Tips Sewa Mobil di Jogja agar Aman di Tengah Pandemi

Tetap jaga kesehatan, ya!

sewa mobil jogja
Freepik.com/Prostooleh

Meski angka kasus corona di Jogja tidak setinggi di Jakarta, bukan berarti kamu abai dalam menerapkan protokol kesehatan di kota ini. Apalagi bila kamu ingin bepergian di sekitar Jogja menggunakan transportasi umum. Sebetulnya bepergian di situasi pandemi menggunakan transportasi umum bisa jadi bukan pilihan yang bijak. Pasalnya, interaksi yang dilakukan antar penumpang dapat mempercepat penyebaran virus corona. Tidak hanya itu, nyatanya virus corona pun lebih mudah menyebar dan bergerak di ruang terbatas, seperti transportasi umum. Nah, bila kamu ingin bepergian ke sejumlah daerah di Jogja, salah satu alternatif nyaman dan aman yang bisa dipilih adalah dengan sewa mobil di Jogja.

Berkendara menggunakan mobil pribadi dapat meminimalisir penyebaran virus Corona. Hal ini karena kapasitas penumpangnya lebih sedikit dan tentunya kamu pun lebih mengetahui kondisi dan riwayat perjalanan dari masing-masing penumpang yang ikut berkendara denganmu.

Tips Sewa Mobil di Jogja

Agar perjalanan terasa lebih nyaman dan aman, ada sejumlah tips yang perlu kamu perhatikan sebelum menyewa atau rental mobil di Jogja.

Cari Rental Mobil yang Tepercaya

Ada banyak sekali jasa sewa atau rental mobil di Jogja. Pastikan kamu hanya menyewa di tempat yang tepercaya. Tepercaya di sini bukan dilihat dari segi pelayanan dan kondisi kendaraannya saja, tapi juga kebersihan mobil yang akan digunakan.

Pilih tempat rental yang menjaga kebersihan setiap unit kendaraannya dengan rutin, dan melakukan penyemprotan desinfektan di bagian interior maupun eksterior mobil.

Pastikan Rental Memenuhi Protokol Kesehatan

Hal lain yang tidak boleh dilewatkan adalah pastikan bahwa perusahaan rental tempat kamu sewa mobil di Jogja juga menerapkan protokol kesehatan yang ketat. Hal ini dilakukan semata-mata untuk menjaga keamanan serta mengurangi risiko penyebaran virus COVID-19.

Bila menggunakan jasa pengemudi, pastikan pengemudi membekali diri dengan alat perlindungan diri seperti masker, sarung tangan, dan cairan pencuci tangan (hand sanitizer). Sementara bila lepas kunci, alias menyewa tanpa supir, pastikan keadaan mobil bersih dan benar-benar steril.

Tahu Kisaran Harga Sewa Mobil di Jogja Agar Tidak Terjebak Harga

Ada baiknya kamu mengetahui kisaran harga sewa mobil Jogja agar tidak terjebak harga. Untuk mulai mengetahui kisaran harga, kamu bisa bandingkan fasilitas yang ditawarkan, tipe mobil, waktu sewa mobil dari tiap rental mobil. Umumnya, harga sewa mobil di Yogyakarta berkisar pada Rp39.000-Rp1.900.000 per hari (dalam waktu 12 jam), tergantung tipe mobil dan fasilitas yang ditawarkan.

Misalkan, bila tipe mobil kamu yang dipilih Daihatsu All New Xenia, dengan fasilitas mobil, seperti penjemputan sesuai zona dengan wilayah penggunaan sewa di kawasan Pantai Parangtritis, Kalibiru, Wonosari, Klaten, Borobudur, Magelang, kamu dikenakan biaya Rp100.000 (harga bisa berubah). Tapi, perlu diketahui harga tersebut belum termasuk biaya BBM, parkir, dan tol. Ditambah lagi jika hari libur panjang akan ada perubahan harga.

Baca juga:  Cek Peta Persebaran Corona di Jakarta, Yogyakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah

Pilih Tipe Mobil sesuai Kebutuhan

Saat sewa mobil di Jogja, pastikan sudah sesuai kebutuhan kamu. Misalkan penumpang kamu banyak, ada baiknya kamu pilih tipe mobil Multi Purpose Vehicle (MPV), karena tipe mobil MPV mampu membawa banyak penumpang hingga barang bawaan sekaligus. Contoh merek mobil segmen MPV yang bisa kamu pilih seperti Toyota Avanza, Daihatsu Xenia, Suzuki Ertiga, dan lainnya.

Sementara itu, bila tempat yang kamu kunjungi di Yogyakarta adalah medan ekstrim seperti jalur terjal atau kondisi jalanan yang masih kurang bagus, kamu bisa memilih mobil berjenis Sport Utility Vehicle (SUV), seperti Jeep, Land Rover atau yang lainnya.

Cek Kondisi Kesehatan Mobil

Selain memastikan rental mobil di Jogja telah menerapkan standar protokol kesehatan, jangan lupa kamu mengecek kondisi kesehatan mobil agar kendaraan tidak mengalami kendala.

Ada beberapa langkah yang bisa kamu terapkan untuk mengetahui kondisi mobil yang kamu sewa, seperti:

  • Periksa lampu MIL (Malfunction Indicator Lamp) apakah berfungsi atau tidak. Kunci kontak diputar ke posisi menyala, pastikan semua lampu MIL menyala.
  • Jangan lupa juga nyalakan semua lampu (lampu sein, lampu utama jauh dan dekat, hazard, lampu dim, lampu kabut, dan lampu kabin), serta jangan lupa coba nyalakan radio, AC dan mainkan power window.
  • Tak ketinggalan cek karet wiper dengan menyemprotkan air dari dalam mobil. Hal ini untuk mengetahui apabila karet wiper bisa menyapu sisa air di permukaan kaca dengan baik atau tidak.
  • Kamu juga perlu cek batas oli mesin, cairan radiator, air wiper, dan air aki.
Baca juga:  Ahli Ungkap Cara Paling Efektif untuk Tangkal Virus Corona!

resep korean sweet potato bread roti ubi ungu korea

Mencicipi Nikmat dan Lembutnya Korean Sweet Potato Bread

drama korea start up

Nonton Drama Korea Start Up di Situs Streaming Gratis