehingga kamu cukup menambahkan sedikit air panas dan mengaduknya hingga larut.

Pecel bisa disantap dengan atau tanpa menggunakan nasi. Sayuran yang digunakan sebagai bahan pecel kaya serat, sehingga membuat kamu kenyang lebih lama saat berpuasa.

Baca juga:  Kumpulan Resep Makanan Hits yang Viral di TikTok

perpanjang sim online pakai aplikasi SIM

Panduan Terbaru Perpanjang SIM Online via Aplikasi SINAR

lirik lagu atlantis shinee

Lirik Lagu Atlantis SHINee Terjemahan Indonesia