Resmi, Penumpang KRL Wajib Cek Suhu Tubuh di Stasiun-stasiun Ini

Anak angker, siap-siap ya!

penumpang krl cek suhu tubuh
Foto: Inews Jabar

Sejak Minggu (15/3), Jokowi menghimbau masyarakat untuk kerja, belajar, dan beribadah di rumah agar penanganan pandemi virus corona (COVID-19) dapat berjalan lebih maksimal. Sayangnya, tak semua orang dapat bekerja dari rumah alias work from home (WFH). Entah karena tuntutan pekerjaan atau alasan lain yang mengharuskan seseorang beraktivitas di luar ruangan. Jika kamu termasuk yang tidak bisa WFH dan sehari-hari beraktivitas menggunakan KRL, ada sejumlah stasiun yang mengharuskan penumpang untuk cek suhu tubuh terlebih dahulu.

Manakah stasiun ini? Berikut daftarnya.

Daftar Stasiun KRL yang Mewajibkan Penumpang Cek Suhu Tubuh

Commuter line, atau yang lebih akrab disebut dengan KRL merupakan moda transportasi yang banyak dipilih masyarakat karena cepat dan murah. Moda transportasi ini melayani rute Bogor, Depok, Tangerang, Rangkas Bitung, Bekasi, Jatinegara, Jakarta Kota, hingga Tanjung Priok.

Namun, berhubung termasuk moda transportasi yang mampu menampung lebih dari seribu orang sekali jalan, KRL berpotensi menjadi tempat yang berisiko untuk penyebaran virus corona. Apalagi bila kamu naik atau turun dari stasiun yang padat.

Oleh karenanya, sebagai langkah antisipasi penyebaran virus corona yang semakin meluas, manajemen KRL memberlakukan kebijakan cek suhu tubuh untuk para calon penumpang di 9 stasiun terpadat. Stasiun ini di antaranya:

  1. Bogor
  2. Manggarai
  3. Gondangdia
  4. Juanda
  5. Sudirman
  6. Tanah Abang
  7. Duri
  8. Tangerang
  9. Rangkasbitung

Sementara untuk stasiun yang tidak disebutkan di atas, pemeriksaan suhu tubuh calon penumpang akan dilakukan secara acak.

“Di stasiun-stasiun lainnya, pemeriksaan suhu tubuh dilakukan secara acak dengan menyasar sebanyak mungkin pengguna KRL,” terang Vice President Corporate Communication PT Kereta Commuter Indonesia (KCI), Anne Purba dalam keterangannya, Senin (16/3) malam yang dilansir dari laman Kompas.

Baca juga:  Agar Maksimal, Ini Aturan Membersihkan Rumah untuk Cegah Penyebaran Virus Corona

Suhu Tubuh di Atas 38 Diminta Tidak Naik KRL

Salah satu tanda dan gejala infeksi COVID-19 yang paling khas adalah demam tinggi. Oleh karena itu, dalam proses pemeriksaan suhu tubuh di stasiun terpadat, calon penumpang yang temperatur badannya melebihi 38 derajat celsius diminta tidak menggunakan KRL terlebih dulu.

Tidak berhenti di situ. Para calon penumpang yang naik dari stasiun KRL terpadat pun diminta tertib mengantre selama dilakukan pemeriksaan. Hal ini dilakukan semata-mata untuk kebaikan bersama.

Baca juga:  Curiga Kena Corona? Ini yang Harus Segera Kamu Lakukan

kartu ucapan snack

Kartu Ucapan Snack, Ide Kreatif yang Uwu Banget!

PNS kerja di rumah

PNS Bisa Kerja di Rumah Loh, Ini Ketentuannya!