Hal yang Wajib Diketahui Soal Mutasi Kerja

mutasi kerja

Kamu dimutasi atau dipindahtugaskan ke daerah lain? Sebelum mutasi kerja, ada baiknya kamu mengetahui tentang segala hal yang wajib kamu dapatkan saat kamu dimutasi kerja.

Terkait mutasi kerja atau penempatan kerja, dijelaskan dalam Pasal 32 Undang-undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan (UU Ketenagakerjaan), dalam pasal tersebut dijelaskan:

  1. Penempatan tenaga kerja dilaksanakan berdasarkan asas terbuka, bebas, obyektif, serta adil, dan setara tanpa diskriminasi.
  2. Penempatan tenaga kerja diarahkan untuk menempatkan tenaga kerja pada jabatan yang tepat sesuai dengan keahlian, keterampilan, bakat, minat, dan kemampuan dengan memperhatikan harkat, martabat, hak asasi, dan perlindungan hukum.
  3. Penempatan tenaga kerja dilaksanakan dengan memperhatikan pemerataan kesempatan kerja dan penyediaan tenaga kerja sesuai dengan kebutuhan program nasional dan daerah.

Selain itu dalam pasal 35 ayat UU Ketenagakerjaan dijelaskan bila pelaksana penempatan tenaga kerja wajib memberikan perlindungan sejak rekrutmen sampai penempatan tenaga kerja, serta wajib memberikan perlindungan yang mencakup kesejahteraan, keselamatan, dan kesehatan baik mental maupun fisik tenaga kerja.

mutasi kerja
sumber gambar: huffpost.com

Lalu untuk pekerja yang dimutasi, pastikan gaji yang kamu terima tidak di bawah besaran upah minimum di wilayah kamu ditempatkan.

Hal ini diatur dalam pasal 90 ayat (1) UU Ketenagakerjaan yang berbunyi:

“Pengusaha dilarang membayar upah lebih rendah dari upah minimum, yakni upah minimum berdasarkan wilayah provinsi atau  kabupaten/kota, dan upah minimum berdasarkan sektor pada wilayah provinsi atau kabupaten/kota.”

Bolehkan Menolak Mutasi Kerja?

Sebelum menolak mutasi kerja, perhatikan kembali apakah dalam kontrak kerja kamu tertuang perjanjian kerja yang kurang lebih menyatakan “menolak mutasi kerja berarti sama saja melanggar syarat dan perjanjian kerja”, karena perusahaan sangat mempunyai dasar untuk memutus hubungan kerja dengan kamu jika menolak mutasi kerja.

Lalu bagaimana jika pekerja memutuskan mengundurkan diri karena tidak setuju dengan mutasi kerja perusahaan?

Nah, soal uang pesangon mengundurkan diri, kamu bisa baca pada artikel Panduan Perhitungan Pesangon PHK Sesuai Alasan Pemutusan Kerja.

Berikan rating

Apakah artikel ini membantu?

Klik 5 bintang jika membantu

Nilai rata-rata / 5. Jumlah vote

Berikan Komentar Anda

pensiun PNS

Skema Baru Dana Pensiun PNS yang Berlaku Tahun Depan

kontrak kerja

Bekerja Tapi Tidak Punya Kontrak Kerja, Harus Bagaimana?