4 Film Terbaik Tentang Dokter yang Wajib Banget Kamu Tonton

Kehidupan dokter dan perawat yang bergulat dengan pasien

Film tentang dokter
Foto: Shutterstock

Dunia kedokteran sekarang sedang mendapat perhatian yang luar biasa akibat merebaknya pandemi virus corona. Sebagai garda terdepan, para petugas medis memang memegang peranan penting dalam membantu mengobati para pasien yang dinyatakan positif corona. Tentu berbeda antara dunia nyata dan dunia di film, tapi tidak ada salahnya kalau kita menengok sedikit tentang kehidupan dokter dan perawat yang bergulat dengan pasien, dengan kehidupan pribadinya. 

Rekomendasi Film Tentang Dokter

Ada beberapa film seri bertema kedokteran yang dapat menemani kegiatan kita selama #dirumahaja, di antaranya. 

1. ER (Emergency Room)

film tentang dokter

 

Serial ER ini mengambil latar belakang di rumah sakit Chicago, dan lebih berfokus pada dokter dan perawat yang berjaga di ruang emergency alias gawat darurat (IGD) di rumah sakit. Film ini dibintangi oleh aktor-aktor terkenal yang terus berganti dari season ke season.

Salah satu aktor yang terlibat di film ini adalah George Clooney yang berperan sebagai Dr. Doug Ross. Serial ini memiliki 15 season dan total 331 episode. Selama periode tayangnya, serial ini sudah memenangkan 23 penghargaan dari Primetime Emmy Awards.

Tak heran bila film seri satu ini wajib banget ditonton untuk kamu yang penasaran tentang pekerjaan dokter dalam menangani pasien di rumah sakit. 

2. Grey’s Anatomy

Grey’s Anatomy adalah salah satu serial bertema kedokteran yang terpanjang dalam penayangannya. Pasalnya, serial ini sudah memasuki season ke 16.

Tak hanya menceritakan tentang hubungan dokter dan pasien, tetapi juga memiliki perpaduan antara drama hubungan sosial dan drama percintaan. Grey’s Anatomy juga tidak hanya diperlihatkan mengenai suka duka kehidupan sebagai dokter, tetapi juga diperlihatkan konflik-konflik mereka sebagai manusia yang bersosialisasi, termasuk dengan pasangan.

Mengingat serial ini dapat bertahan sampai 16 season dan sudah memenangkan banyak penghargaan, maka tidak salah serial ini menjadi salah satu film serial tentang dokter terbaik yang tayang di televisi.

3. The Good Doctor

Film lain yang bercerita tentang kehidupan para dokter adalah The Good Doctor. Sebenarnya film ini merupakan film remake dari drama Korea tahun 2013.

The Good Doctor bercerita tentang dokter muda bernama Shaun Murphy yang mengidap autis. Dr. Shaun merupakan dokter yang jenius, Namun, karena dia memiliki riwayat penyakit autisme, banyak rekan kerja dan keluarga pasien yang meragukan kemampuannya. 

Kendati demikian, Dr Shaun tidak patah semangat untuk membuktikan bahwa dirinya adalah dokter yang berdedikasi tinggi dengan profesinya.

4. New Amsterdam

film tentang dokter

Film seri New Amsterdam baru memasuki season ke 2 di tahun 2020 ini. Bisa dibilang, New Amsterdam termasuk film tentang dokter yang cukup baru dibanding tiga film yang sudah disebutkan di atas.

Mengambil latar salah satu rumah sakit tertua di kota New York, film ini berawal ketika rumah sakit New Amsterdam kedatangan direktur medis baru yang bernama Dr. Max Goodwin. Dr. Max Goodwin merupakan seorang dokter yang berprestasi tapi mempunyai gaya kepemimpinan yang nyeleneh.

Banyak konflik yang dibuat bukan hanya tentang penyakit yang diderita pasien, tapi juga kehidupan para dokter yang memiliki masalahnya masing-masing. Beberapa cerita dalam film ini merupakan kisah nyata yang terjadi di Rumah sakit Bellevue di New York.

Karakter Dr. Goodwin sendiri merupakan cerminan dari Dr. Eric Manheimer yang menulis memoar yang berjudul “Twelve Patients: Life & Death at Bellevue Hospital”. 

Baca juga:  Daftar Film Pendek YouTube Terbaik, Komedi hingga Horor

zodiak yang terkenal paling cuek

Urutan Zodiak yang Terkenal Paling Cuek tapi Pesonanya Bikin Deg-degan

drama meow the secret boy

Mengapa Drama Meow The Secret Boy Layak Ditonton? Ini Jawabannya