7 Tempat Wisata di Berastagi yang Wajib Banget Kamu Kunjungi

Instagram: @barrykusuma

Bila kamu berkunjung ke Medan, sempatkan diri untuk mampir ke Berastagi. Berastagi merupakan salah satu kota yang berada di Kabupaten Karo, Sumatera Utara. Kota terbesar kedua di Dataran Tinggi Karo setelah Kota Kabanjahe ini menyimpan banyak potensi wisata alam yang sayang untuk dilewatkan, lho! Lantas, apa saja tempat wisata di Berastagi yang wajib dikunjungi? Yuk, simak daftar lengkapnya di bawah ini.

Rekomendasi Tempat Wisata di Kota Berastagi

Berastagi adalah salah satu kota di Sumatera Utara yang berhawa sejuk. Diapit oleh dua gunung aktif yaitu, Gunung Sinabung dan Gunung Sibayak, keindahan alam kota Berastagi tentu tak perlu diragukan lagi.

Kota ini hanya berjarak sekitar 66 kilometer (kira-kira 2 jam) dari kota Medan. Kamu bisa menggunakan kendaraan pribadi atau transportasi publik seperti bus dan taksi untuk menikmati keindahan alam kota Berastagi.

Sepanjang perjalanan menuju kota Berastagi, kamu akan disuguhi pemandangan pegunungan yang berkelok-kelok dan menanjak. Maka dari itu, Wokenim sarankan untuk bawa obat anti mabuk supaya kamu enggak mual selama di perjalanan.

Tanpa panjang lebar, berikut berbagai tempat wisata di sekitar Kota Berastagi yang punya panorama indah dan menyegarkan mata.

Baca juga:  Diskon & Promo Imlek 2020: Makanan, Pakaian hingga Wisata

1.  Taman Alam Lumbini Berastagi

Foto: blog.airyrooms

Tak perlu jauh-jauh menyambangi Myanmar untuk melihat Pagoda Emas Yangon. Pasalnya, Berastagi memiliki tempat wisata Taman Alam Lumbini, yang merupakan replika dari Pagoda Shwedagon yang ada di Burma, Myanmar.

Pagoda ini berdiri di atas lahan sekitar 3 hektar yang memiliki ketinggian 46,8 meter serta panjang dan lebar sekitar 68 meter. Usut punya usut, MURI menobatkan Taman Alam Lumbini sebagai Pagoda tertinggi dan terindah yang ada di Indonesia, lho!

Kemegahan dan kemewahan Pagoda di Taman Alam Lumbini ini terlihat karena bangunannya diselimuti cat berwarna emas yang sangat cerah. Selain bangunan Pagoda yang megah, di komplek tempat wisata ini juga terdapat hamparan taman yang indah.

Jadi, kalau kamu ke Berastagi jangan sampai lupa untuk mampir ke sini, ya!

Lokasi: Barus Jahe, Brastagi, Dolat Rayat, Kabanjahe, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

2. Bukit Kubu Berastagi

foto: Travellink Indonesia

Bukit Kubu merupakan salah satu tempat wisata populer dan tersohor di Berastagi. Seperti namanya, Bukit Kubu berada di daerah perbukitan dan memiliki padang rumput yang luas, bersih, dan sangat tertata.

Di sini kamu dapat bermain layangan, flying fox, naik delman, berkendara dengan mobil remote control, atau sekadar berlarian ke sana kemari menikmati hamparan padang rumput yang luas.

Tempat wisata satu ini sangat cocok untuk bersantai atau berpiknik bersama keluarga.

Lokasi: Jl. Letjen Jamin Ginting, Gundaling II, Berastagi, Sempajaya, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara

3. Kebun Raya Tongkoh

foto: Travellink Indonesia

Kalau ingin mencari tempat wisata yang asri dan adem untuk menghirup udara segar di Berastagi, kamu dapat berkunjung ke Kebun Raya Tongkoh.

Kebun Raya Tongkoh dipenuhi dengan pohon-pohon yang rindang dan menjulang tinggi, membuat siapa pun betah untuk berlama-lama di sana. Di tempat ini pun terdapat perkebunan hortikultura yang ditanami berbagai macam buah dan sayur-sayuran. Ada tiga jenis buah yang jadi primadona di tempat wisata satu ini, yaitu markisa, stroberi, dan jeruk.

Yang menarik, pengelolanya pun mengizinkan para pengunjung untuk memtik buah-buahan yang tersedia di sana, lho! Kapan lagi dapat merasakan pengalaman memetik buah langsung dari pohonnya?

Lokasi: Desa Tongkoh, Kecamatan Dolat Rakyat, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

4. Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk

tempat wisata di berastagi
foto: indonesia.go.id

Kawasan wisata alam terbaik lainnya yang cocok untuk melepas penat di Berastagi adalah Pemandian Air Panas Sidebuk-debuk yang mata airnya bersumber dari kaki Gunung Sibayak.

Tempat wisata ini hampir selalu selalu ramai dikunjungi wisatawan, terutama menjelang malam hari dan pagi dini hari.

Tak perlu khawatir enggak kebagian tempat untuk berendam air panas di Pemandian Sidebuk-debuk. Pasalnya, di kawasan tersebut terdapat puluhan tempat pemandian yang buka setiap hari selama 24 jam non-stop.

Lokasi: Daulu, Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Barat.

5. Funland Mickey Holiday Berastagi

tempat wisata di berastagi
foto: Travellink Indonesia

Jika Jakarta punya wahana permainan Dufan, maka Berastagi punya Funland Mickey Holiday. Bila kamu senang dengan permainan yang memicu adrenalin dan ingin melampiaskan penat dengan cara jerit-jeritan, berkunjung ke Funland Mickey Holiday adalah pilihan yang pas.

Tempat wisata di Berastagi satu ini merupakan area rekreasi yang memiliki lebih dari 30 macam wahana permainan. Kamu bisa mengajak keluarga, pasangan, serta sahabat untuk melepas penat di sini dengan mencoba berbagai macam permainan yang seru dan tentunya menyenangkan.

Beberapa wahana yang paling terkenal dan wajib kamu coba adalah Dino Tracker serta Jurassic Tree. 

Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Sempajaya, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

6. Danau Lau Kawar

tempat wisata di berastagi

Selain Danau Toba, Sumatera Utara juga punya danau cantik yang sayang untuk dilewatkan. Namanya Danau Lau Kawar, letaknya di kaki Gunung Sinabung.

Untuk menuju danau ini, kamu harus menempuh perjalanan sekitar 50 menit dari pusat Kota Berastagi. Meski harus menempuh perjalanan yang agak lama, tapi dijamin kamu akan tidak akan menyesal berkunjung ke sini!

Sesampainya di lokasi, kamu akan disambut dengan udara sejuk dan keindahan pemandangan yang memanjakan mata. Ya, Danau Lau Kawar akan membius siapa pun yang datang ke sana dengan airnya yang tenang dan berwarna kehijauan.

Pepohonan yang rimbun di sekitar danau juga semakin membuat tempat wisata di Berastagi ini terasa begitu indah dan mempesona.

Lokasi: Desa Kuta Gugung, Kecamatan Naman Teran, Kabupaten Karo, Sumatera Utara.

7. Bukit Gundaling

tempat wisata di berastagi
Instagram: @hana_rha

Objek wisata lainnya yang wajib kamu kunjungi ketika ke Berastagi adalah Bukit Gundaling. Berhubung lokasinya berada di puncak ketinggian, kamu bisa melihat keindahan alam sambil menikmati udara Berastagi yang menyegarkan. Menariknya lagi, jika cuaca sedang bersahabat, objek wisata ini bisa jadi spot yang tepat untuk melihat momen sunsrise dan sunset. 

Wisata ini berjarak kurang lebih 3 km dari pusat kota Berastagi. Jangan kaget ketika kamu bertemu dengan banyak wisatawan asing di sini. Pasalnya, Bukit Gundaling merupakan salah satu objek wisata populer bagi turis-turis asing ketika berkunjung ke Medan maupun Berastagi.

Lokasi: Jl. Jamin Ginting, Gundaling I, Kec. Berastagi, Kabupaten Karo, Sumatera Utara 22153

Baca juga:  10 Tempat Wisata Batu Malang Terpopuler 2020

comeback februari 2020

Deretan Group K-Pop yang Comeback Februari 2020

gigi bryant

Kenapa Kobe Bryant Sering Menggunakan Helikopter untuk Bepergian?