Situ Patenggang, Wisata Penuh Legenda di Ciwidey Bandung

wisata situ patenggang ciwidey bandung
IG: @miqbalfp

Di Bandung Barat, tepatnya di daerah Ciwidey, ada tempat yang sangat populer di kalangan wisatawan. Apalagi kalau bukan Situ Patenggang, wisata alam yang memiliki pemandangan sangat cantik. Dengan luas 123.077 hektar, dikelilingi kebun teh Ranca Bali, Situ Patenggang menjadi salah satu wisata alam favorit di Bandung.

Tak heran bila danau yang berada di ketinggian 1.600 mdpl ini tidak pernah sepi pengunjung. Selain terkenal dengan pemandangan alam yang memanjakan mata, Situ Patenggang juga terkenal dengan wisata yang penuh legenda.

Apa saja yang menarik di Situ Patenggang? Berikut ulasan lengkap mengenai sejarah, fasilitas, alamat, hingga harga tiket masuk Situ Patenggang.

Sejarah Situ Patenggang

Alkisah, ada dua muda-mudi yang dilanda asmara yang luar bisa. Keduanta saling mencintai hingga dimabuk cintanya sendiri, mereka adalah Ki Santang dan Dewi Rengganis, putra sang prabu dan putri titisan Dewi.

Ki Santang adalah keponakan dari raja Padjajaran Prabu Siliwangi, sedangkan Dewi Rengganis adalah perempuan desa yang hidup di bawah pegunungan. Cinta mereka sangat kuat namun terhalang oleh jarak dan waktu.

Setelah mereka terpisah sekian lama, akhirnya bertemu di sebuah batu besar di pulau Sasuka lalu memadu janji. Dewi Rengganis meminta satu permohona kepada kekasihnya untuk membuat danau dan satu perahu untuk dinaiki berdua. Lalu terbentuklah Situ Patenggang.

Kisah tersebut sangat populer di masyarakat Jawa Barat khusunya Bandung. Kalau datang ke Situ Patenggang, kurang lengkap jika tidak singgah ke pulau Sasuka atau dalam bahasa Indonesia Pulau Asmara.

Wisata di Situ Patenggang

wisata situ patenggang
IG:@abibun

Selain terkenal dengan Legedanya, Situ Patenggang punya beberapa daya tarik yang lain terutama wisata alamnya. Banyak tempat yang bisa kamu coba, sangat cocok untuk memanjakan mata.

Paling terkenal tentu saja Pinisi Resto. Tempat makan dengan konsep yang unik, sebuah perahu besar terdampar di pinggir danau Situ Patenggang. Di tempat ini, kamu bisa dengan jelas melihat jernihnya air Situ dan rimbun pohon yang asri.

Tersedia banyak pilihan makanan untuk kamu nikmati sambil bersantai. Ada juga jembatan gantung Situ Patenggang yang sangat menarik untuk menjadi spot foto.

Kamu juga bisa menikmati keindahan danau Situ Patenggang dengan naik perahu sewaan untuk berkeliling ke setiap sudut danau.

 Penginapan di Situ Patenggang

wisata situ patenggang ciwidey bandung
IG: @adityagusetyawan

Buat kamu yang mau berlibur cukup lama di Situ Patenggang, ada beberapa alternatif penginapan yang murah di dekat Situ Patenggang.

Mulai dari kamar, homestay dan villa bisa kamu pilih tergantung kebutuhan. Harganya pn cukup variatif, sangat disarankan untuk sewa penginapan di Situ Patenggang supaya liburanmu semakin asyik.

Ada penginapan khusus berada tepat di wisata Situ Patenggang, yaitu Glamping Lakeside. Tersedia beberapa jenis penginapan di tempat ini, salah satu yang paling murah yaitu Keong Tent Resort dengan harga Rp1.140.000 permalam dengan kapasitas 5 orang tamu.

Atau kamu bisa mendapatkan penginapan dekat Situ Patenggan dengan harga Rp300.000 hingga Rp700.000 dalam bentuk homestay. Sangat murah bukan?

Harga Tiket Masuk dan Lokasi Situ Patenggang

Harga tiket masuk Situ Patenggang cukup murah. Dengan biaya Rp25.000 kamu sudah bisa menikmati keindahan alam yang luar biasa dan danau yang penuh legenda.

Jam buka Situ Patenggang setiap hari dari pagi hingga sore, tepatnya pukul 09.00 hingga 17.00 WIB.

Sementara untuk alamat lengkap Situ Patenggang yaitu: Pantengan, Ranca Bali, Bandung, Jawa Barat.

Wisata Situ Patenggang sangat cocok untuk berlibur bersama keluarga atau sahabat. Jika datang ke situ Patenggang, jangan lupa menerapkan protokol kesehatan ya!

Baca juga:  Tempat Makan Enak dan Murah Dekat Stasiun Bandung yang Ratingnya Tinggi

seoul music awards 2021

Seoul Music Awards 2021: Link Nonton Streaming & Download Gratis

bts album terbaru

Hore! Album BE (Essential Edition) BTS Bakal Rilis Februari 2021