Now Reading
Milenial Susah Beli Rumah, Benarkah?

Milenial Susah Beli Rumah, Benarkah?

milenial beli rumah

Kamu pasti pernah membaca sebuah ulasan yang menyatakan milenial memiliki kemungkinan yang sangat kecil untuk membeli rumah. Hal ini diukur dari besarnya besaran penghasilan rata-rata, besarnya pengeluaran harian serta harga rumah yang semakin melambung tinggi. Hmm, jika diteliti, sebenarnya membeli rumah bagi milenial memanglah cukup sulit. Ada banyak tantangan yang harus dihadapi milenial ketika hendak beli rumah baru, apartemen baru dan juga mobil baru. Tapi, tidak ada yang tidak mungkin. Berikut lima tips yang dapat kamu lakukan.

1. Menabung

Fyuhhh, baru membaca tips yang pertama, sudah disuruh menabung. Menabung, memang hal yang sangat melelahkan apalagi jika kamu memiliki tujuan besar. Jumlah tabungan baru sampai sekian juta, kamu sudah tergiur membeli barang-barang. Tapi, tidak dapat dipungkiri, menabung adalah langkah yang tidak bisa kamu lewati saat milenial ingin beli rumah.

Sedikit sedikit lama-lama menjadi bukit, begitulah kata pepatah. Kamu harus ekstra hemat dalam melakukan pengeluaran demi menjaga tabungan kamu agar tetap bertambah setiap bulannya. Cara ini memang tergolong lama, akan tetapi harus tetap kamu lakukan untuk mencapai cita-citamu. Lupakan membeli camilan tak penting, lupakan membeli skincare atau baju-baju tak penting. Kamu harus extra hati-hati dalam melakukan pengeluaran ya.

2. Cari Pekerjaan Sampingan

Tidak sabar menunggu tabunganmu cukup? Atau gajimu tidak memadai? Untuk mendapatkan rumah dengan harga ratusan juta, kamu harus memiliki pekerjaan sampingan atau side job. Yap, kamu harus memiliki side job. Bisa dari berjualan online, menjadi freelancer ataupun pekerjaan lainnya yang dapat membantu keuanganmu dalam meraih tujuan. Eita, tapi, kamu harus siap-siap nih. Ketika berkomitmen melakukan side job, kamu harus rela kehilangan waktu liburmu. Sabtu minggu bisa jadi kamu bekerja, hari raya juga tidak menjamin kamu akan mendapat libur. Pengorbanan yang kamu lakukan akan sangat besar. Tapi semua itu akan sepadan di akhir ketika kamu berhasil meraih rumah impian!

milenianl beli rumah
Tribunnews.com

3. Investasi

Sudah menabung dan memiliki side job,  tapi kok tabungan masih terasa jauh dari tujuan ya? Ada cara ketiga yang dapat kamu lakukan, yaitu berinvestasi. Kamu dapat memulai investasi dari jumlah kecil. Investasi yang bisa kamu lakukan salah satunya adalah investasi emas, kenapa investasi emas? Karena setiap bulannya, harga emas mengalami kenaikan. Kamu bisa menyisihkan tabungan, kamu untuk berinvestasi emas, lalu menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi.

Tapi, sama dengan menabung dan mengambil pekerja freelance, berinvestasi juga harus dilakukan dengan kesabaran yang besar. Investasi tidak akan membuahkan hasil jika kamu buru-buru. Bersabarlah dan terus tambah investasimu.

Baca juga:  Reksadana atau Saham, Mana Investasi Terbaik bagi Generasi Milenial?

4. Milenial Beli Rumah Bisa dengan Ambil Cicilan Terlebih Dahulu

Jika kamu ingin memulai membeli rumah, kamu juga bisa memulainya dengan mengambil cicilan rumah. Cicilan rumah memiliki harga yang beragam. Tapi tak jarang juga ada rumah yang bisa dicicil dengan harga yang terjangkau.

Kamu bisa mengambil cicilan rumah dengan harga kurang lebih lima juta per bulan atau bahkan kurang dari harga tersebut. Semua tergantung dengan lokasi rumah dan model rumah yang kamu inginkan. Tapi, pastikan kamu mencicil rumah, jangan lupa untuk terus berhemat dan rajin mencari pemasukan karena kamu memiliki tanggung jawab untuk menyelesaikan pembayaran rumahmu.

Baca juga:  Deretan Bank yang Tawarkan KPR Khusus Generasi Milenial

5. Tipe Rumah

Melihat harga rumah pasti kamu berfikir kenapa harganya sangat mahal. Sebenarnya, hal itu tergantung dari jenis rumah yang ingin kamu ambil. Semakin besar tipe rumah, semakin besar luas tanah, semakin strategis lokasi, semakin banyak fasilitas, maka semakin mahal pula harga rumah tersebut. Belum lagi, ditambah dengan konstruksi rumah. Semakin bagus bahan-bahan pembuatan rumah seperti jenis batu bata, jenis semen, jenis kerangka rumah maka akan semakin mahal pula rumah yang kamu inginkan.

Jika kamu ingin mengambil rumah yang terjangkau, kamu bisa mendapatkannya pada kisaran harga Rp100 juta hingga Rp200 juta. Namun sebagai catatan, harga dengan rumah Rp100 juta sampai Rp200 juta biasanya berukuran tidak terlalu besar dan hanya dapat dihuni maksimal dua orang saja. Jadi jika kamu berencana membeli rumah untuk dihuni lima hingga enam anggota keluarga, kamu harus merogoh kocek lebih dalam.

See Also
udangan pernikahan online

Bagi kamu seseorang yang ingin mengambil cicilan rumah, tidak ada salahnya untuk mengambil rumah dengan yang paling murah terlebih dahulu. Apalagi jika kamu berencana untuk tinggal sendiri, tipe rumah engan harga terjangkau dapat menjadi alternatif kamu. Jadi milenial beli rumah bukan jadi hal mitos jadi, bukan?

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

 

close