Penyebab Renggangnya Hubungan Orang Tua dan Anak

Inilah penyebabnya

shutterstock.com

Memiliki hubungan berjarak dengan orang tua memang tidak seharusnya. Sayangnya, justru banyak yang mengalami renggangnya hubungan orang tua dan anak. Lalu, apa sebenarnya penyebab yang mempengaruhi ikatan orang tua dan anak yang merenggang ini?

Terdapat sederet alasan, penyebab, hingga hal yang mempengaruhi hubungan merenggang. Begitu juga untuk hubungan antara orang tua dan anak.

Hubungan yang semakin merenggang ini akan dapat mengakibatkan munculnya jarak antara orang tua dan anak. Baik itu jarak fisik maupun emosional. Seringkali, renggangnya hubungan ini juga nantinya mengakibatkan clash atau benturan-benturan sampai akhirnya hubungan orang tua dan anak benar-benar berjauhan. Bahkan bisa saja rusak.

Untuk itu, penting sekali mengetahui beberapa penyebab apa yang mempengaruhi renggangnya jalinan orang tua dan anak.

Kurangnya Komunikasi

Orang tua yang terlalu sibuk dengan pekerjaan maupun urusan masing-masing, sampai anak bertumbuh dewasa dan memiliki kesibukan sendiri, sering kali membuat komunikasi berkurang. Orang tua dan anak bahkan bisa jarang sekali berbicara dari hati ke hati. Hanya sekedar saling sapa bila bertemu di rumah.

Tidak menyenangkan sekali bukan hubungan orang tua dan anak yang seperti ini?

Kurangnya komunikasi akan memberikan perasaan asing antara orang tua dan anak. Satu hal yang seharusnya tidak dirasakan oleh kedua pihak. Ketika orang tua dan anak sudah merasa asing, maka tidak mengejutkan bila hubungan mereka juga merenggang.

Saling Mempertahankan Ego

Dalam hubungan apapun, ego merupakan salah satu penghambat terbesar. Terutama bila kedua pihak bersikukuh untuk mempertahankan ego masing-masing. Niscaya hubungan tersebut akan semakin sulit untuk diselamatkan.

Hubungan antara orang tua dan anak juga tidak kalah berbeda. Seringkali, orang tua enggan untuk mendengarkan pendapat anak, meminta maaf, atau sekedar untuk mengalah ketika berselisih pendapat. Di sisi lain, anak juga seringkali tidak jauh berbeda. Kedua sisi yang saling mempertahankan ego inilah yang akhirnya menjadikan interaksi antara orang tua dan anak kian merenggang.

Baca juga:  6 Sikap Orangtua yang Dapat Membuat Anak Stres
hubungan orang tua anak
teendiariesonline.com

Jarang Memiliki Kebersamaan

Kurangnya kebersamaan antara orang tua dan anak akan menimbulkan rasa asing satu sama lain. Seperti disinggung di atas, ketika orang tua dan anak sudah sibuk dengan urusan, kegiatan, aktivitas, bahkan pekerjaan masing-masing, waktu berkualitas untuk dihabiskan bersama keluarga akan semakin berkurang. Akibatnya satu sama lain akan memiliki perasaan asing.

Perasaan asing inilah yang nantinya membuat interaksi orang tua dan anak merenggang. Baik itu orang tua dan anak akan semakin merasa berjarak dan jauh satu sama lain. Terlebih bila kurangnya waktu berkualitas dengan keluarga juga diiringi dengan tidak adanya komunikasi. Hubungan orang tua dan anak pun akan semakin mudah merenggang dan menjauh satu sama lain.

Kurang Mengekspresikan Kasih Sayang

Kapan terakhir kali menanyakan keadaan kesehatan orang tua? atau untuk orang tua, kapan terakhir kali memberi tahu anak betapa berharganya hidup mereka? Ekspresi cinta dan kasih sayang orang tua dan anak seharusnya menjadi satu hal yang diwajarkan. Bahkan orang tua dan anak seharusnya tidak perlu ragu maupun sungkan untuk mengekspresikan cinta serta kasih sayang.

Kurangnya ekspresi cinta dan kasih sayang ini sudah tentu menjadi hal lain yang menyebabkan renggangnya interaksi orang tua dan anak.

Untuk itu, demi memastikan jalinan orang tua dan anak tetap erat, sebaiknya jangan ragu meluapkan rasa cinta serta kasih sayang. Selain itu, juga coba untuk selalu menghabiskan waktu berkualitas bersama supaya komunikasi yang terjalin dengan baik.

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Tips Mendapatkan Ide Tulisan

masa lajang

Penting, Ini Dia Alasan Harus Menikmati Masa Lajang