Resep Macaron yang Praktis, Cocok Buat Camilan Berbuka Puasa

Cemilan enak pas dengan secangkir kopi dan teh

fluffpop.com

Macaron adalah salah satu cemilan yang berasal dari Italia. Makanan yang satu ini paling nikmat jika dihidangkan bersama dengan secangkir teh atau kopi hangat. Bentuknya yang unik dan warna-warnanya yang menarik, membuat siapa saja yang melihat akan tergoda untuk mencicipinya. Yang menarik, ternyata cara membuat macaron pun cukup mudah dan bisa dilakukannya di rumah.

Penasaran bagaimana resepnya? Simak di bawah ini, ya!

Cara Membuat Macaron, Simpel dan Cepat

1. Siapkan bahan

Bahan-bahan yang perlu kamu siapkan untuk membuat macaron adalah sebagai berikut:

  • Tepung almond 100 gram
  • Gula pasir 100 gram
  • Tepung gula 90 gram
  • Telur 2 butir
  • Plastik segitiga
  • Pewarna makanan
  • Air matang 500ml

Adapun bahan untuk isi dari macaronnya adalah sebagai berikut:

  • Butter cream atau cream cheese 50 gram
  • Gula halus 50 gram
  • Selai sesuai selera

2. Campurkan bahan-bahan yang tersedia dalam satu wadah

Jika kamu sudah menyiapkan bahan-bahan yang telah disebutkan, maka saatnya kita membuat macaron. Cara membuat macaron yang pertama adalah masukkan gula pasir dan air 50ml ke dalam panci, lalu rebus hingga mendidih.

Sembari menunggu didihan air gula, kocok putih telur sampai mengembang menggunakan alat mixer. Jika air gula sudah mendidih, masukkan ke dalam wadah yang berisi kocokan putih telur. Lanjutkan untuk mengocok adonan hingga suhu menjadi dingin dan putih telurnya menjadi mengkilat.

3. Beri Pewarna

Langkah selanjutnya adalah dengan memberi warna untuk macaronnya. Pindahkan adonan yang telah tercampur sebelumnya ke dalam wadah baru lalu masukkan pewarna makanan.

Sebagai contoh, kamu bisa menggunakan pewarna makanan merah pekat hingga tampilan seperti ini.

Twitter: penikmateh

4. Campurkan adonan dengan tepung almond

Kemudian saatnya kamu untuk menyampurkan adonan yang sudah diberi warna dengan tepung almond secara perlahan-lahan sembari diaduk hingga rata. Dalam tahap ini dibutuhkan kesabaran ekstra agar adonan yang kamu buat tidak bantet. 

5. Cetak macaron

Jika adonan sudah tercampur dengan rata kini waktunya untuk mencetak adonan menjadi macaron. Gunakan plastik segitiga untuk membentuk macaron. Letakkan adonan di atas loyang yang sudah diberi kertas masak. Sebagai tips, jangan menggunakan margarin atau minyak goreng untuk olesan loyangnya, ya!

6. Masukkan ke dalam oven

Jika sudah tercetak, diamkan selama 30 menit. Tujuannya agar bagian permukaan macaroon tidak lengket. Lalu masukkan ke dalam oven 160°c. Proses ini membutuhkan waktu selama kurang lebih 15 hingga 17 menit.

7. Angkat dan dinginkan macaron

Terakhir, angkat adonan yang sudah dipanggang lalu dinginkan. Jika sudah benar-benar dingin, saatnya kamu menambahkan selai yang sudah tercampur dengan butter cream dan gula halus untuk dijadikan isi dari macaron.

Selamat menikmati!

cara membuat macaron
Twitter: penikmateh
Baca juga:  Cara Membuat Martabak Manis, Mudah dan Low Budget!

zodiak paling pemalu

Jarang Mau Tampil dan Irit Bicara, Ini 4 Zodiak Dikenal Paling Pemalu

lipstick nude

Rekomendasi Lipstik Nude Drugstore yang Murah tapi Enggak Murahan