Now Reading
5 Kiat Cerdas Menghindari Over Budget Saat Belanja Bulanan

5 Kiat Cerdas Menghindari Over Budget Saat Belanja Bulanan

tips belanja bulanan

Over budget adalah kondisi di mana kamu mengeluarkan uang lebih besar daripada yang seharusnya. Over budget bisa terjadi pada saat belanja apa pun, termasuk belanja bulanan. Apalagi, bila belanja bulanannya dilakukan di akhir bulan, ketika gajian masih di awal bulan. Nah, kamu termasuk yang sering kalap ketika belanja bulanan? Supaya tidak mengalami hal serupa di bulan berikutnya, yuk, simak tips hemat belanja bulanan di bawah ini!

1. Buat List Belanja

tips belanja bulanan
hollyfoods

Ketika belanja bulanan, tips pertama yang dapat kamu terapkan adalah membuat list. List belanja adalah pegangan agar kamu tidak belanja di luar dari kebutuhan pokok.

Ketika membuat list, buatlah dengan urutan barang-barang yang penting saja. Misalnya terlebih dahulu melihat kebutuhan dapur seperti gula, minyak goreng, beras dan bumbu masak.

Setelahnya, kamu bisa masukan bahan-bahan untuk membersihkan rumah seperti cairan pembersih lantai, detergen, obat nyamuk, pengharum ruangan dan lain-lain.

Berikutnya kamu bisa memasukan list bahan-bahan mandi seperti sampo, pasta gigi, sabun dan pembersih wajah. Untuk list terakhir, kamu bisa masukan kebutuhan-kebutuhan seperti makeup, skincare, camilan ataupun barang-barang yang tidak mendesak kebutuhannya.

Namun, barang-barang terakhir ini sifatnya opsional, jika memang barang-barang tersebut sudah habis di rumah, barulah kamu dapat membelinya.

2. Peka Terhadap Diskon atau Promo

tips belanja bulanan
Shutterstock

Tips belanja bulanan selanjutnya adalah siapkan mata kamu untuk lebih peka terhadap diskon atau promo. Kamu bisa membaca label yang tertera pada rak bahan belanja.

Namun, sebaiknya kamu lebih berhati-hati. Ketika hendak membayar di kasir, tanyakan dulu kepada petugasnya apakah barang tersebut benar-benar sedang promo atau tidak. Pasalnya terkadang label pada rak bahan belum diperbarui dan promo telah usai.

Bila promo telah usai, maka keputusan kembali kepada kamu, apakah ingin tetap membelinya atau tidak. Jangan malu untuk membatalkan barang yang sudah habis masa promonya bila dirasa terlalu mahal.

Baca juga:  Kode Promo Grab 2022: GrabBike, GrabCar, GrabFood, GrabExpress, GrabMart

3. Bayar Secara Tunai

tukar uang
sumber gambar: tempo.co

Apakah ketika belanja bulanan kamu lebih sering menggunakan debit? Atau bahkan kredit? Untuk meminimalisir over budget ketika berbelanja, kamu bisa melakukannya secara tunai. Tips belanja bulanan ini penting diperhatikan.

Secara psikologis, seseorang yang memegang uang secara tunai lebih bisa mengatur pengeluarannya ketika berbelanja. Hal ini dikarenakan otak kamu akan berfokus kepada uang yang dipegang. Sementara jika menggunakan debit, uang yang digunakan tidaklah terlihat sehingga  kamu bisa menjadi lebih boros.

4. Beli Ukuran Kecil

tips belanja bulanan
Shutterstock

Untuk tips belanja bulanan yang satu ini sebenarnya berlawanan prinsip belanja kebanyakkan orang. Kebanyakkan orang merasa membeli sesuatu dengan ukuran lebih besar supaya lebih hemat.

Namun saat kamu melihat sesuatu dalam kemasan besar, secara psikologis, kita merasa kalau persediaan barang tersebut masih banyak. Hal ini secara tidak langsung membuat kita boros dalam pemakaian barang tersebut.

Begitu pula sebaliknya, saat kamu melihat sesuatu dalam kemasan lebih kecil, kamu akan lebih mengontrol dan cenderung mengirit dalam penggunaan barang tersebut.

See Also
udangan pernikahan online

5. Belanja di Toko Kelontong

tips belanja bulanan
Shutterstock

Jika mendengar toko kelontong, mungkin beberapa di antara kalian akan membayangkan “warung”. Secara tampilan, toko kelontong dan warung memang memiliki tampilan yang hampir sama. Bahkan, tidak bisa juga dibedakan dari segi ukuran.

Terlepas dari itu, perbedaan paling mencolok antara keduanya adalah toko kelontong menjual barang yang sedikit lebih lengkap dibanding warung. Di toko kelontong, kamu bisa membeli barang secara lusinan sedangkan di warung biasanya kamu membeli barang dalam jumlah satuan.

Itu sebabnya, belanja bulanan di toko kelontong dinilai lebih hemat ketimbang di warung.

Itulah lima tips belanja bulanan yang bisa kamu sontek. Yuk lebih berhemat untuk belanja bulanan selanjutnya!

Baca juga:  Tips Mengelola Keuangan dengan Prinsip 10-20-30-40

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapa pun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

close