Wajah Jerawatan Meski Hanya di Rumah Saja? 4 Hal Ini Bisa Jadi Penyebabnya

Ternyata di rumah aja tetap akan dihantui si jerawat

penyebab muncul jerawat meski di rumah
Shutterstock

Munculnya jerawat di wajah memang bikin jengkel. Selain mengganggu penampilan, terkadang kemunculannya juga dapat diiringi rasa sakit yang bikin tak nyaman. Biasanya, penyebab jerawat muncul karena kita terlalu banyak beraktivitas di luar ruangan sehingga memungkinkan terpapar kotoran, debu, atau polusi. Kendati demikian, kulit ternyata tetap bisa jerawatan meski kamu #dirumahaja. Lho, kenapa bisa, ya? 

Penyebab Muncul Jerawat yang Jarang Diketahui

Di rumah saja tidak menjamin kamu akan terbebas dari berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Jerawat sendiri muncul ketika folikel rambut tersumbat oleh minyak, kotoran, dan sel-sel kulit mati.

Kemunculannya pun tak melulu di area wajah. Kamu bisa menemukan benjolan kecil ini di bagian tubuh mana pun, mulai dari dada, punggung, bahu, bahkan bokong sekali pun.

Kamu mungkin mengira bahwa #dirumahaja akan membuat kulit lebih bersih dan bebas dari masalah. Padahal tidak begitu. Kamu tetap bisa dihantui jerawat walau berhari-hari di rumah karena berbagai penyebab berikut:

1. Sering Begadang

Selama #dirumahaja, kamu mungkin jadi lebih sering kurang tidur akibat begadang. Entah karena memang urusan kerjaan, susah tidur, atau alasan menonton film.

Nah, tanpa disadari, kurang tidur inilah yang bisa jadi penyebab munculnya jerawat meski kamu hanya #dirumahaja. Makanya supaya kamu terhindar dari jerawat, usahakan untuk tidur yang cukup setiap malam.

Waktu tidur orang dewasa yang ideal setidaknya tujuh sampai sembilan jam dalam semalam.

Baca juga:  Agar Tak Mudah Sakit, Konsumsi 6 Jenis Makanan Berikut Ini

2. Makan Sembarangan

Coba ingat-ingat lagi, selama kamu hanya berdiam diri di rumah, kamu sudah makan apa saja? Hal ini penting untuk dicari tahu karena apa yang kamu makan ternyata dapat memengaruhi kesehatan kulitmu.

Meski dibutuhkan penelitian lebih lanjut, sejumlah makanan ada yang berpotensi menjadi penyebab munculnya jerawat di kulit. Beberapa di antaranya seperti makanan yang tinggi gula serta makanan berminyak dan berlemak.

Bagi beberapa orang, kebanyakan makan makanan yang mengandung susu juga bisa memicu timbulnya jerawat.

3. Kebersihan Lingkungan yang Buruk

Jerawat bisa disebabkan karena penumpukkan bakteri di kulit. Bakteri ini bisa datang dari mana saja seperti ponsel, sarung bantal dan kasur, handuk, laptop, atau barang-barang lainnya yang kotor dan cenderung dekat dengan kulit.

Sayangnya, penyebab jerawat satu ini jarang disadari. Oleh karena itu, selama di rumah saja, penting bagi kamu untuk selalu menjaga kebersihan dengan baik. Bukan hanya kebersihan badan saja, tapi juga area rumah dan barang-barang pribadi kamu.

4. Asupan Vitamin D yang Rendah

Dalam laman Healthline, disebutkan bahwa ada hubungan antara vitamin D dan jerawat. Walaupun vitamin D sendiri tidak termasuk faktor risiko munculnya jerawat di kulit, tapi penelitian menyebutkan bahwa vitamin D memengaruhi sistem imun. Sistem imun inilah yang dihubungkan dengan kesehatan kulit.

Seseorang yang memiliki kadar vitamin D yang rendah, maka dirinya akan lebih rentan untuk mengalami berbagai masalah kulit, termasuk jerawat. Walau begitu, kondisi ini tidak sepenuhnya bisa terjadi pada semua orang.

Namun, tidak ada salahnya untuk melakukan pencegahan sedari dini. Selama di rumah, usahakan untuk berjemur di pagi hari setidaknya selama 10-15 menit. Pasalnya, vitamin D dapat diperoleh secara alami dari sinar matahari.

Baca juga:  Kosmetik Korea Bahan Buah dan Sayur, Bikin Kulit Cerah!

Tips memanggang kue

3 Kiat Sukses Memanggang Kue Anti Gosong agar Hasilnya Sempurna

lirik lagu Mayday Crush & Joy

Lirik Lagu Mayday Crush & Joy Red Velvet dan Terjemahannya