Syarat & Cara Dapat Bantuan Subsidi Gaji Pekerja Rp2,4 Juta

Cek detailnya, ya!

bantuan subsidi gaji
ANTARA FOTO - M Risyal Hidayat

Bantuan subsidi gaji dari pemerintah senilai Rp2,4 juta akan diberikan kepada karyawan yang terdaftar aktif sebagai peserta BPJS Ketenagakerjaan atau BP Jamsostek, yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta per bulan.

Bantuan pemerintah senilai Rp2,4 juta yang diberikan selama 4 (empat) bulan ini merupakan program stimulus yang dibuat Tim Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN), Kemenaker, Kemenkeu dan BP Jamsostek, yang ditargetkan akan dimulai September 2020.

Perlu diketahui, bahwa BLT (Bantuan Langsung Tunai) senilai Rp600.000 per bulan ini atau Rp2,4 selama 4 (empat) bulan hanya untuk karyawan swasta tidak termasuk pegawai BUMN. Untuk lebih detailnya, berikut syarat dapat bantuan pemerintah Rp2,4 juta per empat bulan:

Syarat Dapat Bantuan Subsidi Gaji dari Pemerintah Rp600 Ribu

Untuk mendapatkan bantuan dari pemerintah ini, kamu harus memenuhi syarat berikut ini:

  1. Warga Negara Indonesia (WNI) yang dibuktikan dengan NIK (Nomor Induk Kependudukan)
  2. Terdaftar aktif sebagai peserta BPJS TK (BPJS Ketenagakerjaan) sampai dengan Juni 2020
  3. Peserta yang membayar iuran dengan besaran iuran yang dihitung berdasarkan upah di bawah Rp5.000.000, sesuai dengan data yang dilaporkan oleh pemberi kerja kepada BPJSTK.
  4. Bukan karyawan di BUMN, lembaga negara, atau instansi pemerintah
  5. Memiliki rekening bank yang aktif
  6. Tidak termasuk dalam peserta penerima manfaat program kartu pra kerja

Menurut Menteri Ketenagakerjaan, Ida Fauziyah dilansir dari tempo.co (11/8), alasan pemerintah menggunakan data BPJS Ketenagakerjaan agar bantuan pemerintah tepat sasaran. Saat ini,  jumlah karyawan swasta yang memiliki gaji di bawah Rp5 juta sebanyak 13,8 juta pekerja. Data ini berasal dari BPJS Ketenagakerjaan yang akan terus divalidasi untuk memastikan tepat sasaran dan meminimalkan terjadinya duplikasi.

Nantinya, bantuan subsidi gaji dari pemerintah ini akan diberikan selama empat bulan senilai Rp600 ribu per orang, atau tiap orang bisa mendapatkan Rp2,4 juta. Soal pencairan bantuan pemerintah subsidi gaji ini akan ditransfer 2 (dua) bulan sekaligus sebanyak 2 (dua) kali.

Pemerintah berharap subsidi ini dapat menjaga daya beli dan kesejahteraan pekerja yang terdampak Covid-19. Untuk bantuan subsidi gaji ini, pemerintah telah menyiapkan program sebesar Rp31 triliun sampai Rp33 triliun.

Menurut Agus Susanto, Direktur Utama BPJS Ketenagakerjaan dilansir dari Kompas.com (11/8), bantuan penerima subsidi upah ini merupakan nilai tambah bagi pekerja yang terdaftar sebagai peserta aktif di BP Jamsostek, selain mendapatkan perlindungan dari risiko kerja dalam bentuk Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK), Jaminan Hari Tua (JHT), Jaminan Kematian (JKm), dan Jaminan Pensiun (JP),

Cara Karyawan Dapat Bantuan Pemerintah Sebesar Rp2,4 Juta

bantuan subsidi gaji pekerja
Twitter: BPJSTKinfo

Sayangnya, perihal cara mendapatkan bantuan subsidi upah ini belum ada informasi lebih lanjut. Dilansir dari cuitan media sosial BPJSTKinfo tertulis bila saat ini sedang dalam penyusunan langkah teknis.

Baca juga:  Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online 2020 Gelombang 10, Insentif Rp3,5 Juta

lirik when we disco

Lirik Lagu When We Disco JY. Park Feat Sunmi dan Terjemahannya

syarat karyawan swasta status kontrak dapat bantuan Rp600 ribu per bulan

Karyawan Kontrak Juga Dapat Bantuan Rp600 Ribu/Bulan, Ini Syaratnya