Now Reading
3 Kiat Sukses Memanggang Kue Anti Gosong agar Hasilnya Sempurna

3 Kiat Sukses Memanggang Kue Anti Gosong agar Hasilnya Sempurna

Tips memanggang kue

Salah satu tradisi bagi masyarakat Indonesia menjelang lebaran adalah membuat kue kering atau berbagai camilan lainnya. Bagi orang yang sudah terbiasa baking, hal ini tentu bukan perkara yang sulit. Namun, lain halnya bagi orang yang baru saja belajar atau iseng-iseng ingin membuat kue. Nah, supaya kue yang akan dibuat bisa sempurna dan rasanya semakin enak, ada beberapa tips memanggang kue yang perlu diperhatikan. Soalnya, proses pemanggangan yang asal-asalan bisa bikin kue kamu jadi gosong sehingga bentuknya jadi tidak menarik hati.

Tips Memanggang Kue supaya Tidak Gosong

Di bawah ini adalah tiga tips memanggang kue anti gosong agar matangnya sempurna:

1. Panaskan Oven

Sebelum kue kamu dipanggang, ada baiknya kamu memanaskan oven terlebih dulu. Tips memanggang kue satu ini merupakan kunci utama supaya kue kamu bisa matang sempurna dan berlaku untuk semua jenis oven.

Jadi, bila di rumah kamu menggunakan oven tangkring (oven kompor), maka panaskan dulu setidaknya 10 menit menggunakan api sedang. Begitu pula bila kamu menggunakan oven listrik.

Baca juga:  Resep Kuliner Kekinian, Salmon Mentai Rice yang Simpel dan Murah Meriah

2. Pilih Loyang yang Tepat

Tahukah kamu bahwa warna loyang memengaruhi tingkat kematangan kue yang kamu buat? Ya, usut punya usut, warna loyang yang gelap lebih menyerap panas daripada yang terang.

Hal ini bisa terjadi karena perbedaan materi pada kedua jenis loyang tersebut. Bila kamu menggunakan loyang gelap, ada baiknya panggang kue dengan api kecil atau turunkan suhunya sekitar 25 derajat celcius.

Tips memanggang lainnya, kamu juga bisa melapisi loyang yang berwarna gelap dengan baking paper supaya kue yang diletakkan di atasnya tidak cepat gosong.

Baca juga:  Cuma 2 Bahan! Ini Resep Kilat Chocolate Truffle yang Super Lembut dan Creamy

3. Jangan Terlalu Sering Buka Oven

Salah satu kesalahan paling umum yang kerap dilakukan banyak orang saat memanggbakingang kue adalah membuka oven terlalu sering.

See Also
udangan pernikahan online

Faktanya, terlalu sering membuka oven justru dapat memengaruhi kualitas kue yang kamu buat. Pasalnya, hal tersebut akan membuat suhu di dalam oven tidak stabil sehingga kuemu pun tidak dapat mengembang sempurna.

Cukup gunakan timer atau kaca oven untuk melihat keadaan kuemu saat dipanggang. Di samping itu, pastikan bahwa suhu oven kamu dalam keadaan seimbang selama proses pemanggangan.

Nah, itulah berbagai tips memanggang kue yang perlu cermati. Semoga berbagai tips di atas dapat membantumu dalam membuat kue lebaran yang enak dan nikmat, ya!

Baca juga:  Resep Super Simpel Puding Oreo yang Lumer di Mulut, No Oven dan No Kukus!

close