Nike Rilis Baju Renang Khusus Wanita Berhijab, Baguskah?

Dua hari lalu, tepatnya tanggal 10 Desember 2019, Nike rilis Victory Swim Collection. Koleksi ini menawarkan hijab, tunik, dan leggings yang diklaim nyaman saat digunakan kala wanita berhijab berenang.

Tentunya tak hanya alasan nyaman, ada kelebihan lainnya dari baju renang hijab Nike, seperti kain yang digunakan ringan, material yang cepat kering, dan yang paling aplik dilengkapi perlindungan UPF40+ untuk menangkal sinar matahari.

Banu renang hijab
Nike.com

Nike Pro Hijab Ramai Dikritik

Baju renang hijab Nike, bukanlah produk khusus untuk wanita berhijab pertama yang dikeluarkan oleh Nike. Pada tahun 2017, Nike sudah mengeluarkan hijab khusus olahraga untuk wanita berhijab, dengan nama Pro Hijab.

Pro hijab nike
Pro Hijab Nike yang dijual Rp268.000, nike.com

Namun sayangnya  jalan Nike Pro Hijab tidaklah mulus, ada beberapa kritik di media sosial akan produk ini. Pengkritik menganggap hadirkan produk Pro Hijab justru membuat normal penindasan terhadap perempuan. 

Sementara lainnya menganggap Nike melakukan komersil dengan memanfaatkan momen serta mengatasnamakan wanita berhijab. Logo Nike di posisi atas jilbab juga dianggap kurang pantas.

Sebagai hasilnya, beberapa orang memprotes bahkan mengancam akan memboikot Nike.

Baca juga:  Hijab Sportswear Indonesia yang Tak Kalah Bagus dari Nike

Penggunaan Hijab Dilarang di Cabang Olahraga Tertentu

Beberapa cabang olahraga sendiri menerapkan larangan untuk mengenakan hijab untuk para atletnya. Federasi Renang Internasional (FINA) menetapkan kriteria ketat soal pakaian renang para atletnya. Mereka bahkan mengatur bahan, ketebalan, ukuran, serta merek yang boleh dipakai perenang. Bagi atlet perempuan baju renang tidak boleh menutupi leher, melebihi bahu, dan di bawah lutut.

Federasi Sepak Bola Internasional (FIFA) pun sempat melarang penggunaan jilbab. Namun akhirnya pada tahun 2014, FIFA mengizinkan pemain bola untuk mengenakan jilbab, dengan syarat penutup kepala juga tak boleh mengurangi profesionalitas pemain, tidak menempel pada jersey, dan tidak menimbulkan bahaya.

AP Photo/Carlos Osorio

Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) pun serupa dengan FIFA. FIBA sempat melarang pengunaan penutup kepala, tapi kini mengizinkan para pemainnya menggunakan penutup kepala termasuk jilbab, turban, dan yarmulkes, namun dengan catatan harus mengenakan warna yang senada dengan warna seragam (atau hitam dan putih), tidak menutupi wajah, mata atau hidung, dan tidak menimbulkan bahaya bagi atlet yang memakai atau lawan.

Arinna Wira, Nike.com

Jadi Bagaimana Baguskah Baju Renang Hijab Nike?

Penguji prototipe dan endorser Nike, seperti atlet skater Zahra Lari, Arinna Wira, dan Nouf Alosaimi mengungkapnya pengalaman mereka mengenakan Victory Swim Collection.

Zahra Lari, nike.com

“Saya merasa sangat ringan dan percaya diri mengenakan ini. Victory Swim Collection tidak berat, dan ini justru membantu saya berenang lebih baik. Ini sangat berbeda dengan pakaian renang lain yang pernah saya kenakan, saya rasa saya bisa mengenakan ini dengan percaya diri.” ungkap Zahra Lari 

“Hal pertama yang saya rasakan saat mengenakan pakaian renang Nike ini adalah hijab yang saya kenakan saat berenang tidak bergerak atau berubah posisi meski berada di dalam air.” ungkap Malaysian inclusive-fashion advocate Arinna Wira

“Sebagian besar wanita yang saya temui enggan berenang atau menyelam karena alasan kesopanan, dan mereka merasa kesulitan menemukan solusi yang tepat. Dengan adanya pakaian renang ini, saya percaya pakaian ini akan membantu banyak wanita yang ingin melakukan olahraga air, tanpa takut menyalahi norma.  Sekarang saya bisa mengajak lebih banyak wanita untuk menyelam dan berenang, tanpa perlu khawatir. ” ungkap instruktur selam wanita pertama di Arab Saudi, Nouf Alosaimi.

Nouf Alosaimi, Woke.id

Baju Renang Hijab Nike Baru Akan Dirilis 2020

Harus bersabar nih, karena Victory swim collection baru dijual secara global mulai tanggal 1 Februari 2020.

all you can eat murah

Deretan Restoran All You Can Eat Murah di Bawah 99 Ribu

crash landing on you

4 Alasan Wajib Menonton Drama Crash Landing On You