5 Destinasi Alam yang Wajib Dikunjungi di Cianjur, Bikin Mata Adem!

Yang kangen lihat hijau-hijau~

tempat wisata di cianjur
IG: @_kopites_man

Kini Cianjur menjadi salah satu kota yang dicari oleh masyarakat untuk berlibur karena banyak tempat wisata alam yang tersembunyi di sana. Selain daerahnya yang tidak terlalu jauh dari Ibu kota, destinasi di kota ini pun tidak menggocek kantong alias murah banget. Penasaran?

Berikut rekomendasi destinasi tempat wisata alam yang harus kamu coba ketika berkunjung ke Cianjur.

Rekomendasi Tempat Wisata Alam di Cianjur

1. Curug Ngebul

Beberapa waktu lalu, tengah viral di media media salah satu tempat wisata alam yang luar biasa indah di wilayah Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Adalah Air Terjun (Curug) Ngebul, yang sudah tidak asing di telinga masyarakat Sunda. Dinamakan Ngebul karena air yang meluncur deras dari ketinggian menimbulkan tempias air yang menyerupai asap.

Curug Ngebul buka setiap hari mulai pukul 07-00 sampai 17.00 WIB. Area sekitarnya juga memiliki area kemah dan beberapa penginapan. Disarankan untuk tidak berangkat sore atau malam, mengingat akses yang belum memadai dan jalan yang sepi.

  • Lokasi: Bunijaya, Pagelaran, Cianjur, Jawa Barat.
  • Tiket: Rp7.500;
Baca juga:  Mengulik Pesona Eling Bening, Objek Wisata di Atas Awan Semarang yang Menawan

2. Gunung Padang

tempat wisata di cianjur
Istockphoto/uskarp

Bagi kamu yang menyukai sejarah, kamu wajib berkunjung ke tempat wisata alam Gunung Padang di Cianjur. Situs Gunung Padang adalah warisan megalitis terbesar di Asia. Luasnya yang mencapai 900 meter mengalahkan piramida di Mesir, lho! Selain menguak sisi sejarah, di sini kamu juga akan disuguhkan pemandangan alam yang luar biasa indah.

  • Lokasi: Kp. Gunung Padang, Cempaka, Cianjur, Jawa Barat.
  • Tiket: Rp5.000;

3. Curug Citambur

tempat wisata di cianjur
IG: @gilang7ilham

Ada yang menyematkan julukan “Negeri Seribu Curug” bagi Cianjur, salah satu kota di Jawa Barat. Meski jumlahnya tidak seakurat itu, Curug di Cianjur selalu menyajikan pemandangan yang luar biasa. Curug Citambur yang tak kalah “romantis” dengan Curug Ngebul.

Di sini, kamu akan disajikan dengan pemandangan yang indah nan memanjakan mata. Tingginya air terjun, pepohonan hijau, air yang jernih dan udara yang sehat akan membuat kamu tidak ingin cepat-cepat untuk pulang.

Akses ke curug ini lumayan menantang, sangat disarankan untuk tidak datang saat hujan.

  • Lokasi: Karangjaya, Pasirkuda, Cianjur, Jawa Barat.
  • Tiket: Rp10.000;
Baca juga:  3 Rekomendasi Wisata Banyuwangi yang Wajib Dikunjungi

4. Mandalawangi Camping Ground Cibodas

Bagi kamu yang senang dengan kegiatan outdoor, berkemah di area Mandalawangi Cibodas bisa menjadi pilihan selanjutnya. Tempatnya yang luas, fasilitas lengkap, dan udaranya yang sejuk akan memanjakanmu selama di sana. Kamu bisa berkemah bersama keluarga, teman, atau mengadakan gathering bersama rekan-rekan kantor.

Akses yang cukup bagus memudahkan wisatawan dari berbagai daerah, terutama Jakarta. Di sini, kamu juga bisa mengunjungi dan berkeliling taman Cibodas karena berdekatan, atau menikmati keindahan Curug Cibeureum yang ada di Taman Nasional Gunung Gede Pangrango dengan menempuh perjalanan selama 2 jam.

  • Lokasi: Jl. Raya Cibodas, Cimacan, Cipanas, Kabupaten Cianjur Jawa Barat.
  • Tiket Camp: Rp24.000; ( Weekday ), Rp29.000; ( Weekend )

5. Gunung Baud

Tempat wisata di Cianjur ini sangat cocok untuk kalian yang senang dengan petualangan di alam. Gunung Baud terletak di perbatasan Cipanas dan Bogor arah Puncak Dua.

Untuk sampai puncak, kamu memerlukan waktu sekitar 4-5 jam perjalanan dengan mendaki. Jalanan terjal dan hutan hijau, serta belum ada jalur resmi akan membuat perjalanan semakin menantang. Meski begitu, perjalanan panjang yang kamu lalui akan terbayar lunas dengan keindahan ketika sampai di puncak gunung.

Namun, puncak gunung yang tidak begitu luas membuat kamu harus lebih berhati-hati. Area berkemah di atas hanya berkapasitas 2-3 tenda saja. Kamu tidak perlu membayar uang masuk atau porter, karena belum ada pengelola resmi dari destinasi ini. Kamu pun bisa menitipkan kendaraan di warung-warung sekitar di bawah kaki gunung.

  • Lokasi: Batulawang, Kec. Cipanas, Cianjur, Jawa Barat.
Baca juga:  Eksplor Mojokerto, Kota dengan Banyak Destinasi Wisata Menarik

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

cara menempel materai

5 Cara Unik Menempelkan Materai Selain dengan Lem Kertas

7 Kekurangan Mobil Listrik yang Wajib Diketahui Sebelum Beli