Menikmati Destinasi Wisata Pantai Tanjung Bira di Bulukumba

Wajib masuk list liburan, nih!

pantai tanjung bira bulukumba
Satya Winnie

Masa pandemi bagi hampir semua orang adalah masa yang begitu membosankan. Terutama bagi para traveler yang seringkali melakukan aktivitas jalan-jalan ke berbagai tempat-tempat wisata. Nah, salah satu rekomendasi destinasi yang bisa dikunjungi ketika masa pandemi sudah berakhir nantinya adalah Pantai Tanjung Bira. Tempat wisata ini berada di Butta Panrita Lopi Kabupaten Bulukumba, Kota Makasar, Sulawesi Selatan. Kabupaten yang terkenal dengan keindahan pantai pasir putih yang memesona. 

Pantai Tanjung Bira, Pantai Cantik di Bulukumba

Pantai Tanjung Bira merupakan satu dari beberapa destinasi wisata pantai pasir putih populer yang ada di kabupaten Bulukumba. Persisnya pantai ini terletak di Jalan Tanjung Bira, Kecamatan Bonto Bahari, Kabupaten Bulukumba, Sulawesi selatan. Destinasi wisata ini bisa ditempuh oleh para traveler dengan menggunakan transportasi darat baik roda empat maupun roda dua dari kota Makassar.

pantai tanjung bira
Majalah Panorama

Jarak kota Makassar ke pusat kota Kabupaten Bulukumba kurang lebih 200 meter dan ditempuh selama 6 jam perjalanan. Dari pusat kota Kabupaten Bulukumba ke Pantai Tanjung Bira, traveler harus menempuh jarak sejauh 40 km atau sekitar 1 sampai 2 jam perjalanan. 

Selama perjalanan dari pusat kota kabupaten Bulukumba menuju pantai, dipastikan para traveler tidak akan pernah bosan. Pasalnya, traveler akan disuguhkan oleh keindahan dan panorama Kabupaten Bulukumba yang memesona sehingga waktu 2 jam yang harus ditempuh menuju ke tempat tujuan dapat terlewati dengan sekejap saja. 

Baca juga:  Eksplor Mojokerto, Kota dengan Banyak Destinasi Wisata Menarik

Harga Tiket Masuk

Keindahan yang dimiliki oleh Pantai Tanjung Bira membuat destinasi wisata satu ini tidak gratis untuk para traveler yang datang dari luar kota kabupaten Bulukumba.

Untuk bisa menikmati pemandangannya, para traveler domestik dikenai biaya Rp10 ribu dan Rp20 ribu untuk traveler asing. Harga tiket tersebut biasanya berlaku untuk hari biasa (weekday), sementara pada hari minggu (weekend) dan hari-hari libur lainnya tiket masuk bisa naik sekitar Rp15 ribu sampai Rp20 ribu. 

Selain membayar tiket masuk, para para traveler juga diharuskan membayar parkir. Untuk kendaraan roda dua tarif parkir dipatok seharga Rp5 ribu, sedangkan roda empat seharga Rp10 ribu.

Baca juga:  OOTD Hijab ke Pantai ala Selebgram, Simpel dan Modis!

Daya Tarik Pantai Tanjung Bira

pantai tanjung bira bulukumba
PegiPegi

Ada banyak spot unggulan yang sudah terkenal di dunia yang akan meningkatkan daya tarik dan pesona Pantai Tanjung Bira.

Di bawah ini adalah beberapa keindahan yang menjadi daya tarik pantai ini.

1. Pasir Putihnya yang Lembut dan Bersih

Bukan hanya sekadar cerita belaka jika Pantai Tanjung Bira memiliki pantai yang sangat bersih dan pasir putih yang halus. Dijamin para traveler pasti betah untuk berlama-lama main di pantai ini. 

  1. Air Lautnya yang Jernih dan Biru

Air laut di Pantai Tanjung Bira sangatlah jernih. Alhasil, para traveler dapat memandang dasarnya dengan begitu jelas. 

Airnya yang jernih membuat siapa pun tergoda untuk berenang, snorkeling dan menyelam di dalamnya. 

3. Menikmati Senja

Pantai pasir putih ini juga menawarkan pemandangan senja yang begitu cantik dan memesona. Sambil menunggu matahari terbenam tiba, para traveler bisa berjalan-jalan di bibir pantai atau sekedar duduk di atas pasir sambil menikmati deburan ombak yang menenangkan.

Selain tempat refreshing, pantai ini juga dapat dijadikan untuk berkumpul dan bercengkrama dengan orang-orang terkasih. 

Demikian sedikit informasi sekilas keindahan Pantai Tanjung Bira Bulukumba yang kini sangat terkenal dan mendunia. Pantai ini sangat ramai dikunjungi oleh para wisatawan lokal dan asing.

Kini, setelah Pandemi. Giliran kamu para traveler menjadikan pantai Bira sebagai tujuan utama melepas rindu untuk berlibur. Tunggu apa lagi!

Baca juga:  Intip Pesona Gurun Pasir di Pantai Oetune Nusa Tenggara Timur

Sulit Memahami Matematika? Yuk Coba 3 Langkah PDKT Matematika Ini!

Alternatif Wisata Alam Selain Puncak Bogor, Enggak Kalah Sejuk!