Selain Jualan Takjil, 9 Usaha Unik dan Mengutungkan Ini Patut Dicoba Selama Ramadan

Karena jualan takjil udah terlalu biasa~

ide usaha musiman di bulan puasa
Foto: Shangri-la Hotel

Bulan Ramadan akan segera hadir dalam hitungan hari. Bagi kamu yang ingin mencari tambahan penghasilan, berjualan selama bulan Ramadan adalah pilihan yang bagus. Namun, mungkin kamu bingung ingin memulai usaha jenis apa karena jualan jajanan takjil untuk berbuka sudah sangat biasa. Jangan khawatir, Wokenim punya banyak ide usaha musiman di bulan puasa yang menguntungkan. Penasaran apa saja? Yuk, simak!

Ide Usaha Musiman di Bulan Puasa

Kalau kamu jeli melihat peluang, sebenarnya, ada banyak sekali jenis usaha menguntungkan yang bisa dijalankan selama bulan puasa. Psstt.. berbagai usaha tersebut juga bisa dilakukan hanya dengan #dirumahaja, lho!

Berikut daftarnya:

1. Parcel atau Hampers

Jasa merangkai parcel dapat dijadikan usaha musiman yang cocok dijalankan selama bulan puasa. Pasalnya, ketika menjelang Ramadan atau Hari Raya Idulfitri, banyak masyarakat yang akan mengirimkan parcel ke sanak saudara, teman, maupun klien mereka. Nah, kesempatan ini tentu saja akan menjadi peluang usaha yang menguntungkan. 

Jika kamu tertarik memulai usaha ini, pastikan kamu cukup kreatif dalam menentukan isi parcel atau bagaimana cara mengemasnya. Isi dan kemasan parcel yang unik dan tidak pasaran akan membuat konsumen tertarik untuk memesan parcel dari kamu. 

Sebagai contoh, kamu bisa mengombinasikan isi parsel berupa peralatan perawatan diri, parfum, seperangkat alat ibadah, lauk matang, dan lain sebagainya. 

Baca juga:  Ide Buket Makanan yang Kreatif dan Unik untuk Hadiah Valentine

2. Ucapan Ramadan Spesial

Selain berkirim parcel, tradisi menyambut bulan Ramadan lainnya adalah berkirim ucapan ke kerabat dekat maupun partner kerja. Kamu memang bisa menemukan berbagai ucapan Ramadan dengan cepat di internet. Namun, supaya lebih spesial dan antimainstream, kenapa tidak membuatnya sendiri dengan desain dan kata-kata yang menarik? 

Ide usaha musiman di bulan puasa ini cocok buat kamu yang senang menggambar atau lettering. Buatlah desain kartu ucapan yang menarik, eye catching, dan sesuai dengan selera yang diinginkan konsumen. Tawarkan usahamu ini di ke teman-teman terdekat, rekan kerja, media sosial, maupun marketplace supaya jangkaun pembelinya lebih luas. 

3. Amplop Lebaran

Biasanya banyak orang sudah menyetok amplop lebaran sejak jauh-jauh hari. Nah, inilah sebabnya, menjual berbagai kreasi amplop lebaran yang unik dan lucu juga termasuk ide usaha musiman di bulan puasa yang layak dicoba. 

Bila kamu tidak bisa mendesain, tak perlu khawatir. Kamu bisa membeli amplop lebaran secara grosir, kemudian kamu jual kembali. Sementara bila kamu memang bisa mendesain, kamu bisa menawarkan desain amplop lebaran yang eksklusif ke para konsumen dengan harga yang disesuaikan. 

4. Jasa Rangkai Bunga

Menjelang bulan Ramadan dan Lebaran, jasa rangkai bunga juga umumnya akan mendapatkan keuntungan berkali lipat dari biasanya.

Ya, umumnya, bunga akan dikirimkan bersama dengan parcel maupun kue lebaran. Itulah sebabnya, tak ada salahnya untuk memulai usaha sebagai florist musiman di bulan puasa. 

5. Jualan Baju Muslim Online

Salah satu tradisi yang mengakar di masyarakat Indonesia adalah membeli baju baru untuk digunakan saat lebaran. Makanya, tak heran bila pasar maupun pusat perbelanjaan lainnya selalu ramai diserbu pembeli menjelang lebaran. 

Akan tetapi, berhubung saat ini masyarakat diimbau untuk #dirumah aja selama pandemi corona, pergi belanja langsung ke toko mungkin jadi hal yang sulit untuk dilakukan. Sebagai gantinya, beralihlah dengan berjualan online. 

Kamu bisa menjual baju muslim lebaran melalui media sosial maupun marketplace seperti Instagram, Facebook, Tokopedia, Shopee, dan masih banyak lainnya. Supaya daganganmu laris manis, berikan promo berupa gratis ongkir maupun cashback bagi para konsumen. 

Jika modalmu minim, jangan patah semangat. Kamu bisa tetap berjualan sebagai dropshiper, yang memunginkan kamu menjual produk tanpa perlu membelinya terlebih dulu dari supplier atau distributor.

6. Berjualan Perlengkapan Ibadah

Perlengkapan ibadah seperti mukena, kain sarung, peci, sajadah, tasbih, Alquran, dan lainnya akan cukup laris dijual ketika bulan Ramadan. Ini artinya, berjualan perlengkapan ibadan bisa menjadi ide usaha musiman yang pantas dilirik sambil menjalankan ibadah puasa. 

Sama seperti baju muslim, kamu bisa menjual berbagai perlengkapan ibadah secara online. Tak ada salahnya juga menawarkan langsung berbagai produk ke keluarga, teman-teman, atau tetangga sekitar rumah. 

7. Bisnis Kurma dan Aneka Buah 

Tidak afdol rasanya kalau bulan Ramadan belum makan buah kurma. Nah, kamu bisa memanfaatkan tradisi manfaat makan kurma selama bulan Ramadan ini sebagai ladang usaha. 

Kamu bisa mencari agen kurma dan menjualnya dengan harga murah. Supaya para konsumen tertarik membeli, kemas ulang buah kurma dalam berbagai macam berat dan tempatkan pada wadah yang unik. Selain kurma, kamu juga bisa berjualan buah-buah sebagai ide usaha bisnis musiman lainnya di bulan puasa. 

Hal ini karena saat Ramadan biasanya banyak orang suka mengonsumsi menu takjil yang berbahan dasar buah. Tak hanya menyegarkan, berbuka dengan buah tentu juga menyehatkan. Makanya, bisnis buah segar selama Ramadan juga bisa jadi peluang bisnis yang tak boleh dilewatkan.

8. Katering Makanan

Tak semua orang sempat memasak makanan untuk berbuka maupun sahur. Oleh karenanya jasa katering makanan berbuka dan sahur dapat dijadikan peluang usaha musiman di bulan puasa yang mendatangkan banyak keuntungan. 

Namun, pastikan kamu cukup pandai dan inovatif dalam mengombinasikan menu makanan, ya. Tujuannya supaya para konsumen tidak bosan dengan menu makanan yang itu-itu saja. Kamu juga bisa menawarkan paket murah dan jasa antar katering ke tempat tujuan jika konsumen memesan menu katering untuk sahur dan berbuka sekaligus. 

9. Frozen Food

Satu lagi usaha musiman di bulan puasa yang menguntungkan adalah jualan makanan beku, alias frozen food. Soalnya, frozen food praktis dan bisa bertahan lama, sehingga tepat untuk disimpan sebagai persediaan selama bulan Ramadan. Cukup dihangatkan beberapa saat, makanan pun akan siap disantap. 

Tapi, sebelum memulainya, tentukan dulu produk yang akan kamu jual. Entah itu, daging beku mentah, lauk-pauk beku, camilan beku, minuman beku, atau lain sebagainya. Memilih produk yang dijual akan membantu kamu menentukan langkah yang tepat untuk mempromosikan barangnya. 

Baca juga:  Kumpulan Lagu Ramadan Paling Populer di Indonesia

niat sholat tarawih sendiri dan berjamaah

Niat Solat Tarawih Sendiri dan Berjamaah di Rumah Selama Bulan Ramadan

hukum berhubungan badan saat di bulan ramadan ramadhan

Panduan Lengkap Aturan Berhubungan Badan Selama Bulan Ramadan