Tips Mendapatkan Ide Tulisan

Tips-tips ini berguna banget untuk mengembalikan mood dalam menulis

freepik.com

Menulis merupakan salah satu hobi yang sangat mengasyikkan. Namun, meski demikian tidak sedikit yang mengalami kebuntuan saat proses menulis berlangsung, atau yang sering dikenal dengan writer’s block. Jika kondisi tersebut kami alami, sudah pasti harus mencari ide tulisan yang bisa mengembalikan mood untuk menulis kembali. Sebenarnya, untuk mencari ide tulisan sangatnya banyak tipsnya.

Tips-tips tersebut selain berguna untuk mengembalikan mood dalam menulis, juga bisa membuat tulisan menjadi lebih renyah dan menghasilkan tulisan yang sangat bagus dan bernilai. Penasaran apa saja tips-tips mendapatkan ide tulisan? Berikut ini adalah beberapa tips yang bisa dilakukan.

Cari Ide Tulisan dengan Mendengarkan Musik

Mendengarkan musik bukan hanya menemani aktivitas kegiatan bekerja atau kegiatan lainnya. Lebih dari itu, mendengarkan musik pun bisa menjadi salah satu cara untuk membangun ide dalam menulis. Bagi yang sedang mengalami writer’s block, tidak ada salahnya untuk mendengarkan musik favorit. Biasanya musik favorit akan mengembalikan mood yang hilang serta memberikan ide-ide tulisan yang lebih menarik.

Lirik-lirik yang terdapat pada sebuah lagu, tidak jarang membuat seorang penulis terinspirasi sehingga ide-ide pun akan bermunculan, tulisan pun akan semakin menarik dan tentunya akan semakin renyah. Maka, tidak heran jika mendengarkan musik menjadi salah satu tips yang bisa dicoba saat kamu mengalami writer’s block atau sedang mencari ide.

Mengingat Kenangan

Siapa bilang kenangan masa lalu yang pahit akan membuat seseorang menjadi kembali rapuh? Hal tersebut sudah pasti tidak berlaku kepada seorang penulis. Bagi setiap penulis, berbagai macam kenangan baik kenangan yang manis atau pahit bisa dijadikan sebagai ide untuk mengembangkan sebuah tulisan. Mengingat kenangan sendiri merupakan salah satu tips mencari ide dalam menulis yang sangat efektif agar tulisan lebih renyah dan mempunyai feel yang nyata.

Maka dari itu, bagi yang mempunyai kendala writer’s block atau kendala untuk mengembangkan ide, mengingat kenangan menjadi salah satu tips yang bisa dilakukan. Dengan memberikan sentuhan kenangan yang pernah dialami, maka tulisan pun akan semakin renyah, bukan hanya itu saja tulisan pun akan jauh lebih mempunyai feel.

Baca juga:  3 Cara Cepat Mendapatkan Uang dari Menulis, Wajib Coba!
cari ide tulisan dengan menonton televisi
freepik.com

Menonton Televisi untuk Temukan Ide Tulisan

Mencari ide untuk sebuah tulisan bisa didapatkan dari mana saja, salah satunya adalah dengan menonton televisi. Menonton televisi sendiri bisa membantu kamu untuk mendapatkan berbagai macam ide yang bisa digabungkan dengan tulisan-tulisan yang sedang dibuat sehingga tulisan yang dihasilkan pun tentunya akan jauh lebih menarik.

Sinetron-sinetron yang ada di televisi sendiri bisa kamu gabungkan atau bisa kamu kembangkan sendiri dengan imajinasi liar yang ada di pikiranmu. Dengan begitu, tulisan yang akan dihasilkan pun jauh lebih menarik dibanding dari sinteron itu sendiri. Hal tersebut dikarenakan kamu terdorong memadukan antara sinetron yang kamu tonton dan imajinasi yang ada di pikiranmu.

Melihat Postingan di Media Sosial

Bagi seorang penulis yang sedang mencari ide, kamu bisa memanfaatkan media sosial sebagai sarana memunculkan ide. Di media sosial sendiri banyak sekali postingan-postingan menarik yang bisa kamu kembangkan menjadi sebuah tulisan yang renyah dan menarik. Dengan status yang dibuat oleh orang-orang, maka ide-ide untuk menulis pun akan bermunculan.

Agar tulisan lebih renyah dan menarik dibaca, tidak ada salahnya untuk menggabungkan serta mengemas beberapa status yang kamu baca. Dengan tips mencari ide dalam menulis tersebut, dijamin tulisan yang akan dihasilkan pun jauh lebih renyah dan lebih menarik.

Baca juga:  Jangan Ragu Tulis Cerita Kamu

Tulisan ini merupakan artikel kontributor di #WokenyaBercerita. #WokenyaBercerita adalah platform User Generated Content (UGC) untuk mewadahi siapapun untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

idol kpop yang romantis

6 Idol KPop Paling Romantis di Kehidupan Nyata

Penyebab Renggangnya Hubungan Orang Tua dan Anak