3 Portal Online Penyedia Simulasi Tes CPNS 2021, Gratis!

Langsung ketahuan hasilnya, lho!

Simulasi soal tes CPNS 2019 2021
Foto: Bekraf

Pemerintah berencana membuka kembali penerimaan Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2021. Mengutip dalam laman Tempo, diperkirakan tes SKD CPNS akan berlangsung pada Juli hingga Oktober 2021. Nah, sembari menunggu jadwal tes SKD keluar dari instansi yang kamu lamar, ada baiknya kamu memperbanyak latihan soal CPNS. Tak perlu khawatir akan merogoh kocek terlalu dalam, sebab Wokemin sudah menghimpun sejumlah website online penyedia simulasi tes CPNS 2021 yang gratis.

Apa saja? Yuk, simak rekomendasinya di bawah ini. 

Simulasi CPNS Online 2021

Salah satu tips sukses lolos SKD CPNS adalah dengan banyak berlatih soal. Berkaca dari tahun-tahun sebelumnya, biasanya soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun.

Perlu kamu pahami bahwa pelaksanaan tes SKD CPNS sendiri menggunakan sistem CAT, alias Computer Assisted Test. Kamu bisa berlatih soal SKD berbasis CAT dari berbagai sumber, salah satunya portal online. 

Nah, guna memudahkan kamu belajar, berikut beberapa portal online penyedia simulasi tes SKD untuk CPNS 2021:

1. Pintaria

Salah satu portal online yang menyediakan simulasi tes SKD CPNS 2021 secara gratis adalah Pintaria.com, yang diselenggarakan oleh HarukaEDU . Pintaria merupakan portal pendidikan berbasis online yang menyediakan berbagai macam produk kuliah S1/S2 dengan metode blended learning dan program kursus online gratis maupun berbayar. 

Untuk kebutuhan peserta CPNS, Pintaria menyediakan tiga paket simulasi soal tes SKD berbasis CAT. Setiap paket simulasi soal CPNS ini terdiri dari tiga kategori soal, yaitu Tes Intelegensi Umum (TIU), Tes Wawasan Kebangsaan (TWK), dan Tes Karakteristik Pribadi (TKP). 

Untuk mendapatkan layanan gratis ini, kamu hanya perlu mendaftar langsung di website atau aplikasi Pintaria. Pastikan kamu memasukan data diri dengan benar dan jelas untuk memudahkan proses verifikasi.

Setelah proses tersebut selesai, kamu bisa menikmati layanan simulasi tes SKD online berbasis CAT secara gratis kapan pun dan di mana pun kam mau. Mudah bukan? Jadi, jangan ada alasan belum belajar, ya!

2. Simulasi CAT BKN

Ada kabar baik bagi kamu yang ingin belajar mengerjakan soal-soal tes SKD CPNS. Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan portal online simulasi tes SKD CPNS 2021 berbasis  CAT. Untuk mengaksesnya, kamu cukup mendaftar di alamat website http://cat.bkn.go.id/.

Kamu cukup mengisi form pendaftaran dan melakukan verifikasi email. Pastikan email yang kamu tulis aktif untuk memudahkan proses verifikasi. Dalam simulasi CAT CPNS, BKN menyediakan soal TKP sebanyak 35, TWK 30, dan TIU 35. Kamu harus mengerjakan semua soal tersebut dalam kurun waktu 90 menit.

Soal tes SKD dalam simulasi CAT BKN aka ditampilkan satu demi satu. Maksudnya, setiap satu butir soal akan disajikan dalam satu laman. 

Setelah semua soal terjawab klik tombol SELESAI UJIAN. Bila sekiranya kamu ingin kembali ke lembar kerja, cukup klik TIDAK. Sementara bila kamu sudah yakin dengan semua jawabannya, klik YA untuk menuju ke laman hasil simulasi CAT CPNS online. 

Jika nilai hasil simulasi CAT kurang dari passing grade atau ambang batas, maka kamu tidak lulus SKD. Namun, tak perlu khawatir. Sebab, kamu dapat mengulang simulasi tesnya kembali di portal online CAT BKN sampai nilai kamu melampaui passing grade. 

Baca juga:  Simak Baik-baik, Ini Passing Grade Tes SKD CPNS Tahun 2019

3. Arkademi

Tingkatkan peluang kamu lulus tes SKD CPNS dengan ikutan simulasi CAT online yang disediakan oleh Arkademi.

Arkademi adalah startup edukasi yang menyediakan pembelajaran berbasis keahlian yang diselenggarakan melalui kelas belajar dan kursus online. Kamu bisa mengakses Arkademi melalui web atau mobile app dengan cara yang sangat mudah. 

Arkademi mobile app dapat diunduh di Play Store atau App Store, sesuaikan dengan jenis ponsel yang kamu miliki. Simulasi tes SKD CPNS yang diselenggarakan oleh portal online Arkademi dapat diikuti secara gratis tanpa ada batasan waktu untuk mengaksesnya. 

Soal-soal yang disediakan Arkademi berasal dari sumber-sumber yang relevan, mengacu pada tipe-tipe soal CPNS tahu-tahun sebelumnya. Jumlah soalnya pun berlimpah.

Diperkirakan ada ratusan soal yang dikumpulkan ke dalam bank data ada jumlahnya ini pun akan terus ditambah dari waktu ke waktu. Dengan begitu, kamu bisa terus berlatih soal yang berbeda setiap harinya. 

Baca juga:  Tinggal Menghitung Hari, Ini 7 Tips Sukses Lolos Tes SKD CPNS

lirik lagu M.I.A afgan jackson

Lirik Lagu M.I.A Afgan Featuring Jackson Wang GOT7 Terjemahan

lirik lagu going dumb stray kids terjemahan

Lirik Lagu Going Dumb Alesso, Stray Kids & CORSAK Terjemahan