Now Reading
Paskibraka Putri 2019 Wajib Kenakan Celana Panjang Bukan Rok, Kenapa?

Paskibraka Putri 2019 Wajib Kenakan Celana Panjang Bukan Rok, Kenapa?

Paskibraka putri

Kebijakan Paskibraka (Pasukan Pengibar Bendera Pusaka Nasional) tahun 2019 yang diimbau untuk mengenakan celana panjang bukan rok, jadi topik yang ramai diperbincangkan di media sosial akhir bulan ini.

Tentunya, pro dan kontra bermunculan atas kebijakan ini. Salah satunya diungkapkan Politisi PSI Tsamara Amany:

“Saya kurang setuju dengan apa yang disebut mekanisme penyeragaman ini. Saya kira paskibraka seharusnya diberikan kebebasan memilih antara rok atau celana panjang. Bukan diwajibkan. Mohon ditinjau lagi Mas Menteri @imam_nahrawi”.

Paskibraka putri
Bisnis/Rachman

Mengapa Bisa Ada Kebijakan yang Mengubah Seragam Paskibraka dari Rok ke Celana Panjang?

Kebijakan ini didasarkan pada Peraturan Presiden (Perpres) yang baru yakni Perpres Nomor 71/2018 tentang Tata Pakaian pada Upacara Kenegaraan dan Acara Resmi.

Pasal 4 pada Perpres ini mengatur penggunaan rok atau celana panjang bagi anggota Paskibraka perempuan.

Aturan yang memungkinkan penggunaan celana panjang bagi perempuan juga tertulis dalam Peraturan Kapolri Nomor 6/2018 tentang Pakaian Dinas.

Dalam aturan ini, dijelaskan bahwa ‘memungkinkan’ memakai celana panjang bagi putri untuk pakaian dinas upacara.

Tidak hanya itu, ada pula Peraturan Menteri (Permen) Pertahanan RI Nomor 9/2017 tentang Pakaian Seragam yang mengatur penggunaan rok atau celana panjang bagi seragam wanita.

Berdasar pada Perpres 71/2018 dan berkaca pada aturan pakaian seragam yang ada pada Peraturan TNI dan Polri, hal yang memungkinkan untuk diterapkan adalah penggunaan celana panjang oleh anggota Paskibraka Nasional 2019, terutama bagi mereka yang berjilbab atau berhijab.

See Also
baca komik manga

Sehingga, Paskibraka Nasional 2019 yang akan upacara bendera di Kompleks Istana Kepresidenan, 17 Agustus mendatang diwajibkan untuk mengenakan celana panjang bagi paskibraka putri yang berhijab.

Sedangkan yang tidak berhijab boleh mengenakan rok, tapi diimbau untuk menggunakan celana panjang agar seragam dengan anggota lain yang berhijab.

Baca juga:  Awas, Ini Hukuman untuk Penyebar Berita Hoax!

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Woke.id (@wokedotid) on

close