Butuh Uang Tambahan? Ini 6 Ide Kerja Sampingan Paling Menjanjikan untuk Mahasiswa

Enggak malu minta ortu terus?

pekerjaan sampingan untuk mahasiswa-min

Meski jatah uang bulanan selalu ditransfer orangtua tepat waktu, ada kalanya kamu mungkin butuh pemasukan tambahan. Entah karena tugas kuliah yang mengharuskan kamu untuk mengeluarkan banyak uang atau memang kebutuhan hidup sehari-hari yang semakin meningkat. Kalau sudah begini, mengambil pekerjaan sampingan bisa jadi pilihan yang tepat. Namun, kira-kira apa ya pekerjaan sampingan yang cocok untuk mahasiswa?

Tenang, Wokenim punya banyak ide usaha sampingan paling menjanjikan untuk kamu para mahasiswa yang butuh pemasukan tambahan. Yuk simak!

Pekerjaan Sampingan untuk Mahasiswa, Biar Uang Jajan Makin Banyak

Psstt.. berbagai pekerjaan sampingan di bawah ini tak perlu modal yang banyak, lho! Penasaran apa saja? Berikut daftar rekomendasinya!

1. Penulis Lepas

tanya jawab BPJS
theagencypartnership.com

Saat ini pekerjaan sebagai content writer atau penulis konten di agency, situs web, blog, hingga media sedang banyak dicari. Bila kamu tak bisa bekerja full time, kamu bisa menjadikan pekerjaan satu ini sebagai sampingan.

Ada banyak bidang kepenulisan yang bisa kamu coba, mulai dari kesehatan, lifestyle, keuangan, pemasaran dan lain sebagainya. Bayaran yang diterima pun lumayan, tergantung jenis artikel dan banyaknya kata yang kamu buat. Pada intinya, semakin banyak artikel yang kamu tulis, maka penghasilanmu juga semakin banyak.

Kelebihan lainnya, profesi satu ini memungkinkan kamu untuk mengetahui banyak informasi baru. Jadi, selain dijadikan sumber penghasilan, profesi satu ini juga akan memperkaya wawasanmu.

Tertarik?

Baca juga:  Jangan Asal Pilih, Ini Pekerjaan Ideal untuk Seorang Ambivert

2. Guru Les

program pelatihan kerja
apclearning.com

Menjadi guru les, baik secara privat maupun di tempat khusus bimbingan belajar, selalu menjadi pekerjaan sampingan yang menjanjikan untuk mahasiswa. Berbekal ilmu dan kemampuan yang kamu punya, kamu bisa membantu orang lain agar dapat menguasai bidang tertentu.

Penting untuk dipahami bahwa pekerjaan satu ini tak terbatas hanya di bidang akademik saja. Bila kamu punya keahlian di bidang non akademik, seperti menyanyi, bermain musik, olahraga, mengemudi, hal tersebut juga bisa jadi sumber pendapatanmu, lho!

3. Crew Wedding Organizer 

romeanditaly.com

Saat ini pekerjaan sampingan menjadi crew di sebuah wedding organizer (WO) juga sedang banyak diminati oleh para mahasiswa. Berhubung acara pernikahan sudah hampir dipastikan akan selalu ada di akhir pekan.

WO sendiri berfungsi untuk membantu para calon pengantin dalam mempersiapkan acara pernikahan mereka. Hal ini termasuk menentukan konsep acara, memilih vendor yang akan digunakan, koordinator antara keluarga pengantin, hingga mengatur jalannya pesta pernikahan di hari H.

Namun, ada pula WO yang mencari crew hanya untuk di hari H saja. Nah, bila kamu ingin memanfaatkan waktu akhir pekanmu secara produktif, menjadi crew WO di hari H bisa jadi ide yang bagus. Sementara bila kamu lebih banyak waktu, kamu bisa melamar sebagai crew full time.

4. Pemandu Wisata

Tour Guide
studipariwisata

Kalau kamu termasuk mahasiswa yang senang jalan-jalan, menjadi tour guide adalah pekerjaan sampingan yang cocok untuk kamu. Selain dapat uang, kamu pun bisa jalan-jalan gratis ke tempat yang menarik dan indah.

Akan tetapi, menjadi seorang pemandu wisata tak hanya sekadar menemani tamu berjalan-jalan saja. Kamu juga dituntut memiliki wawasan yang luas mengenai budaya, sejarah dan kondisi geografi dari sebuah tempat wisata. Akan lebih bagus lagi bila kamu juga memiliki kemampuan dokumentasi yang baik. Dengan begitu, kamu dapat memberikan pelayanan terbaik yang memuaskan pelanggan.

Kamu bisa membuka jasa tour guide secara personal atau bekerja sama dengan biro perjalanan.

5. Barista

pekerjaan sampingan mahasiswa barista
Freepik

Salah satu pekerjaan sampingan yang banyak diminati oleh mahasiswa saat ini adalah barista di kafe atau kedai kopi. Tak hanya menambah uang saku, pekerjaan ini umumnya menyenangkan karena kamu berkesempatan untuk ketemu orang baru, kenalan dengan banyak pelanggan, termasuk ngobrol soal kopi.

Keuntungan lainnya, pekerjaan ini umumnya juga memiliki waktu yang lebih fleksibel, sehingga dapat menyesuaikan dengan waktumu sebagai mahasiswa. Bicara soal penghasilannya, hal ini bergantung pada jam kerja, status kerja, dan keahlian meramu kopi dari seorang barista.

6. Content Creator

pekerjaan sampingan untuk mahasiswa

Kamu termasuk yang aktif di media sosial dan sudah punya banyak followers? Optimalkan hal tersebut sebagai sumber pemasukan tambahanmu!

Ya, saat ini banyak orang berlomba-lomba menjadi seorang pembuat kontent, alias content creator. Bermodal internet dan sosial media yang dimiliki, kamu bisa ‘meracuni’ warganet dengan konten-konten yang kamu sukai. Namun supaya dapat bersaing dan dilirik banyak orang, kamu harus punya ciri khas. Buatlah konten yang fresh, bermutu, dan berbeda dari yang lain.

Ada banyak kanal media yang bisa kamu gunakan untuk berkreasi. Mulai dari Instagram, Youtube, Linkedin, Twitter, hingga Facebook. Jenis konten yang kamu buat pun beragam, bisa mengenai makanan, makeup, skin care, fashion, travel, dan masih banyak lagi.

Baca juga:  Kamu Introvert? Ini Pekerjaan yang Ideal Untukmu

7 Variety Show Korea yang Ampuh Usir Bosaan Saat #Dirumahaja

jajanan enak dekat stasiun pondok cina pocin

Aneka Kuliner Enak di Dekat Stasiun Pocin yang Wajib Kamu Coba