Sah! Pendaftaran UTBK SBMPTN 2020 Diadakan Awal Juni, Ini Detail Lengkapnya!

Hayo, siap-siap buat masuk kampus impian

pendaftaran utbk-sbmptn 2020
Shutterstock

Pelaksanaan Ujian Tulis Berbasis Komputer alias UTBK-SBMPTN 2020 tetap akan dilaksanakan meski di tengah pandemi Covid-19. Kendati demikian, Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi (LTMPT) sebagai pihak penyelenggara telah melakukan beberapa perubahan yang disesuaikan dengan kondisi yang tengah terjadi saat ini. Perubahan ini mencakup alur pendaftaran hingga materi yang akan diujikan.

Jadwal Pendaftaran dan Ujian

Pendaftaran UTBK-SBMPTN 2020 akan dimulai pada tanggal 2-20 Juni 2020. Sementara jadwal ujiannya akan berlangsung mulai tanggal 5-12 Juli 2020. Hasil ujian akan diumumkan pada 25 Juli 2020.

Sebelum mendaftar, pastikan kamu sudah punya akun LTMPT. Selain itu, bagi peserta yang sudah dinyatakan lulus SNMPTN, maka dirinya tidak bisa mendaftar UTBK-SBMPTN.

Baca juga:  Ujian Mandiri PTN 2020: Jadwal, Persyaratan & Prosedur Pendaftaran

Lokasi Ujian

UTBK-SBMPTN 2020 akan digelar di 74 perguruan tinggi negeri di setiap provinsi di Indonesia. Pilihlah lokasi ujian yang paling dekat dengan tempat tinggal.

Ambil contol kamu tinggal di Depok/Jakarta, maka kamu bisa pilih lokasi tesnya di Universitas Indonesia (UI), Universitas Pembangunan Nasional “Veteran” Jakarta (UPNVJ), atau di Uin Syarif Hidayatullah Jakarta.

Lokasi kota dan tanggal tes dapat diakses lebih lanjut melalui website resmi LTMPT 2020.

Biaya UTBK-SBMPTN 2020

Bagi peserta yang punya nomor Kartu Indonesia Pintar (KIP) Kuliah tidak perlu mengeluarkan biaya sepeser pun untuk mendaftar UTBK-SBMPTN 2020, alias gratis.

Sementara bagi peserta umum, maka harus menyiapkan uang sebesar Rp150 ribu. Biaya pendaftaran tersebut bisa dibayarkan melalui salah satu bank pilihan yang sudah bekerja sama seperti Mandiri, BNI, dan BTN.

Pendaftaran UTBK-SBMPTN Dilakukan Bersamaan

Pada tahun ini, pendaftaran UTBK dan SBMPTN akan dilakukan secara bersamaan. Hal ini memungkinkan peserta memilih lokasi dan jadwal tes serta PTN dan jurusan studi dalam waktu yang bersamaan.

Peserta dapat memilih maksimal dua jurusan kuliah dalam satu PTN atau dua PTN. Nah, urutan pilihan jurusan akan menyatakan prioritas.

Baca juga:  Jadwal Pendaftaran Universitas Swasta Mahasiswa 2020/2021

Hanya Ada Satu Kesempatan Saja

Setiap peserta UTBK-SBMPTN 2020 hanya akan diberikan kesempatan maksimal satu kali tes.

Tesnya sendiri dilaksanakan empat sesi per hari. Kecuali hari Jumat, tesnya hanya akan dilaksanakan sebanyak dua sesi saja.

Bocoran Materi

Ada kabar baik bagi para peserta UTBK-SBMPTN 2020. Berhubung pelaksanaan ujian tahun ini di tengah situasi pandemi corona, maka materi yang akan diujikan pun akan disesuaikan dengan kondisi yang ada.

Ya, pada tahun ini, materi yang diujikan hanya ada Tes Potensi Skolastik (TPS) saja. Adupun sub tes dalam TPS UTBK-SBMPTN tahun ini terdiri dari:

  1. Kemampuan Penalaran Umum
  2. Kemampuan Kuantitatif
  3. Pengetahuan dan Pemahaman Umum
  4. Kemampuan Memahami Bacaan dan Menulis

Sekadar informasi, sebagian soal TPS akan disajikan dalam bahasa Inggris.

Sistem Pembobotan Sub Tes

Jenis tes yang akan dikerjakan oleh para peserta UTBK-SBMPTN 2020 sebetulnya sama. Namun, akan ada pembobotan sub tes berdasarkan program studi yang akan diambil para peserta. Baik itu IPA maupun IPS.

Itulah beberapa poin penting mengenai UTBK-SBMPTN 2020 yang perlu para peserta simak dan pahami. Untuk info terbaru, peserta bisa mengunjungi laman resmi UTBK atau akun Instagram @ltmptofficial

Baca juga:  PPDB Online 2020: Persyaratan Pendaftaran SD, SMP, SMA

ootd hijab baju gamis

Kumpulan Inspirasi OOTD Hijab Gamis yang Stylish tapi Tetap Sopan

sinopsis film kal ho naa ho

Sinopsis Film India Kal Ho Naa Ho di Mega Bollywood ANTV