Rekomendasi Tempat Wisata di Jakarta yang Hits dan Murah

Tempat wisata murah di jakarta

Jakarta identik dengan gedung-gedung yang menjulang tinggi dan mall-mall yang menjamur di mana-mana. Padahal kalau ditelusuri lebih jauh, kota megapolitan satu ini menyuguhkan banyak sekali tempat wisata yang tidak hanya menarik, tapi juga murah meriah, lho! Nah, kalau kamu sedang jenuh dengan rutinitas kantor dan cuma punya waktu libur yang pendek, berkunjung ke sejumlah tempat wisata di Jakarta di bawah ini mungkin bisa jadi sarana melepas penat yang tepat!

Tempat Wisata di Jakarta yang Murah Meriah dan Wajib Dikunjungi

1. Kalijodo

tempat wisata di jakarta kalijodo
Antara/Aprillio Akbar

Siapa sangka, tempat yang semula menjadi kawasan prostitusi dan judi selama puluhan tahun kini berubah total menjadi area wisata di Jakarta yang murah dan nyaman. Pemkot DKI Jakarta menjadikan Kalijodo sebagai Ruang Publik Terpadu Ramah Anak (RPTRA).

Berlokasi di Jalan Kepanduan II, Kelurahan Angke, Kecamatan Tambora, Jakarta Barat, Kalijodo dilengkapi dengan aneka fasilitas yang sangat lengkap. Kamu bisa main skateboard, BMX, futsal, badminton, voli hingga sekadar sepedahan santai di sini.

Bahkan, tempat wisata di Jakarta ini juga menyediakan perpustakan gratis yang difungsikan untuk meningkatkan minat baca pengunjung, terutama anak-anak.

Ketika berkunjung di malam hari, kamu akan menemukan banyak jajanan yang enak-enak dan beragam wahana permainan yang mengasyikan, mirip pasar malam.

2. Monas

tempat wisata di jakarta monas
Foto:Ist

Monas merupakan salah satu tempat wisata di Jakarta yang wajib disambangi setidak sekali dalam hidup kamu! Kenapa? Ikon kota Jakarta ini selain murah juga menawarkan pemandangan yang luar biasa indah, terutama kalau dikunjungi pada sore menuju malam hari.

Ketik berkunjung ke Monas, jangan hanya bermain ke area taman, pelataran, atau bagian cawannya saja. Cobalah untuk naik ke atas Monas. Untuk mencapai puncak Monas, kamu cukup merogoh kocek sebesar sepuluh ribu rupiah untuk orang dewasa dan dua ribu rupiah untuk anak-anak.

3. Planetarium

planetarium jakarta
ESO/P. Horálek

Ketimbang menghabiskan uang dengan berbelanja di mall, perkayalah pengetahuanmu soal dunia perbintangan dan antariksa dengan berkunjung ke Planetarium.

Berlokasi di Jalan Cikini Raya, No. 73, Jakarta Pusat, tempat wisata edukasi di menawarkan sejumlah fasilitas. Mulai dari pertunjukan teater bintang, obeservatorium menggunakan teleskop untuk melihat bulan dan planet  lebih dekat, serta pameran benda-benda langit lainnya.

Tak perlu takut kantong jebol, sebab tarif berkunjung ke Planetarium sangatlah terjangkau. Bayangkan dengan pengalaman edukasi yang menakjubkan tersebut, kamu cuma butuh merogok kocek sebesar dua belas ribu rupiah saja. Sedangkan khusus anak-anak biayanya hanya tujuh ribu rupiah.

Hmm… murah bukan? Ayok tunggu apa lagi, segera berkunjung ke tempat wisata satu ini, ya!

4. Kota Tua

kota tua
KOMPAS.com/KristiantoPurnomo

Rekomendasi tempat wisata di Jakarta lainnya adalah Kota Tua. Kota Tua jadi salah satu tempat bersejarah yang dikelilingi banyak museum.

Museum yang masuk dalam kompleks wisata Kota Tua adalah Museum Fatahillah, Museum Wayang, Museum Bank Mandiri, Museum Bank Indonesia, Museum Bahari, serta Museum Seni Rupa dan Keramik.

Oh iya, biar afdol, jangan lupa berkeliling kawasan Kota Tua dengan sepeda onthel ya. Kalau sudah lelah mengayuh sepeda, beristirahatlah di Kali Besar.

Habiskan waktu kamu untuk duduk sekadar bengong atau menikmati suasana di sekitar area tersebut.

5. Petak Sembilan Glodok

tempat wisata di jakarta petak sembilan
Pegipegi

Penasaran dengan wisata pecinan di Jakarta? Coba sambangi Petak Sembilan yang ada di Glodok.

Pasar Petak Sembilan adalah pasar tradisional yang di dalamnya tidak hanya menjual kebutuhan sehari-hari, tapi juga menjual atribut yang sangat kental dengan budaya Tionghoa. Selain kental dengan nuansa Tionghoa yang khas, tempat wisata di Jakarta satu ini juga kaya akan sejarah.

Ketika berkunjung ke tempat ini, jangan lupa mampir ke vihara tertua di Jakarta, yaitu Vihara Dharma Bahati. Setelahnya, icip juga Es Kopo Tak Kie, yang merupakan salah satu kedai es kopi paling terkenal seantero Jakarta.

Selain karena sudah berdiri sejak 1927, rasa kopinya pun tak perlu diragukan lagi karena sudah jelas enak.

6. Taman Margasatwa Ragunan

ragunan
Antara/Aprillio Akbar

Malas panas-panasan dan butuh yang adem-adem? Tenang, Jakarta juga punya tempat wisata yang teduh dan asri, lho! Yap! Mana lagi kalau bukan Taman Margasatwa Ragunan.

Terletak di kawasan Jakarta Selatan, Ragunan menjadi tempat wisata strategis dan mudah diakes. Biaya masuknya pun sangat murah. Cukup siakan uang sebanyak empat ribu rupiah untuk orang dewasa dan tiga ribu rupiah untuk anak-anak, kamu sudah bisa melihat beragam satwa unik dan menggemaskan di sana. Kamu pun bisa melihat antraksi binatang, sewa sepeda, naik kereta wisata, dan berbagai fasilitas menarik lainnya.

Ssst, supaya lebih hemat, bawa bekal sendiri di rumah, ya! Jangan lupa bawa tikar jika kamu ingin beristirahat di bawah pohon yang rindang. 

Baca juga:  Lirik Lagu Boom Lay EXO Romanji dan Terjemahan

7 Jas Hujan Terbaik dari Brand Lokal dengan Desain Kekinian

dr. romantic 2

5 Alasan Mengapa Harus Menonton Drama Korea Dr. Romantic 2