Pencairan BPJS di Bank BNI, Mandiri, BRI, BCA, BJB dan BTN

pencairan BPJS di bank
Tribunjateng.com/Raka F Pujangga

Pencairan BPJS di bank BRI, BNI, Mandiri, Bukopin, BCA, BJB dan BTN mungkin bisa jadi pilihan yang tepat bila kamu selalu gagal mendapatkan nomor antrian di BPJS online.

Dengan adanya layanan Service Point Office BPJS ini, kamu tidak perlu lagi datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan, atau mendaftar online. Kamu hanya perlu datang langsung ke bank-bank yang bekerja sama, antara lain seperti BRI, BNI, Mandiri, Bukopin, BCA, BJB dan BTN, dengan membawa persyaratan yang diperlukan.

Seperti yang sudah diulas dalam artikel sebelumnya, bila kamu masih bekerja, sudah resign atau di-PHK, kamu bisa melakukan pencairan JHT (Jaminan Hari Tua) BPJS Ketenagakerjaan, asal memenuhi persyaratan.

Bagi pekerja yang masih bekerja, pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan bisa dicairkan sebesar 10% dan 30%. Dengan syarat usia kepesertaan sudah menginjak 10 tahun.

Pencairan hanya boleh dipilih salah satu, 10% atau 30% saja. 10% untuk dana persiapan pensiun dan 30% untuk biaya perumahan.

Setelah melakukan salah satu pencairan 10% atau 30%, maka pencairan berikutnya bisa 100% namun dengan syarat kamu sudah tidak bekerja (resign atau di-PHK).

Lalu untuk kamu yang ingin mencairkan JHT BPJS Ketenagakerjaan sebesar 10% ataupun 30% maka kamu harus bersiap dengan pemberlakuan pajak progresif yang harus ditanggung.

Pajak progresif yang dikenakan mulai dari 5% hingga 30%, berikut detailnya;

  • Bila saldo JHT di bawah Rp50 juta: dikenakan pajak sebesar 5%.
  • Lalu bila saldo JHT di antara Rp50 juta sampai Rp250 juta, maka tarif pajaknya lebih besar yakni 15%.
  • Sedangkan bila saldo JHT kamu antara Rp250 juta sampai Rp500 juta maka pajaknya yaitu sebesar 25%.
  • Lain halnya bila saldo JHT yang telah mencapai lebih dari setengah milyar, maka tarif pajaknya adalah 30%.
  • Namun bila pekerja tidak pernah mencairkan JHT meski sudah mencapai 10 tahun kepesertaan maka berapapun saldo JHT, saat ingin mencairkannya akan dikenakan pajak 5%.

Bila sudah tidak bekerja, resign maupun PHK: Pencairan saldo JHT dapat dicairkan 100% apabila sudah 1 bulan tidak bekerja dan kepesertaan kartu BPJSTK sudah nonaktif. Perihal penonaktifan kartu ini dilakukan ketika HRD sudah membayarkan iuran terakhir dan sudah melakukan pelaporan ke pihak kantor cabang BPJSTK yang terdaftar.

pencairan BPJS di bank
Ilustrasi: Suasana antrian peserta BPJS Ketenagaakerjaan/Sripoku.com

Syarat Pencairan BPJS di Bank

Pada dasarnya dokumen persyaratannya untuk pencarian dana BPJS Ketenagakerjaan untuk pekerja yang masih bekerja ataupun sudah tidak bekerja, hampir mirip berikut detailnya:

  • Fotokopi kartu BPJS Ketenagakerjaan beserta kartu yang asli
  • Fotokopi KTP atau paspor beserta menunjukkan wujud aslinya
  • Fotokopi Kartu Keluarga (KK) beserta yang aslinya
  • Fotokopi Buku Rekening

Bagi yang masih bekerja ada penambahan dokumen:

  • Surat keterangan masih aktif bekerja di perusahaan dokumen yang menyangkut perumahan (untuk klaim yang 30%)

Bagi yang sudah tidak bekerja ada tambahan persyaratan:

  • Surat keterangan pengunduran diri dari perusahaan atau surat pengalaman kerja/ referensi kerja dari perusahaan (Paklaring).

Cara Pencairan BPJS di BRI, BNI, Mandiri, Bukopin, BCA, BJB dan BTN

  • Datang ke bank-bank yang bekerja sama dengan BPJS Ketenagakerjaan, seperti BRI, BNI, Mandiri, Bukopin, BCA, BJB dan BTN dengan membawa persyaratan yang sudah diulas di atas. Namun sebelum datang ke kantor cabang bank tersebut, silakan konfirmasi ke kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan terdekat terlebih dahulu agar dibantu pengecekan di mana kantor cabang bank terdekat yang sudah bekerja sama dengan BPJSTK. Pasalnya tidak semua kantor cabang bank bisa mencairkan dana JHT.
    • Misalkan bila ingin melakukan pencairan BPJS di BNI: Pencairan klaim BPJS Ketenagakerjaan hanya bisa dilakukan di dua lokasi cabang SPO (Service Point Office) BNI, yakni BNI cabang Rawamangun dan Tangerang.
      • BNI KCU Rawamangun: Jl. Pemuda No.708-709, RT.8/RW.5, Jati, Kec. Pulo Gadung, Kota Jakarta Timur, Daerah Khusus Ibukota Jakarta 13220
      • BNI KCU Tangerang: Jl. Daan Mogot Road No.2-4, Sukarasa, Tangerang, Tangerang, Banten 15111.

Pertanyaan yang Sering Ditanyakan Seputar Pencairan JHT BPJS  Ketenagakerjaan

  • Apakah pencairan JHT BPJS Ketenagakerjaan online harus di kantor cabang yang sesuai alamat KTP atau domisili? Pencairan saldo JHT bisa dilakukan di kantor cabang BPJS Ketenagakerjaan di mana saja.
  • Cara tahu saldo JHT BPJS ada berapa banyak, bagaimana ya? Kamu bisa kunjungi kunjungi Website BPJSTKU di https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id. Jika belum memiliki akun, silakan “Daftar pengguna” terlebih dahulu. Setelah akun kamu aktif, kamu bisa cek saldo BPJS. Detail caranya, bisa kamu lihat di sini ya.
  • Saya tidak punya kartu BPJS Ketenagakerjaan, lalu apa yang harus saja lakukan? Bila tidak punya kartu fisik BPJS Ketenagakerjaan, kamu bisa cetak kartu BPJS digital kamu, caranya bisa dilihat di sini ya.
  • Berapa lama pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan? pencairan dana BPJS Ketenagakerjaan biasanya paling lama sekitar 14 hari (Dana akan dikirim ke nomor rekening kamu yang kamu daftarkan)
  • Kalau kartunya hilang, bagaimana? Tenang, solusinya bisa kamu cek di sini ya!
  • Saya punya dua kartu BPJS, yang pertama sudah non aktif, sedangkan yang satunya masih aktif, bisakah kartu saldo kartu yang sudah tidak aktif disatukan dengan saldo kartu yang masih aktif? Bisa kok, bila salah satu kartu BPJS Ketenagakerjaan kamu masih aktif alias kamu masih bekerja, kamu bisa elakukan penggabungan atau amalgamasi, caranya gampang kok. Cek detailnya di sini ya!
  • Bolehkah nomor rekening untuk menerima saldo BPJS menggunakan nomor rekening orang lain? Untuk buku rekening diwajibkan atas nama sendiri ya, dan boleh menggunakan rekening bank apa saja.
  • Antrian online mulai dari jam berapa ya? Kenapa saat saya coba selalu penuh? Bila antrian selalu penuh, kamu bisa coba pilih kantor cabang lain atau coba daftar kembali pada esok hari atau pada pukul 08.00 WIB. Bila pencairan saldo BPJS secara online masih belum berhasil, kamu bisa mengajukan pencairan SPO kerjasama bank, seperti BNI dan BJB atau kantor cabang perintis terdekat.
  • Bila kantor saya tidak bisa memberikan surat paklaring, harus bagaimana? Perihal pengajuan pencairan harus melampirkan paklaring. Namun bila perusahaan telah tutup, silakan konsultasikan dengan kantor BPJS Ketenagakerjaan terdekat.

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Inspirasi & Giveaway (@wokedotid) on

6 Comments

Leave a Reply
    • Hi Kak Deni, silakan hubungi kantor BPJS Ketenagakerjaan di 175 atau bisa chat Whatsapp di nomor +62 811-9115910 atau +62 855-1500910 ya!

    • Hi Kak Willy, Perihal pencairan melalui SPO bank yang bekerja sama. Proses pencairan JHT maksimal 5 hari kerja (Sabtu, Minggu dan tanggal merah tidak dihitung) sejak pengajuan dan persyaratan diterima lengkap. Namun disesuaikan dengan kondisi antrean di kantor cabang pengajuan. Semoga jawaban ini membantu, terima kasih

  1. saran dan keluhan saya, tolong lah di apdate lagi kalau mau ngajuin pencairan bpjs tanpa paklaring,berhubung karna di tempat kerjaan saya sudah tutup jadi untuk minta paklaring susah gitu,jadi keluhan saya disini saya mau nyairin duit bpjs ketenaga kerjaan saya tapi gak bisa, harus pakai paklaring,untuk kepada bapak/ibu personalia bpjs ketenaga kerjaan tolong lah jangan di persulit kita untuk mencairkan uang bpjs ketenaga kerjaan kami, itu kan hak kami masa hangus gitu aja uang kami…untuk kedepan nya tolong di perbaiki lagi ya,,kan yang penting data nya sama sesaui yang tercantum di data bpjsnya dan nik ktpnya,begitu juga kepada bapak kementrian keuangan/ dan kepada bapak presiden republik indonesia yang terhormat kiranya engkau mendengarkan keluhak kami pak….pencairan JHT tanpa paklaring,yang penting ada kartu JHT dan ktp yang sesuai dengan JHT dan aplikasinya sama dengan email…terima kasih

    • Hi Kak Eldin, alangkah baiknya langsung sampaikan keluhan Kak Eldin ke pihak terkait ya. Namun kami berharap semoga postingan Kak Edlin ini dibaca pihak terkait juga 🙂

Berikan Komentar Anda

bella hadid tercantik

Bella Hadid Jadi Wanita Paling Cantik di Dunia, Kok Bisa?

Syarat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online