Ternyata Ini Manfaat Nonton Film Horor

Ternyata ada banyak loh!

nonton film horor
freepik.com

Apakah kamu hobi nonton film horor? Meski menonton film horor menakutkan dan kerap kali membuat kaget, pasti kamu yang suka film horor tetap saja sulit beralih ke genre film lain. Tahukah kamu? Ternyata, nonton film horor memiliki banyak manfaat lho. Ini dia manfaat nonton film horor.

Baik untuk Kesehatan Otak

Ketika menonton film horor, otak akan melepaskan zat dopamin, serotonin dan glutamat. Dopamin adalah senyawa trasmitter yang berfungsi untuk menyampaikan rangsangan dari otak ke seluruh tubuh. Dopamin juga dikenal sebagai hormon pengendali emosi. Serotonin adalah hormon yang memberikan perasaan senang dan nyaman. Ketiga zat inilah yang kemudian memicu otak untuk melepaskan adrenalin yang dikenal sebagai pusat stress dan kecemasan. Maka itu, pernahkah kamu menyadari ketika selesai menonton film, kamu akan merasa lemas dan seperti kehilangan energi. Apalagi jika kamu menontonnya dengan fokus dan menjiwai film tersebut.

Dengan nonton film horor, kamu bisa melepas rasa stress pada tubuhmu. Tapi jika ingin melepaskannya dengan baik, usahakan menonton dengan fokus ya!

Membakar Banyak Kalori dengan Nonton Film Horor

Ketika membaca manfaat yang satu ini, kamu pasti akan merasa ragu. Bagaimana mungkin menonton film dapat membakar kalori pada tubuh sedangkan selama menonton, kita tidak membuat pergerakan yang berarti. Eits, tunggu dulu! Fakta yang satu ini telah diteliti oleh para ilmuan di University of Westminster yang dipimpin oleh Dr. Richard MacKenzie. Penelitian ini mengungkapkan bahwa menonton film horor selama 90 menit dapat membakar hingga 113 kalori. Jumlah kalori ini sama dengan kalori yang dibakar ketika kamu berjalan kaki selama 30 menit.

Para peneliti mengukur tingkat detak jantung, asupan oksigen dan pengeluaran karbon dioksida. Mereka menemukan bahwa film horor memicu peningkatan denyut jantung.

Baca juga:  Di Balik Baunya yang Tak Sedap, Ini Manfaat Kentut yang Jarang Diketahui

Membantu Mengatasi Fobia

Ketika menonton film horor, kamu akan menemukan banyak sensasi yang hanya akan kamu temukan pada film horor. Contohnya saja kegelapan, mahluk halus dan suara-suara yang menakutkan. Jika kamu memiliki salah satu fobia diatas, mungkin menonton film horor adalah salah satu cara yang tepat untuk mengatasi fobia kamu. Terlebih lagi, jika menonton film di bioskop. Awalnya mungkin kamu akan merasa tegang sepanjang film, namun jika melakukannya secara sering, lama kelamaan kamu akan bisa mengatasi fobia yang kamu alami.

Nonton Film Horor Menguatkan Ikatan Emosional

Ketika menonton film horor bersama keluarga atau seorang teman, ketika merasa kaget, kamu akan memiliki teman yang akan berbagi perasaan takutmu. Dengan menontonnya bersama keluarga atau seseorang, kamu akan membangun ikatan emosional yang kuat dengan orang tersebut. Inilah mengapa ketika berkencan dengan seseorang yang disukai, seseorang lebih senang memilih film horor bersama.

Jika kamu memiliki hubungan yang renggang dengan seseorang, menonton film horor bersama bisa jadi salah satu cara untuk kembali memperbaiki hubungan burukmu dengan seseorang.

Nah banyak sekali kan manfaatnya? Ternyata dibalik hal yang menyenangkan, kamu mendapat manfaat yang baik untuk tubuhmu. Nah untuk weekend kali ini, sudah punya rencana film pilihan?

nonton drama korea not yet 30

Nonton Web Drama Korea Not Yet 30 Sub Indo Gratis

daftar kartu pra kerja

Cara Daftar Kartu Pra Kerja Online 2021 Gelombang 12, Insentif Rp3,5 Juta