Saloka Theme Park: Harga Tiket & Wahana Terseru di Rekreasi Terbesar se-Jawa Tengah

Saloka Theme Park
pesona.travel

Kala liburan ke Semarang, tak ada salahnya mampir ke Saloka Theme Park. Dengan tagline “Ceria Tiada Habisnya”, Saloka Theme Park menawarkan 25 wahana untuk segala usia. Tak heran, bila taman rekreasi yang berada di antara Semarang dan Salatiga ini diklaim sebagai taman terbesar se-Jawa Tengah. 

  • Lokasi: Jl. Fatmawati No.154, Gumuksari, Lopait, Kec. Tuntang, Semarang, Jawa Tengah 5077.

Daftar Wahana Terbaik di Saloka Theme Park

Tiap wahananya dibagi berdasarkan lima zona, yakni; Zona Pesisier, Balalantar, Ararya, Kamayayi, dan Segara Prada. 

Zona Pesisir

Salah satu wahana andalan di zona pesisir adalah Bianglala Cakrawala. Pemandangan persawahan, dan gunung jadi keistimewaan yang akan diberikan kala naik kincir angin raksasa yang memiliki tinggi 33 meter ini.

Durasi naik wahana Cakrawala (ferris wheel) yakni kurang dari 15 menit, di mana tersedia 22 gondola.

Taman rekreasi saloka
Wahana cakrawala, salokapark.com

Selain ada wahana Cakrawala, di zona pesisir juga ada Lumbung Ilmu Galileo, Arena jejogedan dengan latar kapal Jenju, dan Kafe Jenju. Mari wokenim bahas detailnya:

  • Lumbung Ilmu Galileo: Berada di sini kamu akan diajak belajar sambil bermain, dengan lima zona, seperti; Zona Disaster, Zona Prasejarah, Zona Bumi, Zona Zaman Es, Zona Flora dan Fauna, Zona Tubuh Manusia, hingga Zona Antariksa.
  • Arena Jejogedan dengan latar kapal Jenju: Air mancur yang berlenggak-lenggok apik ditemani pancaran lampu laser, dan hiburan musik di hari-hari tertentu jadi sungguhan istimewa di wahana ini.
  • Kafe Jenju: Sehabis lelah bermain di wahana Saloka Theme Park, kamu bisa mampir ke Kafe Jenju untuk mencicipi menu donat dan pizza. Bertema pantai dengan interior papan kayu selancar sebagai meja membuat pengunjung seolah berada di bar-bar dekat pantai.

Zona Balalantar

Zona Balalantar juga wajib kamu datangi saat berkunjung ke Saloka Theme Park.

Di Zobna Balalantar, kumbang layang jadi salah satu wahana Saloka terseru.

Saloka theme park
Kumbang layang Saloka Theme Park, Instagram: @joddiijo

Sepeda gantung dengan ketinggian empat meter ini bisa memutar hingga 360 derajat, dengan panjang lintasan sekitar 500 meter.

Hal istimewa yang akan kamu dapatkan kala naik wahana ini adalah  melihat pemandangan gunung-gunung Jawa Tengah ditemani semilir angin dan birunya awan.

Tentunya di zona Balalantar bukan hanya wahana sepeda gantunflg saja, ada juga wahana Saloka lainnya seperti;

  • Jamur Apung: Berkeliling dengan lintasan air buatan bersama perahu jamur jadi keseruan yang ada di sini.
  • Safari Bocah: Bila di wahana Jamur Apung, pengunjung akan mengajak berkeliling di antara taman bunga dan rumah jamur dengan perahu. Lainnya di Safari Bocah, kamu akan diajak bersafari dengan kereta yang bisa diisi oleh empat anak-anak dan satu orang dewasa.
  • Adu Tangkas: Ada tiga jenis permainan di sini, dari lempar bola ke susunan piramida gelas, lempar bola ping-pong ke dalam gelas, hingga lempar bola basket ke dalam keranjang.
Wahana Adu Nyali, Instagram: @salokapark
  • Adu Nyali: Tenang ini enggak serem kok. Wahana adu nyali Saloka Theme Park ini menghadirkan cerita tentang bagaimana rumah peri diambil alih oleh Buto Ijo yang bekerja sama dengan peri jahat untuk mengusai istana Saloka dengan menangkap para peri baik.
  • Angon Ingon: Bila ajak sang buah hati, pasti ia akan senang mampir ke sini. Kebun binatang seluas 1.240 meter persegi ini punya banyak binatang yang bisa mengedukasi anak, mulai dari burung belibis, jalak bali, burung macaw, burung sun conure, merak biru, merak putih, kelinci, kuda, dan hewan lainnya.
  • Agrowisata Ijo Royo Royo: Selain mengenal hewan, pengunjung juga akan diajak untuk mengenal beberapa tanaman buah dan bunga.
Baca juga:  10 Taman di Jakarta Terbaik untuk Melepas Penat Sepulang Kerja

Zona Kamayayi

Ada tujuh wahana yang bisa kamu coba di zona Kamayayi, namun wahana terfavorit jatuh pada Kupu-kupu. Kupu-kupu di Saloka Theme Park adalah wahana sepeda gantung, di mana semakin tinggi kamu kayuh pedalnya, semakin tinggi kamu melayang. Wahana Saloka Kupu-kupu ini bisa melayang hingga 4 meter dan mampu berputar selama 2 menit.

Saloka theme park
Wahana Saloka Kupu-kupu, instagram: @salokapark

Wahana lainnya di Zona Kamayayi:

  • Polah Bocah adalah ruang bermain tertutup di Saloka Theme Park khusus untuk anak-anak 3-6 tahun. Ada 15 permainan yang bisa bikin anak-anak betah bermain di sini, seperti; Fire Station, Area Mandi Bola, Start Drawing, Prosotan, Kapal, Puzzle, Mobil tidak bergerak, Cup Putar, Sepeda, Pohon Kelapa, Kolam, Puzzle dan Piano, Ice Cream, Trampolin, dan Mobil-Mobilan.  
  • Pinguin, ini adalah permainan kano yang akan mengajak penumpangnya mengelilingi permukaan air.
  • Tata titi, ini adalah area khusus anak-anak yang berusia 5-10 tahun di mana ia bisa bermain mobil-mobilan.
  • Semprot-Semprot, sesuai nama wahananya bersiaplah untuk basah-basahan. Ini adalah wahana permainan air, di mana pengunjung akan disuruh untuk duduk di kursi yang berputar yang akan mengitari patung-patung hewan laut untuk misi ditembak.
  • Komidi Kuda Laut, permainan komidi putar ini khusus untuk anak-anak berusia maksimal 10 tahun.
  • Teka-teko, bila sebelumnya permainan khusus untuk anak-anak, permainan ini bisa dicoba dari segala umur. Permainan berbentuk teko dan cangkir raksasa ini akan mengajak kamu berputar selama 2 menit ditemani semilir angin nan sejuk.

Zona Segara Prada

Berlanjut ke wahana terbaik selanjutnya di Saloka Theme Park, ada Gonjang-ganjing. 

Gonjang-ganjing jadi salah satu wahana favorit di Zona Segara Prada. Wahana gonjang-ganjing adalah wahana arung jeram, di mana kamu harus melewati jeram sepanjang 360 meter. Seru nih!

Saloka theme park
Wahana gonjat-ganjit, Instagram: @salokapark

Selain wahana gonjang-ganjing, kamh juga wajib coba wahana berikut ini:

  • Taman Galileo: hadirkan permainan luar ruangan tabg berhubungan ilmu pengetahuan.
  • Kedai Daimami: foodcourt yang menawarkan menu ala Jepang. Makanan beef katsu dan chicken katsu jadi menu populer di sini.

Zona Araryar

Zona inilah yang benar-benar tak boleh kamu lewatkan, khususnya untuk kamu yang suka dengan permainan menegangkan dan tak takut ketinggian. Pasalnya ada dua wahana memacu adrenalin di zona Araryar Saloka Theme Park ini, yakni Paku Bumi dan Bengak-bengok.

Di Paku Bumi, kamu akan diajak untuk merasakan sensasi dijatuhkan dan ditarik ke ketinggian 38 meter. 

Sementara di Bengak-bengok, pengunjung akan diajak melaju maju-mundur, berputar di atas rel lingkaran.

Obat Abit, Instagram: @Salokapark

Ada juga wahana seru lainnya seperti Kolam Bebek, Senggal-senggol, Obat Abit, Rimba Cafe dan Lika-liku.

Harga Tiket Saloka Theme Park

  • Harga Tiket Saloka Theme Park:
    • Senin-Jumat: Rp115.000
    • Sabtu-Minggu/Libur nasional: Rp145.000
    • Tiket gratis untuk anak berusia di bawah 2 tahun.
Baca juga:  8 Tempat Wisata di Indonesia yang Bakal Ngehits 2020

Wahana seru lainnya cek Woke.id ya!

cara buka tabungan emas di pegadaian, tokopedia, dan antam

Panduan Cara Buka Tabungan Emas di Pegadaian, Antam, dan Tokopedia

Filter Instagram

Daftar Pembuat Filter Instagram Interaktif yang Harus Difollow