Terungkap 12 Nama Korban Manipulasi Voting ‘Produce 101’ Series

Duh, kasihan banget ūüėĘ

daftar trainee manipulasi produce 101
Baekho, Lee Gaeun, Lee Jinhyuk

Hari ini (18/11), Pengadilan Tinggi Seoul menggelar persidangan banding yang diadakan untuk kasus manipulasi seri program survival besuta Mnet Produce 101. Sebelumnya, PD (direktur produksi) Ahn Joon Young menerima hukuman dua tahun beserta denda sebesar 36 juta won (sekitar Rp458 juta) dan CP (kepala produser) Kim Yong Bum menerima hukuman satu tahun delapan bulan. Sebagai hasil dari persidangan banding, pengadilan memutuskan untuk tidak melakukan perubahan terhadap hukuman.

Kronologi Manipulasi Produce 101

Produce 101 merupakan program survival yang tayang di Mnet pada awal tahun 2016 lalu. Proses pemilihan 11 member yang akan disatukan dalam satu grup ini dipilih melalui pemungutan suara dari produser nasional yakni masyarakat Korea Selatan melalui sms dan fitur lainnya. Di musim pertama, program ini berhasil mendebutkan girl group bernama I.O.I yang terdiri dari sebagai berikut (urutan berdasarkan peringkat episode final):

  1. Jeon Somi
  2. Kim Sejeong
  3. Choi Yoojung
  4. Kim Chungha
  5. Kim Sohye
  6. Zhou Jieqiong / Kyulkyung
  7. Jung Chayeon
  8. Kim Doyeon
  9. Kang Mina
  10. Im Nayoung
  11. Yoo Yeonjung

Di tahun berikutnya, Produce 101 season 2 kembali mendebutkan boy group beranggotakan 11 member bernama Wanna One, yakni:

  1. Kang Daniel
  2. Park Jihoon
  3. Lee Daehwi
  4. Kim Jaehwan
  5. Ong Seongwoo
  6. Park Woojin
  7. Lai Guanlin
  8. Yoo Jisung
  9. Hwang Minhyun
  10. Bae Jinyoung
  11. Ha Sung Woon

Sukses dengan dua series, Mnet kemudian kembali dengan konsep yang lebih baru untuk series Produce. Di tahun 2018, acara ini tak hanya diisi oleh trainee asal Korea, tetapi juga dengan member J-Pop, AKB48. Para peserta yang tergabung bersaing untuk debut dan bergabung ke dalam grup bernama IZ*ONE yang beranggotakan 12 orang. Adapun peringkat akhir dari acara ini diantaranya:

  1. Jang Woon Young
  2. Sakura Miyawaki
  3. Jo Yuri
  4. Choi Yena
  5. Ahn Yujin
  6. Nako Yabuki
  7. Kwon Eunbi
  8. Kang Hyewon
  9. Honda Hitomi
  10. Kim ChaeKim won
  11. Kim Minjoo
  12. Lee Chaeyeon

Dan terakhir, Mnet merilis Produce X 101 sebagai project boy group selanjutnya dan debut dengan nama X1. Namun sayang, grup ini dibubarkan usai diketahui melakukan manipulasi voting. Adapun member yang debut sebagai X1 diantaranya:

  1. Kim Yohan
  2. Kim Wooseok
  3. Han Seung Woo
  4. Song Hyeong Jun
  5. Cho Seung Youn / Woodz
  6. Son Dong Pyo
  7. Lee Hangyul
  8. Nam Dohyun
  9. Cha Junho
  10. Kang Minhee
  11. Lee Eunsang

Pada Juli 2019, selama episode terakhir Produce X 101, beberapa penonton menduga bahwa total suara telah dimanipulasi setelah memperhatikan pola numeriknya. Pada 1 Agustus 2019, 272 penonton mengajukan gugatan terhadap Mnet, karena layanan pemungutan suara di situs mereka mengenakan biaya ‚ā© 100 per suara, membuat Kepolisian Metropolitan Seoul melakukan penyelidikan lebih lanjut.

Ahn Joonyoung dan Kim Yongbum kemudian ditangkap pada 5 November 2019. Ahn Joon Young kemudian mengaku telah memanipulasi peringkat untuk keempat musim serial Produce 101¬†.¬†Pada 3 Desember 2019, mereka dan enam perwakilan agensi hiburan lainnya didakwa dengan dakwaan penghalangan bisnis, penipuan, dan penyuapan. Sidang pengadilan dimulai pada 20 Desember 2019. Asisten PD ‘Lee dan perwakilan agensi hiburan yang sebelumnya divonis denda, kini juga mendapat hukuman penjara delapan bulan yang ditangguhkan selama dua tahun.

Daftar Nama Trainee Manipulasi Produce 101

Pengadilan mengungkapkan daftar trainee manipulasi Produce 101 series yang dieliminasi. Hakim kemudian berkata, “Para trainee yang dirugikan yang diungkapkan melalui pengadilan pidana yang adil dapat menjadi titik awal bagi mereka untuk menerima kompensasi yang sebenarnya atas kerugian. Telah diputuskan bahwa kontestan yang diuntungkan dari manipulasi tidak akan diungkapkan karena mereka tidak mengetahui manipulasi yang terjadi, dan mengungkapkan nama mereka juga dapat membahayakan mereka”.

Berikut adalah deretan nama peserta trainee manipulasi Produce di setiap musim:

Produce 101 (pemungutan suara putaran pertama): Kim Su Hyun, Seo Hye Lin

Produce 101 Season 2 (pemungutan suara putaran pertama):¬†¬†Seong Hyun Woo (LIMITLESS’s AM)

Produce 101 Season 2 (pemungutan suara putaran keempat):¬†Kang Dong Ho (Baekho NU’EST)

Produce 48 (pemungutan suara putaran keempat): Lee Ga Eun, Han Cho Won

  • Ranking final: No. 5 Lee Ga Eun, No. 6 Han Cho Won

Produce X 101 (pemungutan suara putaran pertama): Anzardi Timothee

Produce X 101 (pemungutan suara putaran ketiga): Kim Kook Heon (B.O.Y), Lee Jin Woo (GHOST9)

Produce X 101 (pemungutan suara putaran keempat): Koo Jung Mo (CRAVITY), Lee Jin Hyuk (UP10TION), Keum Dong Hyun.

  • Ranking final: No. 6 Koo Jung Mo, No. 7 Lee Jin Hyuk, No. 8 Keum Dong Hyun

Mnet Minta Maaf dan Janji Beri Kompensasi Kepada Korban

Mnet telah merilis pernyataan resmi mengenai kompensasi bagi trainee yang terpengaruh karena manipulasi peringkat untuk progam Produce 101. Setelah persidangan, Mnet merilis pernyataan berikut:

“Hari ini, persidangan banding untuk kasus yang terkait dengan seri Produce 101 telah diadakan.

Mnet menghormati keputusan pengadilan dan dengan rendah hati menerima keputusan mereka. Kami sekali lagi menundukkan kepala dan meminta maaf karena telah memicu skandal.

Selama proses uji coba, daftar trainee yang dirugikan oleh serial Produce 101 terungkap. Kami merasa sangat menyesal terhadap para trainee dan keluarga mereka yang sangat terluka oleh kami.

Sejak masalah tersebut diangkat, Mnet telah mendiskusikan kompensasi untuk trainee yang terkena dampak yang dapat kami identifikasi. Beberapa diskusi sudah selesai, sementara yang lain masih berlangsung. Kami akan bertanggung jawab sampai akhir dan melakukan yang terbaik untuk mengganti kerugian yang diderita oleh semua trainee yang terkena dampak yang diungkapkan melalui persidangan hari ini.

Kami dengan tulus meminta maaf sekali lagi kepada para trainee yang dirugikan karena kami, keluarga mereka, dan pemirsa yang mendukung serial Produce 101 dengan cinta”.

Tanggapan dari Para Korban

Tak berselang lama, para korban dari manipulasi voting Produce 101 kemudian menyerukan pandangan mereka baik secara pribadi maupun dari perwakilan agensi.

Baekho NU’EST yang turut menjadi korban melalui agensinya mengungkapkan, “Kami senang melihat hasil pemungutan suara yang dimanipulasi terungkap dengan jelas. Kami belum menerima kontak apapun mengenai kompensasi dari Mnet”. Mereka juga¬†menekankan bahwa dugaan adanya ‘mundur secara sukarela’ saat program berlangsung tidaklah benar.

Sementara Lee Gaeun (Lee Kaeun), mantan member After School yang bergabung dalam Produce 48 dan seharusnya debut di IZ*ONE karena meraih peringkat kelima hanya memberikan pernyataan singkat. Agensi Lee Ka Eun saat ini, High Entertainment berkomentar, “Kami telah mengkonfirmasi fakta tersebut dan untuk saat ini tidak ada yang bisa dikatakan”.

Baca juga:  Kronologi Lengkap Skandal Irene Red Velvet Terhadap Editor

 

kuota belajar kemendikbud

Cara Gunakan & Daftar Kuota Belajar Kemendikbud

Album baru BTS Be

Album BTS Be (Deluxe Edition): Cara Beli, Harga Album, Jadwal 2020