Pantai Tanjung Bira, Surga Tersembunyi di Sulawesi Selatan

Bila keadaaan sudah membaik, liburan nanti ke sini, yuk!

Pantai tanjung bira
Instagram: @lynnhalianto

Sulawesi Selatan terkenal akan tradisi dan budayanya yang sangat kuat. Selain itu, tak dipungkiri juga bahwa pulau Sulawesi mempunyai keindahan alam yang sangat mempesona.

Wisata tersembunyi yang ada di Sulawesi Selatan menjadi surga tersendiri untuk wisatawaan. meskipun letaknya cukup jauh dari kota, destinasi wisata di Sulawesi Selatan selalu menawarkan hal yang menarik.

Beberapa tempat wisata yang populer di Sulawesi antara lain Pantai Losari, Air Terjun Takapala, dan Pulau Samalona.  Di wilayah ini kamu juga bisa menemukan wisata alam yang sangat menarik, yaitu wisata Pantai Tanjung Bira.

Karena keindahan alamnya yang menakjubkan, Pantai Tangjung Bira selalu dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun manca negara. Berikut ini informasi mengenai wisata Pantai Tanjung Bira di Sulawesi Selatan.

Pesona keindahan Pantai Tanjung Bira

Berlokasi di titik nol Sulawesi Selatan, Pantai ini menawarkan pemandangan alam yang luar biasa. pasir putih yang menawan dan air laut yang jernih menambah keindahannya.

Biasanya, wisatawan menunggu momen matahari tenggelam di Pantai ini. Selain itu, Tanjung Bira memiliki pasir pantai yang halus dan kecil. Bahkan sebagian orang menganggap pasir tersebut seperti tepung karena kehalusannya.

Daya tarik yang lain dari Pantai Tanjung Bira yaitu adanya 3 lapisan warna yang indah kalau dilihat dari kejauhan. Sangat nyaman dan tenang, tidak terlalu ramai seperti pantai-pantai pada umumnya. Padahal tempatnya sangat indah.

Pantai Tanjung Bira bisa memberikan kenyamanan untuk kamu yang ingin menenangkan diri.

Cara Menuju Pantai Tanjung Bira

Untuk bisa sampai ke pantai ini  kamu harus memulai perjalanan dari Bulukumba, jaraknya sekitar 40 km. Jika kamu datang dari luar Sulawesi, lebih baik memulai perjalanan dari Kota Makasar dengan jarah tempuh sekitar 200 km.

Kamu bisa naik kendaraan pribadi, travel atau sewa. Karena lokasinya yang cukup jauh dengan akses yang terbatas, ada baiknya naik travel atau menyewa kendaraan sendiri. Apalagi kalau bukan dari daerah setempat. Usahakan hindari perjalanan malam, karena akses menuju Tantai Tanjung Bira melewati hutan dan bukit.

Waktu tempuh dari Makassar ke Tanjung Bira sekitar 7-8 jam. Oleh karena itu, kamu perlu manajemen waktu yang tepat.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Andi Rahadi | DaengDrone ™ (@andirahadi)

Kegiatan yang Bisa Kamu Lakukan 

Selain menikmati keindahan pantai, kamu juga bisa melakukan kegiatan lain di pantai ini. Seperti berenang, hunting foto, berburu kuliner, dan menjajal wahana yang sudah disediakan.

Jika ingin kegiatan lain yang lebih menarik, tersedia tempat untuk snorkeling yang luar biasa indah. kamu dapat melihat ikan-ikan kecil berwarna, tumbuhan laut, dan yang lainnya. Kamu perlu menyewa perahu untuk sampai ke tempat tersebut.

Setelah lelah dengan kegiatan snorkeling, kamu bisa bersantai di tampat makan sambil melihat penyu-penyu. Kalau beruntung, kamu bisa melihat penyu tersebut bertelur.

Baca juga:  Intip Pesona Gurun Pasir di Pantai Oetune Nusa Tenggara Timur

Fasilitas yang Tersedia

Meskipun lokasinya berada di ujung pulau Sulawesi Selatan, Pantai Tanjung Bira punya fasilitas yang cukup lengkap loh. Ada banyak penginapan yang bisa kamu sewa perkamar atau homestay. Fasilitas umum juga bisa kamu temukan di berbagai tempat seperti masjid, WC, Parkiran, warung dan lain-lain.

Namun, kamu harus tetap berhati-hati ya. Karena di tempat ini cukup sepi saat malam. Lebih baik lakukan aktivitas di dalam hotel atau homestay untuk menjaga kemanan.

Lokasi dan Harga Tiket Pantai Tanjung Bira

Alamat lengkap Pantai Tanjung Bira yaitu Jl. Tanjung Bira, Bonto Bahari, Bulukumba, Sulawesi Selatan. Adapun harga tiket masuk pantai yaitu Rp10.000 wisatawan lokal dan Rp20.000 untuk wisatawan manca negara.

Untuk menikmati destinasi lain seperti menyebrang pulau atau snorkeling, kamu akan dikenakan biaya yang berbeda.

Nah, sangat menarik bukan? Boleh masuk dalam list liburan mu nanti nih.

nonton liverpool brighton

Liverpool vs Brighton: Jadwal & Link Live Streaming Gratis

promo februari

Lazada Bulan Cinta: Jadwal, Promo Februari & Giveaway Alert