10 Rekomendasi Drama Korea yang Bercerita Tentang Dunia Hukum

Drama yang agak ‘berat’ ini enggak kalah seru, lho!

drama korea hukum
SBS

Kampanye #dirumahaja karena pandemi COVID-19 pasti menciptakan banyak waktu luang untuk kamu yang lagi self-quarantine. Menonton drama Korea menjadi salah satu cara yang tepat untuk mengusir kebosanan. Drama dengan tema hukum direkomendasikan agar penonton bisa ikut belajar istilah-istilah hukum dan ikut memecahkan misteri.

Drama Korea Pilihan yang Bertema Hukum

Berikut adalah urutan rekomendasi drama Korea bertema hukum pilihan Wokenim yang bisa dijadikan referensi kamu selanjutnya.

10. Judge vs. Judge

Drama Korea Hukum
SBS

Drama Korea bertema hukum ini mengisahkan bagaimana kehidupan seorang hakim kejaksaan. Lee Jung Joo (diperankan oleh Park Eun Bin) adalah seorang hakim di Pengadilan Distrik Seoul.

Jika pada umumnya hakim merupakan sosok yang bijaksana dalam berkata, berbeda dengan Hakim Lee. Ia bahkan tak segan mengumpat para terdakwa di depan banyak orang.

Di sisi lain ada Sa Ui Hyun (diperankan oleh Yeon Woo Jin) yang ditugaskan menjadi partner hakim Lee Jung Joo. Hakim Sa Ui Hyun terkenal karena penggunaan hukumnya yang sangat baik dan selalu mengedepankan hati nuraninya untuk mencapai vonis.

Suatu ketika, kakak Lee Jung Joo terjebak dalam suatu insiden dan kemudian memutuskan untuk bunuh diri. Lee Jung Joo lantas bertarung melawan kekuatan besar yang telah menjebak kakaknya.

Baca juga:  Yuk, Coba Cara Gratis Belajar Bahasa Korea untuk Pemula

9. Suspicious Partner

SBS

Buat kamu yang ingin menyaksikan drama Korea bertema hukum dengan sedikit bumbu romansa, Suspicious Partner jawabannya.

Bong Hee (diperankan oleh Nam Ji Hyun) adalah seorang pekerja magang di Lembaga Penelitian dan Pelatihan Yudisial. Ia kemudian dipindahkan dan bekerja dengan seorang jaksa penuntut bernama Ji Wook (diperankan oleh Ji Chang Wook).

Suatu ketika, Bong Hee diduga telah membunuh mantan pacarnya yang berselingkuh, Bong Hee didakwa menjadi tersangka. Ji Wook menemukan bukti untuk membuktikan bahwa Bong Hee tidak bersalah dan membebaskannya.

Atas kejadian ini, Ji Wook kemudian berhenti dari pekerjaannya sebagai jaksa penuntut dan menjadi pengacara. Bong Hee kemudian berusaha menemukan orang yang telah membunuh mantan pacarnya.

8. Suits

Drama Korea Hukum
KBS

Choi Kang Seok (diperankan oleh Jang Dong Gun) adalah pengacara terbaik di Firma Hukum Kang & Ham. Ia dipromosikan menjadi mitra senior.

Ada pula Go Yeon Woo (diperankan oleh Park Hyung Sik) yang memiliki memori fotografi dan keterampilan pemahaman yang sangat baik. Dia bermimpi menjadi seorang pengacara, tetapi karena latar belakangnya yang buruk, dia saat ini bekerja sebagai pelayan parkir. Untuk membayar tagihan rumah sakit neneknya, ia mengambil pekerjaan untuk mengantarkan obat ke kamar hotel. 

Saat melakukan pekerjaannya, Go Yeon Woo menyadari bahwa dia akan masuk perangkap. Go Yeon Woo kemudian dikejar oleh polisi, tetapi ia menyelamatkan diri dengan masuk ke kantor sekretaris Pengacara Choi Kang Seok.

Saat itu, sekelompok orang sedang menunggu untuk melakukan wawancara dengan Choi Kang Seok. Dia akan memilih pengacara pemula untuk firma hukumnya. Go Yeon Woo kemudian diterima di kantor Choi Kang Seok.

Tanpa diduga, keputusan Choi Kang Seok ini bahkan dapat membahayakan kariernya sendiri.

Baca juga:  Mengapa Drama Meow The Secret Boy Layak Ditonton? Ini Jawabannya

7. Secret Forest

tvN

Rekomendasi drama Korea terbaik selanjutnya adalah Hwang Shi Mok (diperankan oleh Cho Seung Woo) yang telah menjalani operasi otak ketika dia masih kecil. Hal tersebut menyebabkan dia kurang  memiliki emosi.

Hwang Shi Mok bekerja sebagai jaksa penuntut. Dia rasional, tetapi dingin dan kesepian. Ia juga satu-satunya penuntut yang tidak terlibat dalam korupsi.

Suatu hari, sebuah mayat dilemparkan ke depannya. Dia bertemu dengan Letnan Polisi Han Yeo Jin (diperankan oleh Bae Doo Na) di sebuah TKP. Mereka bekerja sama untuk memberantas korupsi di kantor kejaksaan dan menyelesaikan kasus pembunuhan berantai.

6. Miss Hammurabi

Drama Korea Hukum
JTBC

Selanjutnya ada Ms. Hammurabi. Drama Korea ini berkisah tentang Park Cha O Reum (diperankan oleh Go Ara) yang bekerja sebagai hakim pemula.

Dia berusia pertengahan 20-an dan mengikuti prinsip “mata dibalas dengan mata”. Dia tidak menerima prasangka atau mengikuti otoritas secara membabi buta. Ia berhadapan dengan berbagai kasus dibantu dengan rekannya, Im Ba Reun (diperankan oleh Kim Myung Soo / L INFINITE).

Baca juga:  10 Drama Korea Komedi Favorit, Ngakak Abis!

5. Hyena

SBS

Tak kalah seru dari daftar di atas, drama yang sempat mengcasting aktris cantik Song Hye Kyo ini menceritakan tentang Yoon Hee Jae (diperankan oleh Kim Hye Soo) dan Jung Geum Ja (diperankan oleh Ju Ji Hoon. 

Keduanya merupakan pengacara yang sangat bertolak belakang. Jung Geum Ja adalah seorang pengacara yang hanya mengejar uang. Dia memenangkan kasusnya menggunakan segala cara yang diperlukan.

Sementara Yoon Hee Jae adalah seorang pengacara elit, yang cerdas dan percaya diri dalam pekerjaannya.

4. Confession

tvN

Drama Korea hukum selanjutnya adalah Confession. Mengisahkan tentang sebuah kasus yang melibatkan kebenaran tersembunyi di balik hukum yang tumpul.

Ketika Choi Do Hyun (diperankan oleh Lee Joon Ho) masih kecil, ia menderita penyakit jantung. Dia menghabiskan sebagian besar masa kecilnya di rumah sakit. Dan secara ajaib ia memiliki kesempatan untuk transplantasi jantung.

Tepat setelah operasi transplantasi jantung yang berhasil, ayahnya dituduh melakukan pembunuhan. Ayahnya menerima hukuman mati. Untuk menyelidiki kasus ayahnya, Choi Do Hyun sekarang bekerja sebagai pengacara.

3. While You Were Sleeping

Drama Korea Hukum
SBS

Drama yang satu ini wajib masuk dalam watchlist-mu! Diperankan oleh bintang muda nan berbakat, seperti Lee Jong Suk, Bae Suzy, Jung Hae In dan lainnya.

Drama Korea satu ini merupakan gabungan drama hukum dan fiksi yang mengisahkan tentang Jae Chan (diperankan oleh Lee Jong Suk) yang merupakan seorang jaksa penuntut pemula. Dia bertemu dengan Nam Hong Joo (diperankan oleh Bae Suzy) yang merupakan tetangga barunya yang bekerja sebagai seorang reporter. Sementara Jung Hae In berperan sebagai Han Woo Tak, polisi yang baik hati.

Mereka bertiga saling terhubung dengan kemampuan aneh, yakni bisa melihat kejadian buruk yang akan menimpa di masa depan saat mereka tertidur. Ketiganya bekerjasama dalam mencegah hal-hal buruk yang akan terjadi, salah satunya adalah kematian ibu Nam Hong Joo.

Baca juga:  5 Alasan Mengapa Harus Menonton Drama Korea Dr. Romantic 2

2. Witch’s Court

Drama Korea Hukum
KBS

Drakor bertema hukum rekomendasi lainnya adalah Witch’s Court. Mengisahkan tentang Ma Yi Deum (diperankan oleh Jung Ryu Won) yang telah bekerja sebagai jaksa penuntut selama 7 tahun.

Dia terkadang menggunakan metode yang tidak biasa untuk memenangkan kasus. Suatu hari, Ma Yi Deum dipindahkan ke divisi khusus yang hanya menangani kejahatan seksual.

1. Defendant

Drama Korea Hukum
SBS

Drama yang satu ini wajib banget kamu tonton. Berkisah tentang Park Jung Woo (diperankan oleh  Ji Sung) yang merupakan jaksa penuntut di Kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul. Suatu hari, dia terbangun dari tidurnya dan menemukan dirinya terkunci dalam sel penjara.

Dia menderita amnesia sementara. Park Jung Woo dituduh dan dijatuhi hukuman mati. Dia harus berjuang untuk membuktikan bahwa dirinya tidak bersalah.

Itulah 10 drama Korea bertemakan hukum yang bisa kamu saksikan agar makin pintar dalam mengenal hukum. Selamat menonton!

Baca juga:  3 Alasan Jangan Menonton Drama Korea A Piece of Your Mind

daftar perusahaan leasing yang memberi keringanan cicilan selama pandemi corona

Daftar Terbaru Perusahaan Leasing yang Memberi Keringanan Cicilan Selama Pandemi Corona

resep churros oreo

Resep Churros Oreo, Mudah dan Dijamin Enak!