Tinggal Menghitung Hari, Ini 7 Tips Sukses Lolos Tes SKD CPNS

Tips lolos tes SKD CPNS
foto: Humas Kementerian PANRB

Tes SKD CPNS akan segera diselenggarakan. Dalam Peraturan Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Permenpan-RB) Nomor 24 Tahun 2019 mengatur bahwa SKD CPNS 2019 terdiri dari tiga macam tes dengan total jumlah soal sebanyak 100 butir. Tiga macam tes ini meliputi Tes Karakteristik Pribadi (TKP) sebanyak 35 soal, Tes Intelegensia Umum (TIU) 35 soal, dan Tes Wawasan Kebangsaan (TWK) 30 soal. Supaya kamu lolos tes SKD CPNS, yuk sontek tips-tipsnya di bawah ini. 

Tips lolos tes SKD CPNS

Setelah dinyatakan lulus seleksi administrasi CPNS, kamu harus segera bersiap untuk menjalani Seleksi Kompetensi Dasar (SKD). Tes SKD sendiri diperkirakan akan berlangsung dari 27 Januari hingga 28 Februari 2020, tergantung dengan kebijakan masing-masing instansi yang dilamar. Nah, sembari menunggu jadwal tes SKD resmi dari instansi yang kamu lamar, ada beberapa tips yang bisa diterapkan supaya dapat lolos seleksi CPNS dan benar-benar menjadi PNS

1. Sering latihan soal SKD

Tips paling utama supaya kamu bisa lolos tes SKD CPNS adalah dengan berlatih banyak soal, terutama soal-soal CPNS terdahulu. Berlatih banyak soal akan memudahkan kamu dalam menyelesaikan soal-soal saat tes SKD berlangsung karena biasanya tipe soal CPNS memiliki pola yang sama dari tahun ke tahun.

Pelaksanaan tes SKD CPNS sendiri menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT). Kabar baiknya, Badan Kepegawaian Negara (BKN) menyediakan simulasi CAT secara gratis. Kamu cukup mengisi form pendaftaran dan melakukan verifikasi email. 

Simulasi CAT yang disediakan BKN menjamin hasil yang diperoleh peserta ujian dapat diketahui secara langsung setelah selesai mengikuti. Jadi, kamu tidak perlu menunggu hasil tes terlalu lama.

Selain berlatih simulasi CAT BKN, kamu juga bisa belajar dari buku kumpulan soal CPNS yang banyak dijual di toko buku.

2. Survey lokasi tes CPNS

Ketika tanggal dan lokasi tempat tes SKD sudah diumumkan secara resmi oleh instansi yang kamu lamar, jangan lupa luangkan waktu untuk survei lokasi tesnya. Tips lolos SKD CPNS ini penting, tapi sayangnya sering kali disepelekan.

Padahal dengan survei lokasi, hal ini akan membantu kamu dalam memperkirakan waktu tempuh, rute, serta transportasi yang digunakan untuk sampai ke tempat lokasi ujian. Dengan begitu, kemungkinan kamu untuk telat datang ketika tes dapat diminimalisir. 

Baca juga:  Kenapa PNS Diwajibkan Pakai Batik? Ini Jawabannya!

3. Datang lebih awal

Tips lolos tes SKD CPNS selanjutnya adalah datang ke tempat tes lebih awal. Selain untuk mencegah kemungkinan buruk selama dalam perjalanan, misalnya macet, hal ini pun dapat membantu kamu lebih tenang dalam menghadapi tes.

Sebaliknya, bila kamu datang terlambat, maka kamu akan panik. Kepanikan inilah yang dapat membuyarkan konsentrasi dan membuat kamu tidak fokus dalam mengerjakan soal ujian. 

Usahakan untuk datang setengah jam lebih awal dari jadwal tes yang ditentukan. Waktu luang yang kamu miliki bisa digunakan untuk beristirahat, mengulas materi kembali, atau lain sebagainya. 

4. Atur waktu dengan baik

Soal tes SKD tidak hanya harus dijawab dengan tepat, tapi juga cepat. Sebab, setiap jenis tes SKD memiliki waktunya masing-masing. 

Inilah sebabnya, penting bagi kamu untuk sering berlatih mengerjakan soal. Bukan hanya membantu kamu untuk memahami tipe soal yang akan keluar, hal ini pun dapat menjadi cara untuk berlatih mengatur waktu saat ujian. Jadi, tidak ada lagi alasan kehabisan waktu saat mengerjakan soal. 

Baca juga:  Peraturan Cuti PNS: Cuti Tahunan, Cuti Melahirkan & Cuti Besar

5. Kerjakan soal SKD yang mudah 

Saat ujian berlangsung, jawablah pertanyaan yang menurut kamu paling mudah lebih dulu. Jangan sampai kamu terlalu sibuk memecahkan satu soal hingga lupa bahwa masih banyak soal lain yang harus diselesaikan. Ingat! Tips lolos tes SKD CPNS adalah mengerjakan soal dengan cepat dan tepat. 

Dalam SKD tidak ada sistem minus. Untuk TIU dan TWK, jawaban benar diberi nilai 5 sementara bila jawaban kamu salah atau soal tidak dijawab maka nilainya nol. Untuk soal TKP, nilai terendah adalah 1 dan tertinggi 5. Bila kamu tidak memberikan jawaban, nilainya nol. 

6. Usahakan untuk tenang

Merasa panik dan gugup itu wajar. Apalagi bila ini merupakan tes SKD CPNS pertama kamu. Namun, bagaimana pun itu, usahakan untuk tetap tenang karena hal ini dapat membantu kamu untuk tetap fokus dan konsentrasi dalam mengerjakan soal ujian.

Jangan sampai usaha belajar kamu selama ini berakhir sia-sia hanya karena rasa panik dan gugup menguasai dirimu. 

7. Cek jawaban kembali

Sebelum jawaban kamu di-submit, coba cek lagi dengan teliti dan saksama. Barang kali ada satu atau beberapa nomor yang belum diisi, atau ada jawaban yang ingin kamu perbaiki.

Kalau kamu punya management waktu yang baik, menyempatkan untuk mengecek jawaban kembali tentu bukan perkara yang sulit. Jadi, jangan lupakan tips lolos tes SKD CPNS satu ini, ya!

Baca juga:  Aturan Baru, PNS yang Telat Kerja 5 Menit Wajib Ganti Setengah Jam

kids raincoat

Macam-macam Model Jas Hujan Anak, Super Gemesin!

ootd hijab kemeja

Rekomendasi OOTD Hijab Kemeja agar Penampilan Menarik