Now Reading
Punya Jerawat Punggung? Cara Ini Bisa Memusnahkannya

Punya Jerawat Punggung? Cara Ini Bisa Memusnahkannya

Jerawat punggung

Kehadiran jerawat punggung terkadang tidak diperhatikan karena tidak terlihat seperti jerawat di wajah. Namun tetap saja, jerawat punggung bisa menimbulkan rasa tidak nyaman di badan. Selain itu, bagi para wanita pasti sebel kalau ada jerawat punggung jadi tidak percaya diri ketika mengenakan pakaian backless shirt.

Mengenal Jerawat Punggung

Sebelum membahas cara membasmi jerawat punggung, ada baiknya kamu mengetahui alasan kemunculan jerawat punggung.

Apa penyebab munculnya jerawat punggung?

penyebab jerawat
blog.flota.es

Sebenarnya, penyebab kemunculan jerawat di punggung sama dengan munculnya jerawat di wajah. Faktor penyebabnya antara lain:

  1. Peningkatan produksi sebum

Sebum adalah minyak hasil produksi sebaceous glands atau kelenjar minyak yang terdapat dalam tubuh kita dan menempel pada folikel rambut. Maka di seluruh tubuh kita terdapat kelenjar minyak kecuali di telapak tangan dan kaki kita. 

Dalam kata lain, sebum adalah pelembab kulit yang dibuat oleh tubuh kita. Ia berperan untuk menjaga kelembapan kulit dan melindungi kulit dari polusi, debu, bakteri, atau kotoran lainnya.

Jumlah sebum haruslah seimbang. Jika kelenjar minyak memproduksi terlalu banyak sebum maka kulit akan terlihat berminyak dan berpotensi menyebabkan jerawat. Namun, jika produksi sebum terbilang minim maka kulit akan mengalami kekeringan.

2. Kurang memperhatikan kebersihan kulit

Hayo, ngaku di sini siapa yang setelah berolahraga tidak mandi? atau siapa di sini yang mandi malam hari dan besok paginya gak mandi lagi? Nah, kamu tahu gak sih, kebiasaan buruk tidak mandi dengan teratur bisa menyebabkan timbulnya jerawat punggung. 

Coba bayangin deh, sehabis berolahraga pori-pori kamu tersumbat oleh keringat dan tidak segera dibersihkan…

Dijamin bisa jadi bibit-bibit jerawat punggung, deh.

Bagaimana pencegahan jerawat punggung?

pencegahan jerawat
kabartangsel.com

1.  Ganti baju setelah berolahraga atau keringat.

Perlu diingat, kebersihan kunci utamanya yaa!

2. Jangan terlalu lama mengenakan baju yang ketat.

Hal ini dikarenakan, baju yang ketat membuat kulit kesulitan untuk bernafas.

3. Jangan menggaruk atau memencet jerawat.

Yang ditakutkan dari kegiatan menggaruk atau memencet jerawat punggung adalah jerawat akan pecah dan mengeluarkan darah. Jerawat yang terbuka sama saja dengan luka yang terbuka. Bisa-bisa, jerawat kamu menjadi rawan infeksi.

4. Jangan kena rambut

Rambut di kepala kamu sering terekspos dengan debu dan matahari. Maka, jika rambut sering berkenaan dengan punggung kamu, rambut akan mengantarkan debu serta kotoran ke punggung kamu.

5. Bilas punggung sehabis shampoo dan conditioner

Hal sederhana yang tidak boleh disepelekan. Jika kita tidak membilas kembali punggung setelah mengenakan shampoo dan conditioner, maka sedikit banyak kandungan kedua hal tersebut masih tersisa di punggung kamu. Maka dari itu, ada baiknya jika kamu membilas kembali punggung mu setelahnya.

Atau kamu bisa mengenakan shampoo dan conditioner sebelum menggunakan sabun mandi. Alhasil, tubuh kamu bersih dan bebas dari kandungan – kandungan tersebut.

6. Kurangi konsumsi gula

Makanan yang memiliki kandungan gula yang tinggi berpotensi menimbulkan tumbuhnya jerawat baru. Mengapa demikian? glukosa  dengan jumlah yang tinggi dapat memicu insulin dan akhirnya menyebabkan jerawat.

Apa perawatan untuk mencegah jerawat punggung?

lulur badan
beritasatu.com

1.Menggunakan sabun mandi khusus

Sabun mandi yang tepat bisa membantu menyelesaikan masalah jerawat punggung kamu. Cari sabun mandi yang mengandung kandungan tea treeTea Tree telah dikenal sebagai obat mujarab untuk membasmi jerawat.

Kamu bisa coba Tea Tree Skin Clearing Body Wash dari the Body Shop

2. Bersabun dengan shower puff

Maksimalkan sabun kamu dengan menggunakan shower puff. Shower puff efektif membantu mengikis sel-sel kulit mati kamu. Ketika sel-sel kulit mati kamu terbuang maka semakin cepat regenerasi kulit kamu dan masalah kulit kamu yang satu ini akan usai.

Selain itu, menggunakan shower puff juga bisa menghemat sabun mandi yang kamu gunakan. Sebab, hanya dengan beberapa tetes sabun dalam shower puff mampu menyabuni seluruh tubuh kamu.

Kamu bisa mencoba shower puff dari Nexcare Daily Shower Puff 

3. Scrub badan

Jangan hanya mengandalkan shower puff dan sabun. Kamu butuh perawatan lebih untuk bebas dari masalah ini.

Bantu samarkan noda-noda bekas jerawat punggung dengan scrubbing badan khususnya area punggung kamu. Scrub badan cukup satu kali dalam seminggu. Terlalu sering scrubbing akan membuat permukaan kulit kalian menjadi tipis.

Kamu bisa mencoba scrub badan UV White Body Scrub dari Marina

4. Acne spray

Lengkapi perawatan kamu dengan menggunakan acne spray setelah kamu mandi. Acne spray akan berkonsentrasi menyembuhkan jerawat punggung yang masih aktif.

Semakin rajin kamu menggunakan acne spray, semakin banyak jerawat punggung yang kamu basmi.

Kamu bisa mencoba acne spray dari A.Stop Clear Face & Body Toner 

Kalau jerawat punggung sudah hilang, tubuh kamu akan merasa nyaman dan kepercayaan diri kamu pun bertambah.

Say hi to backless shirt…

Baca juga:  Yuk, Pahami Peraturan Cuti Hamil dan Melahirkan Karyawan
close