Coba Cara Ini untuk Mengajarkan Anak Berpuasa Sejak Dini, Yuk, Bun!

Biar anak puasa tanpa terpakasa~

Cara mengajarkan anak berpuasa
Shutterstock

Anak kecil memang belum diwajibkan untuk menjalankan puasa Ramadan. Namun, tidak ada salahnya bila orangtua sudah mulai mengajarkan berpuasa kepada anak sejak dini. Hal ini dilakukan semata-mata agar ketika waktunya mereka wajib berpuasa, mereka sudah terbiasa. Usia yang ideal untuk mulai melatih anak berpuasa seharian adalah di usia 6 tahun, tetapi tentu jangan terlalu dipaksakan. Kali ini Wokenim akan berikan beberapa tips jitu untuk mengajarkan anak berpuasa sejak dini. 

Yuk intip!

Tips Mengajarkan Anak Berpuasa

1. Mulai Berlatih Puasa Setengah Hari

Tips paling utama dalam mengajarkan anak berpuasa adalah dengan memberinya pemahaman tentang puasa. Jelaskan padanya apa itu puasa, kenapa umat muslim harus mejalaninnya, dan apa saja yang tidak boleh dilakukan selama berpuasa dengan bahasa yang sederhana. Dengan begitu, anak akan lebih mudah mengerti.

Setelah itu, barulah ajak anak untuk berpuasa sesuai dengan kemampuannya. Bila memang ini adalah kali pertama mereka mencoba berpuasa, jangan paksakan mereka untuk berpuasa sampai Magrib. Sebaiknya, ajak ia untuk mencoba berpuasa setengah hari terlebih dulu.

Nah, setelah anak terbiasa, barulah orangtua dapat melatih mereka untuk berpuasa sampai Magrib. Perlu diingat bahwa usia mereka adalah usia pertumbuhan, jadi pastikan orangtua tetap memberikan asupan nutrisi sahur dan berbuka yang cukup untuk si kecil ya. 

Baca juga:  Tanda Anak Sehat dan Tidak Kurang Gizi yang Perlu Diperhatikan Ortu

2. Sahur dengan Menu Favorit

Salah satu tantangan tersulit dalam mengajarkan anak berpuasa adalah membangunkan anak untuk sahur. Walaupun sulit, tapi pastikan anak untuk selalu sahur ya. Soalnya, sahur penting untuk memenuhi nutrisi selama berpuasa di siang hari, apalagi untuk anak kecil.

Untuk membuat mereka lebih bersemangat bangun sahur, ibu dapat membocorkan menu makanan kesukaan anak untuk dijadikan sahur. Alhasil, mereka lebih bersemangat ketika bangun pagi.

3. Aktivitas seru untuk ngabuburit

Tips mengajarkan anak berpuasa selanjutnya adalah dengan mengajak anak melakukan aktivitas seru sambil menunggu waktunya berbuka. Misalnya mengajak anak menyiapkan makanan untuk berbuka, membuat kue lebaran, atau memberikan mereka waktu untuk bermain video game.

Meski diperbolehkan main video game, tapi jangan lupa berikan toleransi waktu mereka untuk bermain, ya. Berbagai cara yang sudah disebutkan tadi cukup ampuh untuk mengalihkan perhatian si kecil dari rasa lapar dan haus selama belajar puasa.

Baca juga:  5 Cara Asik Mengajarkan Anak untuk Mengatur Keuangan yang Baik Sejak Dini

4. Siapkan Makanan Kesukaan untuk Berbuka

Tips mengajarkan anak berpuasa satu ini juga tak kalah penting. Kalau tadi disiapkan menu favorit supaya anak tidak sulit bangun, kali ini ibu dapat menyiapkan menu favorit anak untuk berbuka.

Tanyakan makanan atau minuman yang mereka inginkan, dan ajak mereka untuk terlibat dalam menyiapkan makanan tersebut. Tetap pastikan, ya, kalau makanan tersebut bergizi seimbang.

5. Beri reward di Hari Raya

Tidak ada salahnya memberikan mereka reward setelah mereka menjalankan ibadah puasanya. Reward ini untuk memberikan semangat dalam menjalankan puasanya, tetapi beri pengertian kalau hadiah ini bukan imbalan puasa sesungguhnya. Hadiah yang kita berikan bisa berupa mainan, tas sekolah baru, atau barang yang diinginkan anak. 

Itulah beberapa tips mengajarkan anak berpuasa yang bisa dicoba para orangtua di rumah. Terus semangat dan tetap jangan lupa jaga kesehatan selama berpuasa, ya!

Baca juga:  Anak Rewel Akibat #Dirumahaja? Coba 7 Aktivitas Menyenangkan Ini, Yuk, Bun!

THR lebaran

Terkena PHK Saat Pendemi, Berhakkah Dapat THR Lebaran?

Drama Korea Extracurricular

Drama Korea Extracurricular: Alasan Nonton, Situs Download & Streaming Gratis