Now Reading
National Anime Day, Inilah Rekomendasi Film Anime Terbaik

National Anime Day, Inilah Rekomendasi Film Anime Terbaik

film anime

National anime day merupakan perayaan yang diperingati setiap tanggal 15 April setiap tahunnya. Perayaan ini didedikasikan untuk para pencinta anime di Amerika. Sebagai bentuk dukungan, masyarakat Indonesia pun turut meramaikan national anime day pada hari ini. Kali ini, Wokenim akan memberikan kamu rekomendasi film anime Jepang terbaik yang bisa kamu tonton ulang atau kamu yang baru menjadi otaku.

Rekomendasi Film Anime Jepang Tebaik:

1. Hotarubi no Mori e

Rekomendasi film anime Jepang pertama ini berdasarkan manga Yuki Midorikawa dengan judul yang sama, Hotarubi no Mori e. Berkisah tentang persahabatan dan janji antara dua orang yang seharusnya tidak pernah berpapasan, karena kehidupan mereka menjadi saling terkait tanpa harapan.

Akibat dari rasa penasarannya dengan kisah dewa gunung, Hotaru Takegawa yang berusia enam tahun tersesat di hutan kuno saat mengunjungi pamannya. Lelah dan putus asa untuk meminta bantuan, Hotaru kemudian menemukan roh hutan bertopeng bernama Gin. Dia belajar dengan cara yang sulit bahwa dia tidak boleh menyentuh anak itu, atau dia akan menghilang. Meskipun demikian, Gin memimpin Hotaru keluar dari hutan dan memperingatkannya untuk tidak kembali ketika dia berjanji untuk datang lagi dengan hadiah.

Tidak mengindahkan kata-kata peringatannya, dan meskipun dipisahkan oleh jarak, Hotaru dan Gin menjadi teman dekat saat dia mengunjunginya setiap musim panas. Namun, hubungan dan ketetapan hati mereka diuji, ketika perasaan romantis bertentangan dengan satu-satunya aturan.

Baca juga:  Deretan Film Animasi Pendek Terbaik Pemenang Oscar

2. Kono Sekai no Katasumi ni

Suzu Urano merupakan gadis baik hati yang suka menggambar. Dia juga bisa menjadi orang bebal, karena lamunannya yang tak henti-hentinya, sering marah tetapi juga dapat membuat orang-orang yang dekat dengannya menjadi senang. Tumbuh di pinggiran Kota Hiroshima, ia menjalani kehidupan yang biasa namun bahagia bersama keluarganya.

Namun, setelah beberapa waktu, Suzu tiba-tiba harus meninggalkan rumah kesayangannya untuk pindah ke kota tetangga, Kure karena pernikahannya dengan Shuusaku Houjou, seorang pria yang nyaris tidak dikenalnya. Ketika dirinya mulai berumah tangga, gadis yang rindu rumah lamanya itu berjuang untuk menyesuaikan diri dengan lingkungan yang tidak dikenalnya, tinggal bersama keluarga yang memperlakukannya dengan dingin. Dia hanya bisa bertanya, bisakah ini benar-benar menjadi rumah barunya?

Film anime Jepang terbaik ini berlatar di tahun dari 1933 hingga akhir Perang Dunia II, ketika kehidupan sehari-hari yang damai secara bertahap sirna dan tak kenal ampun karena perang yang mencapai pantai Jepang dan halaman belakang rumah Suzu. Dia harus menang melawan penderitaan dan kehilangan yang tak terhindarkan karena perang.

3. Byousoku 5 Centimeter

Apa yang akan terjadi ketika dua orang saling mencintai tetapi tidak dimaksudkan untuk bersama? Takaki Toono dan Akari Shinohara adalah teman semasa kecil, tetapi keadaan di luar kendali sehingga membuat mereka terpisah. Mereka berjanji untuk tetap berhubungan, dan meskipun waktu memperlebar jarak di antara mereka, rantai ingatan tetap ada.

Byousoku 5 Centimeter adalah film romantis yang berfokus pada realitas duniawi dan keras dari hubungan jarak jauh. Terjebak di masa lalu dan tidak dapat membuat kenangan baru, Takaki dan Akari berpegang teguh pada harapan untuk bertemu lagi. Mereka menjalani kehidupan sehari-hari dengan setengah hati, baik menyakiti diri sendiri maupun orang-orang di sekitar mereka.

4. Kimi no Na wa

Film anime yang satu ini mengisahkan tentang Mitsuha Miyamizu, seorang gadis sekolah menengah, sangat ingin menjalani kehidupan sebagai seorang anak laki-laki di kota Tokyo yang ramai. Mimpinya yang sangat kontras dengan kehidupannya saat ini di pedesaan. Sementara itu di kota, Taki Tachibana menjalani kehidupan yang sibuk sebagai siswa sekolah menengah sambil bekerja pekerjaan paruh waktu dan bercita-cita menjadi arsitektur.

See Also
nonton film spiderman no way home sub indo gratis

Suatu hari, Mitsuha terbangun di sebuah ruangan yang bukan miliknya dan tiba-tiba menemukan dirinya menjalani kehidupan impian di Tokyo tetapi dalam tubuh Taki! Di tempat lain, Taki mendapati dirinya menjalani kehidupan Mitsuha di pedesaan yang sederhana. Dalam mengejar jawaban atas fenomena aneh ini, mereka mulai mencari satu sama lain.

5. Koe no Katachi

myanimelist.net

Rekomendasi film Anime Jepang terbaik terakhir adalah A Silent Voice atau Koe no Katachi. Sebagai anak nakal, siswa sekolah dasar Shouya Ishida berusaha untuk mengalahkan kebosanan dengan cara yang paling kejam. Ketika Shouko Nishimiya yang tuli pindah ke kelasnya, Shouya dan teman sekelasnya yang lain menggertaknya untuk bersenang-senang. Namun, ketika ibunya memberitahu sekolah, dia disalahkan atas semua yang dilakukan padanya. Dengan Shouko pindah dari sekolah, Shouya ditinggalkan oleh belas kasihan teman-teman sekelasnya. Dia tanpa perasaan dikucilkan di seluruh sekolah dasar dan menengah, sementara para guru menutup mata.

Sekarang di tahun ketiga sekolah menengahnya, Shouya masih terganggu oleh kesalahannya di masa lampau. Dengan tulus menyesali tindakannya di masa lalu, ia memulai perjalanan untuk bertemu Shouko sekali lagi dan menebus kesalahan.

Itulah rekomendasi film anime Jepang terbaik pilihan Wokenim. Selamat menonton!

Baca juga:  Deretan Film Animasi Pendek Terbaik Pemenang Oscar

 

close