Imbas pandemi Covid-19 memang sangat luas. Salah satu sasaran yang terkena dampaknya adalah tagihan listrik. Ya, di masa pandemi, setidaknya tiga bulan ke belakangan, banyak masyarakat yang mengeluhkan tagihan listriknya naik secara signifikan. Tagihan listrik yang naik drastis jelas semakin menambah beban pengeluaran di masa krisis seperti sekarang ini.
Penyebab Tagihan Listrik Selama Masa Pandemi Covid-19 Naik
Masyarakat belakangan ini ramai mengeluhkan soal kenaikan tagihan listrik yang terjadi secara signifikan melalui media sosial. Bahkan, ada pelanggan yang mengaku bahwa tagihan listriknya naik sampai hampir 10 kali lipat dari biasanya. Kenaikan tagihan listrik ini berlangsung terus-terusan sejak bulan April hingga Mei.
Terdapat banyak faktor yang bisa membuat tagihan listrik lebih besar dari yang kamu harapkan. Salah satunya adalah karena kenaikan pemakaian dari pelanggan itu sendiri akibat belajar maupun bekerja dari rumah. Hal tersebut pun diamini oleh Senior Executive Vice President Bisnis dan Pelayanan Pelanggan PLN, Yuddy Setyo dalam laman Kompas.
Di samping itu, tagihan listrik yang mengalami lonjakan beberapa bulan terakhir ini juga bisa disebabkan karena adanya pengalihan biaya lebih yang seharusnya dibayarkan oleh pengguna. Dalam laman Detik, Direktur Niaga dan Manajemen Pelayanan pelanggan PLN, Bob Syahrir mengatakan bahwa pengalihan biaya ini dikarenakan adanya PSBB.
Alhasil petugas PLN tidak bisa datang ke rumah pelanggan untuk melakukan pencatatan meteran. Inilah sebabnya, 3 bulan terakhir.
Klaim Listrik Naik Melalui Aplikasi PLN Mobile
Seiring dengan perkembangan teknologi internet, kini klaim tagihan listrik yang naik semakin mudah. Kamu tidak perlu lagi capek-capek mengantre di kasir PLN atau menunggu petugas listrik datang melihat meteran listrik di rumah.
Kini, PLN menyediakan aplikasi PLN Mobile yang memungkinkan para pelanggannya mendapatkan informasi mengenai tagihan listrik secara mendetail dalam kurun waktu 12 bulan terakhir.
Dalam aplikasi tersebut pelanggan dapat melihat besaran biaya yang harus dibayar, riwayat pemakaian listrik dalam kWH meter, transaksi Token, lokasi pembayaran, serta pengaduan.
Jika tagihan listrik melonjak drastis padahal pemakaian listriknya biasa saja, kamu dapat langsung mengajukan klaim ke PLN lewat aplikasi tersebut. PLN Home dapat diunduh secara gratis di Google Play Store dan Apple Apps Store.
Bila kamu masih punya aduan lain yang perlu disampaikan, kamu dapat langsung menyambangi PLN melalui media sosial Twitter di @pln_123, Facebook PLN 123, atau menghubungi contact center PLN di 123.