Cantiknya Cloud Bread, Roti Awan yang Sedang Viral di Tiktok

Cuma pakai 3 bahan aja~

resep cloud bread tiktok

Setelah Korean garlic cheese bread, kini jagad Tiktok dihebohkan dengan tutorial membuat cloud bread. Seperti namanya, cloud bread merupakan roti yang teksturnya lembut, empuk, dan mengembang seperti awan. Roti satu ini populer karena memiliki tampilan cantik dan cara membuatnya yang begitu mudah. Yuk, intip resep cloud bread Tiktok dalam ulasan berikut.

Sekilas Tentang Cloud Bread

Salah satu resep Tiktok yang sedang populer saat ini adalah cloud bread alias roti awan. Meski tengah viral, tahukah kamu bahwa cloud bread bukanlah hal baru dini dunia kuliner?

Ya, roti satu ini ternyata sudah sangat populer dikonsumsi oleh para pelaku diet keto sebagai pengganti roti yang lebih sehat, lho! Diet keto sendiri merupakan salah satu jenis diet rendah karbohidrat. Biasanya diet ini direkomendasikan untuk orang-orang yang ingin menurunkan berat badan.

Selain untuk diet, roti ini pun sangat cocok dan aman bagi orang yang memiliki intoleransi gluten. Pasalnya, roti ini tidak menggunakan tepung ataupun gandum sebagai bahan utamanya.

Secara keseluruhan, sebetulnya tidak ada yang istimewa dari roti awan. Bentuknya seperti roti pada umumnya, tapi cenderung lebih pipih. Namun seiring waktu, banyak warganet Tiktok mengkreasikan roti ini dengan beragam bentuk dan warna. Mulai dari warna terang hingga warna-warna pastel yang cantik.

Nah, dari situlah, popularitas cloud bread meningkat.

Baca juga:  Resep Simple Oreo Cheese Cake Tanpa Oven ala Tiktok

Resep Cloud Bread Tiktok

Di bawah ini adalah resep cara membuat cloud bread Tiktok yang enak dan punya tampilan menarik.

Siapkan Bahan

Di balik warnanya yang cantik, kamu enggak perlu khawatir cara membuatnya sulit. Untuk membuat roti awan yang lezat dan nikmat, kamu cuma butuh 3 bahan utama saja, di antaranya:

  • 1 sendok makan tepung maizena
  • 2-3 sendok makan gula pasir
  • 3 putih telur

Sementara untuk bahan pelengkapnya, kamu bisa membutuhkan ekstrak vanilla dan pewarna makanan sesuai selera. Bila tidak tersedia ekstrak vanilla, kamu dapat menggantinya dengan sirup maple, madu, kayu manis atau bubuk cokelat.

Baca juga:  Viral di TikTok, Intip Cara Membuat Minuman Fuljar Soda

Cara Membuat

resep cloud bread tiktok
Instagram: @shirleyliem

Hal pertama yang perlu lakukan untuk membuat resep cloud bread Tiktok adalah dengan mengocok putih telur menggunakan mixer atau whisk sebentar.

Kemudian, tuangkan gula, tepung maizena, dan ekstrak vanila ke dalam adonan putih telur. Kocok lagi sampai semua bahan tercampur merata dan mengembang kaku.

Setelah adonan kaku, tuangkan sedikit pewarna makanan yang disukai lalu aduk-aduk sebentar hingga warnanya merata. Bila kamu ingin hasil roti yang estetik, bagi adonan menjadi beberapa bagian, kemudian beri pewarna berbeda sesuai selera.

Selanjutnya, siapkan baking paper dan letakan adonan roti di atasnya.

Panggang adonan selama 25-30 menit dengan api kecil, atau sampai bagian atasnya tampak kering atau kecokelatan.

Tadaa! Cloud bread pun siap disajikan.

resep cloud bread tiktok
Instagram: @shirleyliem

Mudah, ‘kan resep cara membuat cloud bread yang lagi viral di Tiktok? Tunggu apa lagi, selamat mencoba!

Baca juga:  Kumpulan Resep Makanan Hits yang Viral di TikTok

kwon mina

Kwon Mina Kembali Ungkap Fakta Terbaru Bullying AOA & Sikap FNC

lipstik lokal murah

13 Merek Lipstik Lokal Murah di Bawah Rp50 Ribu yang Awet dan Nyaman Dipakai