3 Olahraga Seru yang Bisa Dilakukan Bersama Anak

Biar sehat bareng-bareng, Bun~

olahraga dengan anak
Shutterstock

Dengan kondisi yang seperti sekarang ini, tentu kita semua menghindari untuk berkerumun. Kendati demikian, kita harus tetap menjaga kondisi tubuh dengan berolahraga. Kali ini kita akan memberikan beberapa ide olahraga sederhana  yang dapat dilakukan di rumah bersama dengan anak-anak. Sehingga kebugaran tubuh tetap terjaga, dan anak-anak pun bisa berpartisipasi ikut berolahraga sambil bermain.

Lantas, olahraga seperti apa yang cocok dilakukan bersama anak di rumah? Yuk, lihat!

Ide Olahraga Bersama Anak di Rumah

1. Lempar bola

Lempar bola bisa jadi ide bermain sambil olahraga bersama anak. Selain menyenangkan, aktivitas satu ini juga berfungsi untuk melatih motorik dan ketangkasan anak.

Untuk melakukannya, orangtua cukup mengajak anak duduk berhadapan dengan ayah/ibu pada jarak tertentu. Misalnya, 1-3 meter.

Setelah itu, tentukan orang pertama yang melempar bola. Tim tersebut harus melempar dengan tepat ke arah tim lawan, seperti passing dalam olahraga basket, dan tim lawan harus berhasil menangkap bola yang dilempar.

Apabila tidak tertangkap maka tim pelempar mendapatkan satu poin. Orangtua bisa menentukan poin maksimal untuk menjadi pemenang. 

Baca juga:  Hi Ayah yang Lagi Kerja dari Rumah, Bantu Bunda dengan Cara Ini!

2. Lompat tali

Olahraga seru lainnya yang bisa dilakukan bersama anak adalah lompat tali. Orangtua dapat mempersiapkan tali skipping atau karet gelang yang dirangkai menjadi tali panjang. Ajak anak untuk melompat dengan irama perputaran talinya.

Bila ini pengalaman pertama mereka,  mungkin mereka akan kesulitan untuk melakukan dengan cepat. Tetapi bila sudah terbiasa, orangtua dapat menaikkan tantangannya, misalnya melompat bersama dalam satu tali.

Lompat tali ini berfungsi untuk melatih keseimbangan dan ketahanan otot. Dampingi dan awasi anak-anak saat Anda mengajak mereka bermain lompat tali. 

Baca juga:  Anak Stres akibat #Dirumahaja? Ini 5 Hal yang Perlu Dilakukan Ortu

3. Senam

Senam adalah olahraga rumahan yang paling mudah dilakukan. Orangtua dapat berperan sebagai instruktur senam, dan anak-anak dapat mengikuti gerakan yang diberikan orangtua.

Supaya lebih bersemangat, dapat memasang musik yang dipilih oleh anak. Kalau tidak mau repot, orangtua juga dapat melihat Youtube untuk gerakan-gerakan sekaligus lagunya untuk ditiru bersama.

Itulah beberapa ide olahraga sederhana yang bisa dilakukan di rumah bersama anak. Meski harus #dirumahaja, jangan lupa untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh dengan rajin berolahraga, ya!

Baca juga:  3 Langkah Bijak Mengajarkan Toleransi Terhadap Perbedaan Ras Kepada Anak

while you were sleeping

Jadwal Tayang dan Sinopsis While You Were Sleeping di Indosiar

negara paling aman dari corona

Inilah Negara Paling Aman dari Corona, Adakah Indonesia?