5 Situs Pelatihan Online Gratis dan Bersertifikat untuk Memperkaya Keahlianmu

Biar makin jago~

pelatihan online gratis
Freepik

Keahlian atau kemampuan merupakan modal awal bagi seseorang untuk mengembangkan karier maupun sebuah usaha. Tidak mengherankan bila banyak sekali orang mulai berlomba-lomba mengasah maupun memperkaya keahliannya dengan mulai melakukan banyak pelatihan maupun kursus secara rutin. Kabar baiknya, kini ada banyak pelatihan maupun kursus online bersertifikat yang tidak dipungut biaya, alias gratis. 

Jadi, kamu tidak perlu repot mencari alamat tempat pelatihan dan tidak perlu juga mengeluarkan uang untuk biaya transportasi, karena kamu hanya perlu duduk manis di rumah bersama smartphone ataupun laptopmu. Nah, bagi kamu yang sedang mencari pelatihan online gratis dan bersertifikat, berikut 5 situs pelatihan yang cocok untuk kamu ikuti:

1. Digital Talent Scholarship Kominfo

wanita karir
Freepik/drobotdean

Digital Talent Scholarship (DTS) merupakan program pelatihan yang dilaksanakan oleh Kementrian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia (Kominfo RI). Program pelatihan ini memiliki beberapa pelatihan yang dapat diikuti oleh semua kalangan, mulai dari PNS, tenaga pendidik (guru, dosen, dll) sampai dengan masyarakat umum.

Program pelatihan ini banyak berfokus pada bidang IT dengan banyak tema yang berbeda-beda, beberapa program pelatihannya antara lain VSGA (Vocational School Graduate Academy), FGA (Fresh Graduate Academy), CTA (Coding Teacher Academy), OA (Online Academy), TA (Thematic Academy), serta RDA (Regional Development Academy).

Selain itu, DTS juga telah membuka program pelatihan bagi masyarakat yang ingin mengembangkan serta merintis usahanya dengan mengikuti program pelatihan DEA (Digital Entrepreneurship Academy), pelatihan ini bertujuan untuk mengembangkan UMKM di Indonesia.

Pelaksanaan program pelatihan DTS dilakukan secara online tanpa dipungut biaya alias gratis. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat dari pelatihan tersebut. Jika kamu tertarik untuk mengikuti program pelatihan DTS Kominfo ini kamu bisa daftarkan dirimu melalui website resmi Digital Talent Scholarship Kominfo di https://digitalent.kominfo.go.id. Lalu tekan ‘Login’ setelah itu daftar sebagai peserta. Kemudian kamu bisa memilih program pelatihan yang sedang dibuka DTS yang bisa kamu pilih.

Baca juga:  Digital Talent Scholarship 2020, Pelatihan Kerja Gratis Belajar Desain hingga Coding

2. Grow With Google Indonesia

Grow With Google merupakan program pelatihan yang diluncurkan oleh Google Indonesia. Program pelatihan ini bertujuan untuk membangun perekonomian masyarakat lokal dengan memberikan pelatihan keterampilan untuk mengembangkan bisnis serta karier masyarakat Indonesia.

Kamu bisa mengikuti serangkaian pelatihan serta sertifikasi di Grow With Google secara online dan gratis. Program unggulan yang disajikan oleh Grow With Google antara lain adalah Gapura Digital, Women Will, serta Bangkit.

Selain program-program unggulan, Grow With Google juga menyediakan banyak sekali program pelatihan yang sangat menarik dan dapat kamu ikuti secara gratis. Nah, bagi kamu yang memiliki keinginan untuk mengembangkan karier dan ingin mendapatkan sertifikasi kompetensi dari Grow With Google kamu bisa langsung mengunjungi website resminya di https://grow.google/intl/id_id/.

Sedangkan bagi para pelaku usaha terutama skala UMKM, kamu bisa langsung kunjungi Gapura Digital di https://gapuradigital.withgoogle.com disana tersedia dua kelas virtual yang dapat kamu pilih yaitu Kelas Gapura Digital dan Kelas Women Will.

Baca juga:  Panduan Cara Menjawab Pertanyaan "Apa Kelebihan dan Kekuranganmu?" saat Interview Kerja

3. Kursus Daring Kemdikbud

Pekerjaan Intovert
Rawpixel.com/Shutterstock

Kursus Daring Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) ini telah diluncurkan sejak tahun 2018, di mana program-program pelatihannya sangat beragam mulai dari food and beverage, kecantikan, bahasa korea, bahasa jepang, fotografi, IT, dan banyak lagi.

Keunggulan dari program pelatihan ini selain gratis, kamu juga bisa mendapatkan sertifikat dari Kemdikbud, lho! Ayo perkaya terus skill serta keahlianmu dengan mengikuti kursus daring Kemdikbud ini, caranya dengan daftarkan dirimu di https://kursusdaring.kemdikbud.go.id.

Baca juga:  Ini Dia Paket Pelatihan Prakerja Paling Laku Dibeli Peserta

4. IndonesiaX

IndonesiaX telah menyapa masyarakat Indonesia pada tahun 2015 dengan program pelatihan daring. Sejumlah pakar dan ahli dari berbagai universitas ternama telah dihadirkan untuk mengisi materi kursus di IndonesiaX. Meskipun beberapa pelatihan yang dilakukan IndonesiaX ada yang berbayar, tapi tenang IndonesiaX juga menyediakan beberapa kursus gratis yang bisa diikuti.

Tema-tema kursus di IndonesiaX sendiri sangat beragam mulai dari IT, penanggulangan bencana, ekonomi, dan banyak lagi. Untuk mengakses kursus gratis ini kamu bisa mengunjungi situs resminya disini https://indonesiax.co.id.

Baca juga:  5 Soft Skill yang Wajib Dimiliki Para Calon Pekerja

5. E Guru Id

prospek kerja bidang kepenulisan
Freepic.diller

Jika sebelumnya kursus dan pelatihan yang dibahas berfokus pada pengembangan karir serta bisnis usaha, maka pelatihan kali ini sedikit berbeda. Pelatihan kali ini berasal dari E Guru Id, sesuai dengan namanya E Guru Id merupakan pelatihan yang diperuntukkan bagi guru-guru di Indonesia yang ingin meningkatkan kompetensi dibidang pendidikan.

E Guru Id menyediakan program membership dengan berbagai fasilitas yang ditawarkan. Mulai dari pelatihan online setiap bulan, seminar online secara rutin, perangkat pembelajaran, teacherpreneur, materi e-course, serta fasilitas-fasilitas lainnya yang dapat kamu akses secara gratis sebagai membership.

Namun, bagi kamu yang tidak mau mengeluarkan budget untuk menjadi membership, kamu bisa mengikuti pelatihan webinar secara gratis di E Guru Id. Untuk mengakses pelatihan-pelatihan di E Guru Id kamu bisa mengunjungi websitenya disini https://e-guru.id.

Sudah siapkah kalian untuk mengikuti pelatihan-pelatihannya? Ayo terus berkarya dengan memperkaya keahlianmu dengan mengikuti pelatihan-pelatihan di atas ya!

Baca juga:  Panduan Cara Menjawab Pertanyaan "Apa Kelebihan dan Kekuranganmu?" saat Interview Kerja

wisata kota tua jakarta

Menilik Wisata Sejarah Kota Tua Jakarta

preview true beauty

Preview True Beauty Episode 9 dan Situs Streaming Gratis