Tips Liburan Murah Ke Malaysia, Cuma 2 Jutaan!

Jalan-jalan ke luar negeri pastinya menjadi impian banyak orang. Apalagi kalau liburannya dengan budget pas-pasan, tentunya menjadi jadi harapan yang tak boleh dilupakan begitu saja. Nah, kali ini Woke akan membagikan panduan liburan dengan budget miring ke Malaysia hanya dengan 2 jutaan.

Tips Liburan Murah Ke Malaysia

liburan ke malaysia
https://australiansecuritymagazine.com.au

Persiapkan paspor dan tabungan yang cukup

Jika kamu memiliki tabungan Rp 2.500.000, tenang! Dengan budget segitu, kamu bisa kok menghabiskan waktu 3 hari 2 malam di Malaysia. Dan tentunya, budget tersebut sudah mencakup biaya makan, transport, hotel, dan tiket pesawat terbang pulang-pergi.

Eits, tapi biaya tersebut tidak termasuk biaya pembuatan paspor. Jika kamu belum memiliki paspor, persiapkan paspormu minimal 3 minggu sebelum keberangkatan.

Proses pembuatan paspor, umumnya memakan waktu 3-5 hari kerja, tetapi estimasi waktu tersebut belum termasuk lama kamu menunggu antrian, biasanya kamu akan memilih hari untuk melakukan proses pembuatan paspor sesuai dengan kapasitas kuota setiap harinya. Adapun biaya untuk pembuatan paspor baru biasa Rp350.000 sedangkan untuk paspor elektronik (e-passport) dikenakan biaya sebesar Rp650.000.

Image result for paspor

Untuk visa, tenang, sejak tahun 2017 telah disepakati bahwa negara-negara yang tergabung dalam ASEAN dibebaskan dari visa sesuai dengan batasan-batasan masing-masing negara. Malaysia membebaskan wisatawan Indonesia berkunjung ke negaranya dalam waktu 30 hari.

Tetapi jika kamu sudah memiliki paspor dan masih memiliki jangka waktu yang panjang, kamu tidak perlu memikirkan tambahan biaya untuk perpanjang paspor.

Tiket pesawat

Update promo tiket pesawat dari jauh-jauh hari sekitar 3 bulan sebelum rencana pemberangkatan, karena biasanya promo berdatangan dari jauh-jauh hari.

Contohnya: rute keberangkatan CGK-KUL untuk 2 orang dipatok Rp 730.000 di hari Sabtu. Dengan demikian, per orang dikenakan Rp 365.000. Jika kamu menggunakan maskapai Air Asia, maka akan mendapatkan diskon BIG 32.000 sehingga total pembayaranmu hanya Rp 333.000 untuk sekali perjalanan.

Maskapai Air Asia bisa menjadi peluang hemat kamu untuk bepergian, sebab, maskapai ini sering mengeluarkan promo-promo fantastis, seperti penerbangan dengan membayara Rp 0,- hingga Rp 32.000.

Usahakan untuk membeli tiket pesawat dengan berbeda maskapai untuk berangkat dan pulang. Untuk tiket pesawat rute KUL-CGK dibandrol Rp 960.000 untuk 2 orang dengan menggunakan promo dari Traveloka. Kali ini, menggunakan maskapai Malindo Air yang jika dihitung per orang berari merogoh kocek sebesar Rp 480.000. Menggunakan Traveloka juga bisa menjadi peluang kamu semakin berhemat. Traveloka selalu menyediakan promo dengan potongan harga yang berbeda. Jadi, pastikan kamu rajin cek dan membandingkan harga ya!

Total pengeluaran untuk tiket pesawat pulang pergi per orang: Rp813.000;

Hotel

Tips liburan murah ke Malaysia selanjutnya adalah hotel. Selesai mengurus penerbangan sekarang waktunya memesan tempat penginapan. Jika kamu berencana menghabiskan waktu di Malaysia 3 hari 2 malam, beragam tempat penginapan bisa menjadi alternatif kamu seperti Hotel, Hostel, maupun Bunk Bed. Di sini, Woke merekomendasikan hotel sebagai tempat istirahat kalian.

Durasi booking hotel selama 2 malam untuk 2 orang dipatok dengan harga Rp383.000 jadi jika dihitung per-orang menjadi Rp191.500 melalui Traveloka di M Hotel @ Medan Tuanku.

liburan ke malaysia
M Hotel @ Medan Tuanku
M Hotel @ Medan Tuanku
M Hotel @ Medan Tuanku

Internet

Untuk bisa bebas berselancar di sosial media, kamu bisa membeli kartu provider yang harganya bervariasi mulai dari 35 Ringgit atau sekitar Rp118.000.

Namun bila kamu ingin berhemat, kamu bisa tidak membeli kartu provider, namun memanfaatkan WIFI. Di Malaysia, bisa dengan mudah menemukan WIFI yang dapat diakses oleh siapapun tanpa biaya, seperti di bandara, hotel, public place hingga di dalam bus pun ada.

Transportasi

Mengenai transportasi airport transfer, jika berangkat menggunakan maskapai AirAsia, kamu akan mendarat di KLIA (low cost carrier airport) semacam terminalnya AirAsia.

Nah, untuk transportasi dari KLIA ke NU sentral (pusat kendaraan umum di Kuala Lumpur), kamu bisa menggunakan bus, karena harganya lebih murah. Harganya sekitar 12 Ringgit per orang atau sekitar Rp35.000  per orang.

Sebenarnya tak hanya bisa naik bis. Untuk sampai ke NU sentral, yaitu menggunakan kereta KLIA express dengan harga sekitar 55 Ringgit.

liburan ke malaysia

Lalu untuk berkeliling, kamu bisa menggunakan transportasi yang terintegrasi, sepertil MRT ataupun LRT. Tapi jika kamu ingin berkeliling dengan ongkos gratis, kamu bisa memilih menggunakan moda transportasi bernama GO KL. Sama seperti bus lainnya, GO KL ini memiliki fitur free access wifi.

liburan ke malaysia

Makanan

Untuk makanan, bagi kamu yang beragama Islam tak perlu khawatir. Pasalnya, di Malaysia tersedia banyak makanan halal. Meski begitu, jangan asal makan, ya!

Ada baiknya, sebelum membeli makana, kamu tanya terbelebih dahulu ke pemilik atau pelayan di sana mengenai halal atau tidaknya makanan tersebut.

Family mart
Family Mart

Atau jika kamu ingin menghemat, kamu bisa membeli makanan instant di 7eleven atau di Family Mart. Di Malaysia juga junk food seperti di Indonesia, tentunya dengan ciri khas yang berbeda.

Tempat Wisata

Dan yang terakhir adalah jalan-jalan! Pastinya kamu juga ingin dong rekomendasi tempat wisata yang wajib dikunjungi ketika berada di Malaysia? Banyak lho, tempat wisata yang murah dan gratis. Simak paparan selanjutnya di sini ya.

Berikan Komentar Anda

tarif tol Jakarta

Total Tarif Tol Jakarta Bandung 2019

Tempat Wisata Gratis di Malaysia, Wajib Dikunjungi!