THR Tidak Dibayarkan Perusahaan? Adukan ke Posko Aduan Ini

Bila benar melanggar ketentuan, jangan ragu melapor

lapor THR tidak dibayarkan
perkinselearning.org

Sesuai Pasal 5 ayat 4 Permenaker No.6/2016, THR wajib dibayarkan kepada pekerja paling lambat 7 hari sebelum hari raya keagamaan. Sehingga bila Idulfitri 2020 jatuh pada tanggal 24 Mei 2020, THR wajib dibayarkan paling lambat tanggal 17 Mei 2020.

Apabila hingga H-7 THR tidak dibayarkan perusahaan, kamu bisa laporkan masalah seputar THR ke posko aduan yang disediakan Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker). 

Cara Melapor ke Kemenaker Bila THR Tidak Dibayarkan Perusahaan

Berbeda dengan tahun sebelumnya, dikarenakan adanya pandemi Corona Covid-19 khusus tahun 2020 ini, posko pengaduan THR dibuka secara online. Berikut cara melaporkan perusahaan yang tidak membayarkan THR:

  • Kunjungi website kemnaker.go.id
  • Sebelum membuat pengaduan seputar masalah THR, kamu diwajibkan untuk membuat akun terlebih dahulu. Untuk klik “Daftar” di pojok kanan atas website Kemnaker.

  • Kemudian, klik “Daftar Sekarang”.THR tidak dibayarkan
  • Selanjutnya isi data diri, seperti Nomor Induk Kependudukan (No. KTP), nama Ibu kandung, alamat email, nomor handphone, dan password
  • Setelah form pendaftaran lengkap terisi, klik button “Daftar Sekarang”.
  • Setelah mendaftar akan muncul kode aktivasi dan masukkan kode aktivasi tersebut ke form aktivasi akun. 
  • Pilih profil dan mulailah melengkapi profil.
  • Setelah semua proses pendaftaran dan pengisian profil selesai, akun kamu telah siap dan kamu bisa mengadukan masalah terkait THR kamu.
  • Pilih “Pusat Bantuan” dan klik “Kunjungi Layanan”
  • Klik “Buat Pengaduan”
  • Dan masukkan pengaduan kamu.

Posko pengaduan THR ini tak hanya bisa mengadukan masalah terkait THR yang tidak dibayarkan, THR yang dipotong tanpa persetujuan karyawan, ataupun keterlambatan pembayaran THR. Namun posko ini bisa dijadikan sarana bagi perusahaan apabila ingin bertanya terkait pembayaran THR.

Cara Menghitung THR

Dalam Permenaker No.6/2016 Pasal 3 Ayat 1, berikut cara menghitung THR karyawan:

  • Masa kerja 12 bulan atau lebih: 1 bulan upah
  • Masa kerja minimal 1 bulan, kurang dari 12 bulan: masa kerja/12x 1 bulan upah.

Upah di sini adalah upah bersih atau upah pokok ditambah tunjangan-tunjangan tetap. Sementara tunjangan tetap adalah suatu pembayaran yang diberikan secara teratur, seperti tunjangan istri, tunjangan anak, tunjangan perumahan, tunjangan kematian, tunjangan daerah dan lain-lain. 

Denda bagi Perusahaan yang Telat Membayar THR

Menurut Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) Ida Fauziyah dikarenakan tahun ini adanya pandemi Corona COVID-19, pengusaha boleh mencicil atau menunda pemberian Tunjangan Hari Raya (THR), dengan catatan disepakati oleh pekerja.

Bila tidak disepakati oleh pekerja, pengusaha yang terlambat membayar THR bisa dikenakan denda sebesar 5% dari total THR yang harus dibayar perusahaan dalam jangka waktu yang telah ditentukan. Hal tersebut diatur dalam Pasal 10 ayat 1 Permenaker 2016.

Perlu diketahui, pengenaan denda ini tidak menghilangkan kewajiban pengusaha untuk tetap membayar THR kepada pekerja.

Denda bagi Perusahaan Bila THR Tidak Dibayarkan

Sesuai dengan ketentuan Pasal 17 Undang-undang Nomor 14 Tahun 1969 tentang Ketentuan-Ketentuan Pokok Mengenai Tenaga Kerja, pengusaha yang melanggar ketentuan pembayaran THR akan diancam dengan hukuman, baik hukuman pidana kurungan maupun denda.

Selain itu, juga bisa dikenai sanksi administratif berupa teguran tertulis, pembatasan kegiatan usaha, penghentian sementara sebagian atau seluruh alat produksi, dan pembekuan kegiatan usaha.

Baca juga:  Panduan Lengkap Perhitungan THR 2020

 

View this post on Instagram

 

A post shared by Wokedotid (@wokedotid) on

perawatan rambut

7 Rekomendasi Produk Perawatan Rambut Terbaik

daging sapi daging bagi

Jangan Tertipu! Ini Beda Daging Sapi dan Daging Babi yang Paling Ketara