Resep Telur Gabus Keju, Cocok untuk Camilan Keluarga Selama #Dirumahaja

Teksturnya renyah dan rasanya pun nikmat

Resep telor gabus keju
Foto: Foodizz.id

Moms, sudah mulai bingung bikin cemilan untuk keluarga di rumah? Mungkin boleh dicoba untuk membuat telur gabus keju. Soalnya, bahan-bahan yang digunakan mudah didapat dan cara pembuatan pun simpel banget, bisa dijadikan salah satu alternatif camilan keluarga selama #dirumahaja

Penasaran bagaimana resep dan cara membuat telur gabus keju yang renyah, gurih, dan praktis? Yuk, intip ulasan berikut untuk mengetahuinya!

Bahan-bahan yang Dibutuhkan

Buat kamu yang ingin makan camilan enak, tapi enggak mau ribet untuk beli bahan-bahannya, cobain buat telur gabus keju sendiri di rumah, deh! Bahan-bahannya sangat mudah didapat dan harganya pun terjangkau.

Berikut bahan-bahan yang dibutuhkan:

  • 250 gr tepung sagu
  • 100 gr keju cheddar (diparut)
  • 2 butir telur
  • 50 gr margarin
  • ¼ sdt garam
  • Minyak untuk menggoreng (secukupnya)
Baca juga:  Kumpulan Resep Makanan Hits yang Viral di TikTok

Cara Membuat Telur Gabus Keju

Bila semua bahan sudah tersedia semua, kini waktunya kita memasak. Perhatikan baik-baik langkah membuat telur gabus keju di bawah ini, ya!

  1. Siapkan blender atau copper. Masukkan keju parut, telur, margarin, dan garam ke dalamnya. Kemudian proses hingga semua bahan tercampur merata dan halus.
  2. Masukkan tepung sagu ke dalam wadah yang ukurannya agak besar dan buat lubang di tengahnya. 
  3. Tambahkan adonan telur (no 1) yg sudah dihaluskan tadi di bagian tengah tepung sagu.
  4. Aduk dengan spatula, lalu uleni dengan tangan hingga kalis dan mudah dibentuk.
  5. Ambil sedikit adonan. (Jangan terlalu besar agar kuenya kering dan renyah. Selain itu kuenya juga akan sedikit mengembang dari bentuk asli sebelum digoreng.) Letakkan di telapak tangan, kemudian gosok dengan kedua telapak tangan hingga adonan berbentuk silinder panjang dengan bagian ujungnya yang runcing (seperti cacing).
  6. Masukkan adonan yg telah dibentuk ke dalam wajan yg berisi minyak dingin (minyak dengan suhu normal yg belum dipanaskan) hingga adonan terendam.
  7. Jika telah cukup banyak adonan yg terendam minyak, hidupkan api kompor dan panaskan minyak dengan api kecil. Biarkan minyak menjadi panas dan adonan kue terlihat mengeras. Kemudian naikkan ke api sedang sampai adonan matang.
  8. Tiriskan kue yg sudah matang di atas tissue dapur dan dinginkan. 
  9. Camilan telur gabus keju siap disantap. Sebaiknya masukkan camilan ini ke dalam toples kedap udara untuk mempertahankan kerenyahannya.

Catatan Penting!

Apabila ada adonan telur gabus keju yang terlihat menumpuk, kamu bisa goyang-goyangkan wajan secara perlahan.

Usahakan untuk tidak terlalu sering mengaduk dengan menggunakan sodet saat adonan belum kering. Hal ini dapat membuat adonan pecah-pecah dan ujung runcingnya patah sehingga bentuknya tidak akan sempurna.

Selain itu, untuk menggoreng adonan setelahnya sebaiknya minyaknya dibiarkan agak dingin kembali terlebih dahulu agar hasil kuenya mulus. Minyak yg panas akan membuat kue menjadi berlubang-lubang.

Selamat mencoba resep di atas, ya!

Baca juga:  Kreasi Resep Olahan Pisang Kepok yang Legit dan Menggoyang Lidah

Lirik Not By The Moon GOT7 dan Terjemahannya

Sambut Hari Kartini, Ini 7 Drama Korea dengan Pemeran Utama Perempuan Tangguh