Menilik Wisata Sejarah Kota Tua Jakarta

wisata kota tua jakarta
Reservasi.com

Bagi kamu yang senang travelling, tidak ada salahnya mencoba suasana baru untuk berlibur, contohnya saja liburan sambil belajar. Banyak tempat hits yang tidak hanya seru untuk dikunjungi, tapi juga jadi hadirkan spot wisata yang edukatif. Salah satu tempat wisata di Jakarta yang hadirkan spot wisata yang seru sekaligus bisa sambil belajar sejarah adalah kawasan wisata Kota Tua Jakarta.

Tapi perlu diketahui, selama pemberlakukan Penerapan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM), destinasi wisata yang dikelola Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta TUTUP pada tanggal 11 – 25 Januari 2021, termasuk tempat wisata kota tua Jakarta.

Jadi, bagi kamu yang ingin mengunjungi wisata sejarah kota tua Jakarta untuk sekarang ini belum bisa ya. Sementara, Wokenim ajak kamu untuk menilik spot wisata kota tua Jakarta.

Art Street Kota Tua Jakarta

Ketika berkunjung ke kota tua, kamu akan menemukan banyak hal yang unik, salah satunya adalah kehadiran art street. Berada di sini, kamu bisa melihat pertunjukan kesenian jalanan. Serunya, bila sedang beruntung, kamu bisa bertemu dengan seorang seniman jalanan yang punya bakat luar biasa.

wisata sejarah kota tua
thejakartapost.com

Selain bisa melihat pertunjukan musik, sepanjang jalanan ini juga ada cosplay beragam karakter, pelukis, pantonim dan lain-lainnya. Menariknya lagi, pertunjukan seni yang ada di trotoar kota ini didukung oleh Pemda DKI Jakarta dengan memberikan fasilitas yang dinamakan gallery street art.

Saat berada di sini, jangan lupa untuk mengabadikan gambar dengan berfoto bersama cosplay, dari karakter hantu, badut, tokoh pahlawan dan karakter lain-lain.

Bagunan dan Tempat Bersejarah di Kota Tua

Selain ada art street, di kota tua juga terdapat bangunan unik dengan arsitektur Belanda zaman dahulu. Ya, karena kota tua dibangun sejak zaman VOC jadi jangan heran bila bangunannya khas kolonial.

Dikarenakan bangunannya yang estetik, kota tua Jakarta ini sering dikunjungi pengunjung, dan selalu menjadi tempat favorit hunting foto bagi wisatawan dalam maupun luar kota Jakarta.

Saat berada di kota tua, Jakarta, pastikan kamu mengunjungi tempat wisata sejarah seperti museum Fatahillah, museum bank Indonesia, stasiun kota tua museum Wayang, Cafe Djakarta,  dan lain-lain.

wisata sejarah kota tua
Instagram: @alymaharani

Kegiatan yang Bisa Dilakukan di Wisata Sejarah Kota Tua

Setelah selesai jalan-jalan, kamu bisa berburu kuliner khas Betawi di sekitaran Kota Tua. Di kota tua, kamu bisa temukan beragam makanan khas Betawi, seperti kerak telor, soto Betawi, pecel dan lain-lain.

Selain berburu makanan khas Betawi, saat berada di sini, kamu juga bisa menyewa kostum ala kolonial Bewati dan berfoto dengan latar belakang arsitektur Belanda.

Lokasi dan Harga Tiket Masuk Wisata Sejarah Kota Tua Jakarta

  • Lokasi: brlokasi di jalan Pintu Besar Utara, No. 27, RT. 07/RW. 07 Kelurahan Pinangsia, Tamansari, Jakarta Barat, DKI Jakarta.
  • HTM (Harga Tiket Masuk): Gratis, namun kamu akan dikenakan biaya saat memasuki objek wisata yang terdapat di kawasan ini akan dikenakan biaya yang beragam.
Baca juga:  10 Taman di Jakarta Terbaik untuk Melepas Penat Sepulang Kerja

 

dear m

Drama Korea Dear M: Sinopsis & Situs Nonton Gratis

pelatihan online gratis

5 Situs Pelatihan Online Gratis dan Bersertifikat untuk Memperkaya Keahlianmu