Resep Kastangel, Kue Kering Khas Lebaran

Gampang banget buatnya!

resep kastangel
Tribun Travel

Lebaran Idulfitri 1441 akan segera tiba. Meski lebaran tahun ini #dirumahaja, jangan sampai semangat menyambut hari raya suci ini luntur, ya! Di Indonesia, tradisi membuat kue kering khas lebaran sangat sering dijumpai. Kali ini, Wokenim akan memberikan cara dan resep membuat kastangel, kue yang wajib ada saat perayaan hari raya. Kastengel sendiri memiliki nama asli kaasstengels berasal dari kata kaas (keju) dan stengels (batangan) yang berasal dari Belanda.

Berbeda dengan Indonesia, di Belanda bentuk kastengel lebih panjang, yakni lebih dari 30 cm. Sementara di Indonesia ukurannya hanya sekitar 4 cm. Berikut resep kastangel renyah yang bisa kamu coba buat di rumah.

Resep Kue Kastangel

1. Untuk membuat resel kastangel, siapkan bahan ini:

Hal pertama yang perlu kamu lakukan sebelum membuat kue kering kastangel adalah menyiapkan bahan-bahan berikut ini:

  • Mentega/margarin 200 gram
  • Garam setengah sendok teh
  • Kuning telur 4 butir
  • Tepung Terigu 200 gram
  • Susu bubuk 50 gram
  • Keju tua 110 gram

2. Campurkan bahan

Setelah bahan telah siap, masukkan bahan pertama, yakni mentega atau margarin sebanyak 200 gram beserta garam ke dalam wadah. Kocok hingga adonan menjadi lembut.

Selanjutnya, masukkan tiga kuning telur satu per satu sembari dikocok menggunakan mixer hingga adonan menjadi lembut. Jika adonan sudah lembut, tambahkan tepung terigu, susu bubuk, dan keju tua yang telah diparut. Aduk hingga tercampur rata dan menjadi adonan yang dapat dibentuk.

Kenapa menggunakan keju tua? Alasannya karena jenis keju ini kering, kandungan airnya sedikit sehingga tidak mempengaruhi tekstur kue saat digunakan. Ada empat jenis keju yang bisa dicampurkan ke dalam adonan kastangel, yakni cream cheese yang memiliki cita rasa agak gurih, keju Edam yang rasanya lembut, sedikit asin, dan terasa seperti kacang, keju Cheddar, dan keju Gouda yang rasanya manis karamel dan gurih.

Baca juga:  Kreasi Resep Dorayaki Oreo, Mudah Dibuat dan Lembut di Mulut!

3. Cetak adonan

Jika tekstur adonan sudah bisa dibentuk, langkah selanjutnya adalah menggiling adonan melebar perlahan-lahan dengan ketebalan kurang lebih 0,5 cm. Jangan terlalu ditekan agar adonan tidak hancur. Potong adonan dengan ukuran kira-kira 1x4cm atau kamu juga bisa membentuknya sesuai selera.

4. Panggang dalam oven

Olesi permukaan adonan dengan kuning telur dan hias dengan irisan keju. Pindahkan adonan ke dalam loyang yang sudah diolesi margarin.

Terakhir, panggang adonan dengan menggunakan oven sampai matang atau selama kurang lebih 35 menit. Jika adonan sudah matang, kamu bisa manaburkan parutan keju sebagai topping.

Nah, itulah resep kastangel, kue kering khas lebaran idulfitri yang tidak boleh dilewatkan. Untuk mengetahui resep kue kering lainnya, silakan cek di sini ya!

Cara transfer pulsa

Ini Detail Cara Mudah Transfer Pulsa untuk Semua Operator Seluler di Indonesia

Syarat dan Cara Mencairkan BPJS Ketenagakerjaan Online 2020