Pesona “Pantai Menyendiri” di Ujung Bawah Pulau Jawa

Mungkin pantai inilah yang jadi destinasi kamu selanjutnya

pantai ujung genteng
instagram.com/ilovesukabumi

Pantai Ujung Genteng sering disebut sebagai pantai menyendiri karena letaknya yang jauh dari keramaian dan berada di ujung bawah pulau Jawa. Ujung Genteng jadi salah satu destinasi wisata bahari yang menawarkan pesona indah dengan pasir putihnya.

Pantai Ujung Genteng terletak di wilayah Sukabumi, Jawa Barat. Jaraknya sekitar 200 kilometer dari Ibu kota, namun jangan khawatir, perjalanan yang jauh semua akan terbayar lunas dengan keindahan Pantai yang bersih, mempesona, dan masih alami. Rimbun pepohonan menambah elok pesona pantai, bagi kalian yang senang dengan wisata bahari, pantai Ujung Genteng wajib masuk list rencana liburan kalian.

Mengulik Pesona Pantai Ujung Genteng, Sukabumi

Meski termasuk wilayah pantai selatan yang berbatasan langsung dengan Samudra Hindia, ombak di pantai Ujung Genteng tidak begitu menyeramkan seperti pantai-pantai selatan pada umumnya. Di sini, kamu masih bisa berenang dengan nyaman.

Ditambah lagi Pantai Ujung Genteng menghadirkan hamparan pasir putih dan pantai yang masih dikelilingi pepohonan yang siap memanjakan matamu. Selain itu, kamu juga bisa menikmati indahnya sunset pantai selatan sambil bersantai di pinggir pantai.

Pantai Ujung Genteng juga menyajikan spot foto terbaik karena bentuk pantainya yang sedikit mirip dengan pantai di kepulauan Hawaii Amerika Serikat. Bagi penggila fotografi, sangat disarankan untuk menyiapkan kamera atau HP untuk berfoto-foto untuk menambah stok karena landscape yang indah ini sangat sayang untuk dilewatkan. Ujung Genteng selalu menyuguhkan sunrise dan sunset yang sangat menakjubkan.

Tiket Masuk

Harga tiket masuk pantai Ujung Genteng tahun 2020 sebesar Rp10.000. Untuk biaya parkir motor dikenakan biaya sebesar Rp5.000 dan mobil Rp10.000, biaya tersebut terhitung sangat murah untuk sebuah pantai yang begitu indah dan memesona.

Pantai Ujung Genteng ini buka selama 24 jam, jadi kamu bisa datang kapan saja. Namun, bagi kamu yang ingin menikmati keindahan dan suasana pantai yang menakjubkan, sangat disarankan untuk menginap sehari atau beberapa hari sehingga bisa menjelajahi spot-spot terbaik di Ujung Genteng.

Baca juga:  Intip Pesona Gurun Pasir di Pantai Oetune Nusa Tenggara Timur

Aktivitas yang Bisa Dilakukan Saat Liburan ke Pantai Ujung Genteng

Ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan saat berkunjung ke Ujung Genteng selain berenang dan foto-foto

  • Bermain di Air Terjun Luhur
    Air Terjun Luhur salah satu spot popular di Ujung Genteng. Ketinggiannya bisa mencapai 30 meter. Bagi kalian yang ingin berkunjung ke air terjun ini disarankan saat pagi hari karena matahari belum terik akan menjadikan suasana yang semakin nyaman. Adapun air terjun ini terletak di Kampung Ciniti, Desa Cibitung, Surade, Sukabumi.
  • Berkunjung ke Penakaran Penyu
    Pantai Ujung Genteng memiliki area penakaran penyu yang hijau. Kamu bisa melihat penyu-penyu di pinggir pantai, dan jika beruntung, kamu bisa mengamati langsung penyu hijau bertelur di malam hari. Biasanya, musim bertelur penyu tersebut antara bulan Agustus dan Maret.
  • Menikmati Hasil Laut
    Berburu hasil laut yang masih segar hasil tangkapan nelayan setempat akan membuat liburanmu semakin asyik. Disini, kamu bisa mendapatkanya dengan mudah. Biasanya dijual di warung-warung kecil pinggir pantai. Jika kamu bermalam dan menyewa villa atau homestay, kamu bisa meminta penjaganya untuk mengurus hal tersebut. Ikan, udang, cumi dan hasil laut lainya bisa kamu nikmati sambil bersantai di homestay dan menikmati suasana pantai yang nyaman akan membuat suasana liburanmu sulit untuk dilupakan.
  • Fasilitas yang Tersedia
    Belum banyak fasilitas yang mumpuni di Pantai Ujung Genteng, hanya terdapat beberapa fasilitas umum seperti toilet, mushola, warung-warung kecil, dan tempat penginapan. Dengan kondisi lingkungan yang didominasi oleh hutan dan perkebunan, menjadikan pantai Ujung Genteng belum banyak terjamah oleh wisatawan. Sebab itu, kondisinya cukup sepi apalagi malam hari. Tapi pada saat liburan, Ujung Genteng selalu ramai dikunjungi oleh wisatawan dari berbagai daerah.

Tips Liburan ke Ujung Genteng

  • Cek Kondisi Kendaraan
    Bagi wisatawan yang berangkat dengan kendaraan pribadi, sebelum berangkat cek lah kondisi kendaraan yang akan dibawa supaya lebih aman dan nyaman. Karena perjalanan menuju Ujung Genteng memakan waktu yang cukup lama.
  • Sewa Homestay
    Beristirahat dengan nyaman setelah perjalanan jauh adalah hal yang tepat. Selain itu, wisatawan bisa lebih menikmati suasana pantai dengan santai. Kenyamanan dan keamanan hal yang harus diutamakan saat berlibur.
  • Bawa Baju Ganti
    Membawa ganti baju secukupnya, untuk dipakai kala bersantai, berenang, dan kembali ke rumah.
  • Luangkan Waktu Beberapa Hari
    Area yang luas ini tidak akan selesai dijelajahi satu hari saja. Banyak spot yang perlu dikunjungi. Beberahari di Ujung Genteng tidak akan membuat kamu menyesal, bahkan sebaliknya, membuat anda ingin terus di sana dan tidak mau pulang.

Jadi, kapan rencanamu untuk berlibur sambil  menyendiri di pantai menyendiri ini?

Baca juga:  Menikmati Destinasi Wisata Pantai Tanjung Bira di Bulukumba

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

lirik lagu jungle cix

Lirik Lagu Jungle CIX dan Terjemahan

total biaya tarif tol jakarta bali 2020 trans jawa

Rincian Total Tarif Tol Jakarta Bali 2020